Kaleidoskop 2022: Rekomendasi 5 Smartphone Premium Rp 10 Jutaan

Berikut ini HP atau smartphone premium rekomendasi Tekno Liputan6.com untuk tahun 2022

Kaleidoskop 2022: Rekomendasi 5 Smartphone Premium Rp 10 Jutaan

Liputan6.com, Jakarta - Sepanjang tahun 2022 ini, para penggemar teknologi hingga konsumen, banyak disuguhi smartphone-smartphone premium yang menawarkan fitur-fitur mumpuni hingga spesifikasi canggih.

Sejumlah inovasi ditawarkan oleh produsen ponsel pintar, demi menghadirkan teknologi yang dapat menggaet konsumen dan membeli produknya. Tentu saja, inovasi semacam ini banyak dihadirkan dalam perangkat kelas premium.

Nah, Tekno Liputan6.com sudah merangkum beberapa smartphone kelas premium untuk direkomendasikan. Sebagai catatan, HP yang akan dimasukkan di artikel ini adalah perangkat dengan harga Rp 10 jutaan ke atas.

Selain itu, rekomendasi ini adalah hasil penilaian Tekno Liputan6.com sendiri sehingga tidak semua HP kelas di atas Rp 10 juta akan dimasukkan di sini.

Urutan di artikel ini juga tidak didasarkan peringkat tertentu. Berikut ini kaleidoskop 2022 untuk rekomendasi HP kelas premium terbaik yang rilis pada 2022.

Samsung Galaxy Z Fold4 5G yang baru saja diluncurkan secara resmi. (Liputan6.com/Iskandar)

" data-component="mobile:article-photo-gallery:item" data-component-name="mobile:article-photo-gallery:item">
Samsung Galaxy Z Fold4 5G
Samsung Galaxy Z Fold4 5G yang baru saja diluncurkan secara resmi. (Liputan6.com/Iskandar)

1. Samsung Galaxy Z Fold4 5G

Rilis di bulan September, Samsung Galaxy Z Fold4 5G menjadi smartphone premium tahun 2022 yang kami rekomendasikan pertama.

Diluncurkan bersama HP layar lipat clamshell Samsung Galaxy Z Flip4 5G, generasi terbaru dari HP foldable perusahaan Korea Selatan ini menawarkan banyak peningkatan dibandingkan pendahulunya.

Salah satu yang menjadi andalan adalah smartphone ini mengggunakan chipset Snapdragon 8+ Gen 1 yang diklaim memiliki kinerja lebih cepat dan hemat baterai.

Fitur lain yang dihadirkan di Galaxy Z Fold4 5G adalah fitur untuk mendukung multitasking yang lebih optimal. Misalnya Taskbar untuk akses cepat ke aplikasi-aplikasi andalan, hingga Multi View yang seamless untuk membuka berbagai aplikasi sekaligus.

Untuk fotografi, HP ini mengandalkan tiga kamera belakang yang terdiri dari lensa utama 50MP dengan apertur f/1.8, OIS, dan autofokus Dual Pixel, lensa ultrawide 12MP dengan aperture f/2.2, dan telefoto 10MP aperture f/2.4 OIS, PDAF, dan 3x optical zoom.

Galaxy Z Fold4 5G disebut telah lolos uji ketahanan Bureau Veritas, durable exterior CVictus+ (baik depan maupun belakang bodi), dibalut material aluminum, metal frame, hinge atau engsel yang diuji hingga 200 kali buka tutup, dan sertifikasi IPX8.

HP Galaxy Z Fold4 5G tersedia dengan harga Rp 24.999.000 (12GB/256GB), Rp 26.999.000 (12GB/512GB), dan Rp 30.999.000 (12GB/1TB) dengan pilihan warna Graygreen, Phantom Black, Beige, dan Burgundy.

2. iPhone 14 Pro Max

Apple
iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max yang kini tampil dengan desain punch-hole. (Dok: Apple)

Sebenarnya, membicarakan iPhone 14 Pro Max tidak lepas dari iPhone 14 Pro, mengingat keduanya hadir dengan membawa perubahan yang signifikan dibanding seri sebelumnya.

Karena iPhone 14 Pro Max memiliki ukuran baterai dan layar yang lebih besar, kami akan memasukkan versi 14 Pro Max.

