Kisah Pocong Jadi Superstar di Film Horor, Dosen Unpad Ungkap Sejarahnya

Dosen di Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad ungkap bagaimana sosok pocong jadi booming dalam film-film horor Indonesia mulai tahun 2000-an.

Kisah Pocong Jadi Superstar di Film Horor, Dosen Unpad Ungkap Sejarahnya
image
Jakarta -

Apa yang terlintas di benak detikers ketika mendengar kata 'pocong'? Pastinya sosok berbalut kain kafan berwarna putih, melompat, dan tentu saja mengerikan.

Dosen di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (Unpad) Justito Adiprasetio S I Kom MA mengangkat studi tentang salah satu ikon film horor di Indonesia tersebut.

Studi tentang pocong itu telah dipublikasikan di jurnal Quarterly Review of Film and Video dengan judul Deconstructing Pocong, the Indonesian Sacred Ghost: A Diachronic Analysis of Mumun (2022), Indonesian Contemporary Horror Film.

Justito menjelaskan kehadiran pocong di film Indonesia sangatlah unik. Dalam publikasinya, Justito menyebut pocong mengacu pada entitas spektral dalam cerita rakyat Asia Tenggara. Sosok pocong diyakini sebagai roh orang yang meninggal dan bangkit lagi tapi terjebak dalam kain kafan mereka.

Menurut Justito, kehadiran pocong sebagai "tokoh utama" di film horor Indonesia sebelum masa reformasi sangat minim. Riset yang dilakukannya untuk era 1970-1998 hanya menemukan film Setan Kuburan yang diproduksi pada 1975.

Pocong pada Setan Kuburan direpresentasikan sosok jenazah lintah darat yang dilompati oleh seekor kucing hitam. Ini menyebabkannya mengembara dan menuntut bayaran dari mereka yang belum melunasi hutang mereka.

Beberapa film memang menampilkan pocong sebagai hantu, seperti di Malam Satu Suro (1988). Namun pocong tidak pernah menjadi hantu utama dalam film tersebut. Pocong hanya berfungsi sebagai representasi dari unsur manifestasi hantu yang kemudian menjelma menjadi hantu lain, seperti sundel bolong.

Sementara dalam film Pengabdi Setan (1980), sosok ini sebagai tambahan untuk menambah rasa teror di dalamnya bagian akhir film.

"Pocong di film Indonesia unik, bahkan Malaysia baru memiliki film pocong, Hantu Bungkus Ikat Tepi (2015). Tahun 1980-an ya ada film pocong, tapi tidak semasif 2000-an. Jumlahnya minim," tulis Justito dalam akun media sosialnya. Justito telah mengizinkan detikedu untuk mengutip keterangan tersebut.

"Setan Kuburan adalah film horor pertama dalam penelusuran saya, yang menampilkan pocong bergerak, dengan MELOMPAT!"

Selanjutnya, Pocong Jadi Superstar >>>>

Simak Video "Tersangka Cabul yang Sumpah Pocong Ditangkap, Neneknya Histeris"
[Gambas:Video 20detik]