J. Robert Oppenheimer Ternyata Doyan Makan Nasi Goreng

Oppenheimer memasak sendiri nasi goreng.

J. Robert Oppenheimer Ternyata Doyan Makan Nasi Goreng
image

Jakarta, CNBC Indonesia - J. Robert Oppenheimer menjadi perbincangan belakangan karena sebuah film box office yang diambil dari nama belakangnya "Oppenheimer".

Kisah tentang dirinya jadi ikut naik ke permukaan, mulai dari ilmuwan fisika yang dihormati, kehidupan pribadinya, hingga yang terbaru makanan favoritnya.

Mengutip Detikcom, ternyata makanan kesukaan Openheimer adalah hidangan nasi goreng. Ini pernah diungkap langsung oleh salah satu ilmuwan, Harold Cherniss yang sama-sama berasal dari Institute for Advanced Study, Kota Princeton, New Jersey.

Dalam sebuah wawancara di situs Atomic Heritage Foundation, Cherniss menceritakan Oppenheimer pernah memasak nasi goreng, makanan khas Indonesia. Dia meminta bahan-bahan masakannya kepada istri Cherniss dan membuat orang-orang keheranan.

"Dia [Oppenheimer] mengatakan pada suatu malam bahwa dia mengetahui makanan luar biasa dari kepulauan di laut selatan, yang bernama nasi goreng. Dia memberi tahu istri saya bahan-bahan yang dibutuhkan," ujar Cherniss seperti dilansir dari situsnya.

"Saya mengingat beberapa [bahannya], karena dia [istri Cherniss] terkejut. Itu adalah mentega dengan jumlah banyak, banyak cabai merah, daging, dan saya tidak tahu itu apa, daging sapi muda sepertinya, atau sejenis itu, juga banyak bahan lainnya," lanjutnya.

Cherniss ingat betul bahwa hidangan nasi goreng buatan Oppenheimer sangat pedas. Tapi, karena doyan pedas, dia menikmati nasi goreng tersebut.

Tidak heran jika Oppenheimer kenal dengan masakan nasi goreng, sebab dia pernah tinggal di Leiden, Belanda. Di sana, banyak perantauan Indonesia atau para keturunan Belanda yang pernah tinggal di Indonesia pada masa kolonialisme.


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Ini Wajah Asli Oppenheimer, Bapak Bom Atom di Film Bioskop


(dem)