KKN di Desa Penari Ceritakan Jawa Timur, Tapi Ini Sederet Lokasi Syutingnya

Versi uncut film KKN di Desa Penari kini sudah bisa kamu tonton secara streaming. Meski kisahnya berlatar di Jatim, ternyata lokasi syuting utamanya di DIY.

KKN di Desa Penari Ceritakan Jawa Timur, Tapi Ini Sederet Lokasi Syutingnya
image
Solo -

Film KKN di Desa Penari yang menghebohkan bioskop di seluruh Indonesia sejak akhir April hingga Mei lalu kini sudah bisa kamu tonton secara streaming. Versi uncut film Indonesia terlaris nomor 1 pada 2022 ini bisa kamu putar di Disney+ Hotstar.

Meski mengangkat kisah yang berlatar di suatu daerah di Jawa Timur, ternyata lokasi syuting utamanya di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

KKN di Desa Penari Film Terlaris

Menurut laman resmi Film Indonesia, film KKN di Desa Penari hingga kini masih bertengger sebagai film terlaris pertama pada 2022. Dari catatan filmindonesia.id, film horor besutan sutradara Awi Suryadi yang mengusung cerita viral karya SimpleMan ini sukses meraup 9.233.847 penonton.


Pada medio Mei 2022, tim detikJateng melakukan penelusuran ke sejumlah lokasi syuting film KKN di Desa Penari di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Ternyata, lokasi syuting utama film KKN di Desa Penari di Pedukuhan Ngluweng, Kabupaten Gunungkidul. Syuting film KKN di Desa Penari juga dilakukan di wilayah Kabupaten Sleman dan Bantul.

Lokasi Syuting KKN di Desa Penari di DIY

1. Rumah di Ngluweng

Rumah di tengah perkebunan di Pedukuhan Ngluweng, Kalurahan Ngleri, Kapanewon Playen, Gunungkidul, ini menjadi lokasi syuting film KKN di Desa Penari selama sekitar sebulan. Rumah ini hanya dapat diakses lewat jalan setapak.

"Sekitar 2 tahun lalu syutingnya, sebelum COVID-19, November 2019. Syuting di sini sekitar sebulan," kata warga Ngluweng, Danuri, Rabu (18/5/2022).

Sebelum menjadi lokasi syuting, rumah itu masih ditinggali Ngadiyo dan istrinya. Setelah syuting selesai, Ngadiyo dan istrinya kembali ke menempati rumahnya. Namun, tak lama kemudian mereka pindah ke rumah anaknya.

2. Batu Kapal di Piyungan

Objek wisata Batu Kapal di Klenggotan RT 1, Srimulyo, Piyungan, Bantul, ini jadi lokasi syuting film KKN di Desa Penari selama sehari.

"Kalau tidak salah itu tanggal 15 Januari 2020. Banyak warga yang lihat," kata Koordinator Taman Wisata Batu Kapal, Samsi Dwi Asaparudin, Selasa (17/5/2022).

"Syutingnya dari pagi sampai tengah malam. Tidak melibatkan warga, dari sana semua," ujar Samsi.

3. Jembatan Plunyon Kalikuning

Syuting film KKN di Desa Penari di Jembatan Plunyon, Kalikuning, Cangkringan, Sleman, berlangsung selama tiga hari pada Desember 2019.

"Syuting tiga hari, yang sehari dibatalkan karena gunungnya tidak tampak dan diulangi hari berikutnya," kata salah satu pengelola Kalikuning Park, Sargiman, Rabu (18/5/2022).

"Syutingnya di jembatan yang timur. Ada juga (syuting) di bawah kolong jembatan itu," imbuh Sargiman.

Syuting di Jembatan Plunyon itu untuk adegan saat para mahasiswa baru tiba di lokasi KKN (kuliah kerja nyata).

Simak Video "Melihat Jembatan Plunyon, Lokasi Syuting KKN di Desa Penari"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/rih)