Perbedaan yang paling terlihat dari iPhone 14 biasa tentu saja adalah hilangnya notch di layar depan, di mana tergantikan oleh desain punch hole berbentuk kapsul.

Namun punch hole ini bukan sembarang punch hole. Apple menghadirkan fitur yang mereka beri nama Dynamic Island, di mana notifikasi atau kontrol interaktif akan ditampilkan secara intuitif di sekitar punch hole layar perangkat.

iPhone 14 Pro datang dengan layar OLED LTPO 6,1 inci, sementara Pro Max-nya hadir dengan layar lebih besar di 6,7 inci. Layar smartphone ini memiliki tingkat kecerahan 2000 nits yang diklaim dua kali lebih terang dibandingkan iPhone 13 Pro.

Keduanya menggunakan chip A16 dari Apple. Sementara mendukung ketahanan perangkat, disematkan Ceramic Shield di layar depan kedua smartphone ini.

Untuk pertama kalinya, lini iPhone Pro dibekali dengan kamera utama 48MP dengan sensor quad-pixel. Berbekal kemampuan ini, hasil foto yang dihasilkan dalam kondisi low-light tetap mampu tampil prima.

Melengkapi kamera utama, HP iPhone teranyar ini memiliki kamera ultra wide 12MP dengan ukuran 1.4 µm dan lensa telephoto yang mendukung 3x optical zoom.

Fitur baru lain yang dihadirkan di iPhone 14 Series adalah fitur keselamatan Crash Detection dan komunikasi darurat melalui satelit. Tak hanya varian Pro-nya saja, Apple mengatakan fitur ini ada di semua jajaran iPhone 14 Series.

Dengan Crash Detection atau Deteksi Kecelakaan, iPhone bisa mendeteksi tabrakan mobil yang parah dan secara otomatis menghubungi layanan darurat saat pengguna tidak sadar atau tidak bisa menggapai ponsel mereka.

iPhone 14 Pro Max dijual di Indonesia mulai dari Rp 22 juta sampai Rp 33 juta untuk harga perangkat dengan kapasitas 1TB.

3. Oppo Find X5 Pro

Oppo
Tampilan Oppo Find X5 Pro. (Dok: Oppo)

Oppo Find X5 Pro resmi meluncur untuk pasar Indonesia pada Juni 2022 lalu.

Penerus Oppo Find X3 Pro ini hadir sistem kamera yang didukung MariSilicon X besutan Oppo sendiri, serta dua sensor IMX766. Smartphone ini juga dibekali dengan Hasselblad Natural Colour Calibration.

Berbekal MariSlicon X, Oppo mengklaim penggguna dapat menggunakan Find X5 Pro 5G untuk merekam video 4K dengan kualitas terbaik dan bersih tanpa efek grain, termasuk kualitas gambar yang sama seperti mengambil foto tidak bergerak.

Oppo membekali smartphone ini dengan chipset Snapdragon 8 Gen 1. Oppo Find X5 Pro sudah memiliki sertifikasi IP68, sehingga tahan air dan debu.

Dari sisi desain, bagian belakang smartphone ini terbuat dari keramik asli. Panel keramik ini diklaim dua kali lebih kuat dibandingkan panel kaca konvesional dan dua kali lebih efektif mengurangi panas.

Find X5 Pro hadir dengan layar AMOLED berukuran 6,7 inci dan sudah mendukung 100 persen P3 color gamut coverage. Untuk masalah daya, Find X5 Pro memiliki baterai berkapasitas 5.000mAh yang mendukung SuperVOOC 80W.

Oppo Find X5 Pro hadir dengan tiga kamera belakang yang terdiri dari dua lensa bereresolusi 50MP (lensa utama dan lensa ultrawide) dengan sensor Sony IMX766, ditambah lensa telephoto 13MP dengan hybrid zoom 5x.

Soal harga, Oppo Find X5 Pro dengan pilihan warna ceramic white dan glaze black dijual Rp 14.999.000.

4. Vivo X80 Pro

Boks dan HP Android Vivo X80 Pro. (Liputan6.com/ Yuslianson)

" data-component="mobile:article-photo-gallery:item" data-component-name="mobile:article-photo-gallery:item">
Boks dan HP Android Vivo X80 Pro
Boks dan HP Android Vivo X80 Pro. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Varian tertinggi dari Vivo X80 Series ini dijual dengan harga Rp 15.999.000. Sebagai informasi, Vivo X80 Series hadir dengan teknologi dual-flagship chip dimana masing-masing chipset memiliki fungsi berbeda, seperti pengelola imaging dan performa.

Vivo X80 Pro sendiri dibekali dengan chip Vivo V1+ dan Snapdragon 8 Gen 1.

Dengan kemampuan dua chip, Vivo mengklaim duo ponsel barunya ini memiliki performa mumpuni, konektivitas 5G, serta dukungan kemampuan fotografi dan videografi apik.

Dalam hal kamera, Vivo X80 Pro dilengkapi dengan lensa ZEISS Optics dengan sensor 50MP ultra-sensing GNV. Vivo juga menyematkan baterai berkapasitas 4700mAh dengan 80W flashcharge di Vivo X80 Pro.

5. Asus ROG Phone 6 Pro

Asus ROG Phone 6 Pro (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)
Asus ROG Phone 6 Pro (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)

ROG Phone 6 Pro hadir dengan Snapdragon 8+ Gen 1 seperti ROG Phone 6. Bagian belakang keduanya mendapatkan proteksi dari Gorilla Glass 3, sementara bagian layar HP Android ini terlindungi Corning Gorilla Glass Victus terbaru.

Layar AMOLED ROG Vision dapat menampilkan grafik yang dapat disesuaikan untuk skenario seperti panggilan masuk, memulai game, mengisi daya, memasuki mode X, dan lain-lain.

Mendapatkan dukungan dari Snapdragon 8+ Gen 1, ROG Phone 6 Series menghadirkan kecepatan clock CPU ultra-cepat hingga 3,2 GHz jika dibandingkan pendahulunya.

Ponsel ini mampu memainkan game-game yang demanding dengan performa yang konsisten, berkat teknologi pendinginan GameCool 6 Cooling System.

Untuk daya, ROG Phone 6 Series menawarkan baterai 6000 mAh dalam format dual cell dan adaptor HyperCharge 65 W untuk pengisian daya super-cepat.

Dari sisi kamera, ponsel gaming satu ini membawa kamera Sony IMX766 50 MP Main Wide-Angle, ultrawide 13 MP, dan 5MP makro. Ada juga kamera depan 12MP, serta fitur HDR10+ video mode.

ROG Phone 6 dijual dengan harga Rp 10.999.000 untuk varian 8GB/256GB dan Rp 13.999.000 untuk varian 12GB/256GB. Sementara, ROG Phone 6 Pro 18GB/512GB dilepas ke pasar Indonesia dengan harga Rp 18.999.000.

Honorable Mention - iQOO 11

Tampilan iQOO 11 yang akan meluncur di Indonesia. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

" data-component="mobile:article-photo-gallery:item" data-component-name="mobile:article-photo-gallery:item">
iQOO
Tampilan iQOO 11 yang akan meluncur di Indonesia. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Hadir di Indonesia mendekati penghujung tahun 2022, iQOO percaya diri merangsek ke pasar smartphone premium dengan merilis iQOO 11 di harga Rp 10.999.000.

Menariknya, iQOO 11 merupakan HP Android pertama di Indonesia yang menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 2. Diketahui, Qualcomm baru saja mengumumkan kehadiran Snapdragon 8 Gen 2 dalam acara Snapdragon Summit 2022 bulan lalu di Hawaii, AS.

Lebih lanjut, iQOO 11 juga hadir dengan kapasitas baterai 5000 mAh dan sudah mendukung kemampuan FlashCharge 120W.

Guna mendukung performa ponsel saat digunakan untuk bermain gim dalam waktu lama, iQOO 11 dibekali Vapor Chamber Liquid Cooling System.

Pada modul layarnya, iQOO 11 mengusung layar 2K E6 AMOLED berukuran 6,78 inci menjanjikan pengalaman visual terbaik dengan gambar detail dan jelas.

Bukan hanya itu, iQOO 11 juga menawarkan fitur pendukung pengalaman bermain game lebih seamless, yakni dengan teknologi In-Display Dual Monster Touch.

Soal kamera, iQOO 11 tampil dengan kamera utama 50MP, lensa ultra-wide 8MP dan 13MP telephoto. Sementara di bagian depannya ada lensa 16MP.

(Dio/Isk)

Infografis Duel Pasar Smartphone Tiongkok Vs Lokal
Infografis Duel Pasar Smartphone Tiongkok Vs Lokal
Lanjutkan Membaca ↓
image