Itinerary Solo 1 Hari, Liburan Singkat yang Menyenangkan

Itinerary Solo 1 hari bisa bantu mewujudkan liburan singkat yang bermakna. Manfaatkan waktu dengan mampir ke destinasi berikut, ya.

Itinerary Solo 1 Hari, Liburan Singkat yang Menyenangkan

Liburan ke Solo untuk sekadar refreshing bisa jadi opsi yang tepat. Kota ini menawarkan ketenangan dengan segala bentuk keramahannya yang mungkin akan kamu rindukan. Destinasi wisatanya pun bermacam-macam, mulai dari wisata budaya hingga wisata kuliner.

Nah, gak usah khawatir soal bujet yang besar untuk liburan ke Solo. Ada banyak alternatif murah yang bisa kamu pilih selama liburan di Solo. Nah, biar liburanmu makin terarah, kamu bisa simak ide itinerary Solo 1 hari berikut ini.

1. Sarapan Nasi Liwet Bu Sri di Pasar Gede

Itinerary Solo 1 Hari, Liburan Singkat yang MenyenangkanPasar Gede Solo (google.com/maps/Ruby Tuesday)

Untuk memulai hari, kamu bisa cobain sarapan nasi liwet. Salah satu rekomendasi kedai nasi liwet yang cukup populer ada di Pasar Gede. Namanya, Warung Nasi Liwet Bu Sri.

Seporsi nasinya cukup mengenyangkan, apalagi ditambah dengan berbagai lauk pauk nikmat. Mulai dari ayam goreng, telur dadar, hingga aneka sayur yang dijamin menggoyang lidah. Harganya mulai dari Rp13 ribuan, ya.

2. Singgah ke Museum Bank Indonesia

Itinerary Solo 1 Hari, Liburan Singkat yang MenyenangkanMuseum Bank Indonesia (google.com/maps/Shiva)

Gak jauh dari Pasar Gede, kamu bisa mampir ke Museum Bank Indonesia. Jaraknya hanya 700 meter saja dari pasar. Kamu bisa berjalan kaki selama sekitar 3 menit untuk sampai ke sini.

Di Museum Bank Indonesia, kamu bisa melihat koleksi koleksi mata uang yang dikeluarkan oleh De Javasche Bank. Selain itu, kamu juga bisa melihat mesin cetak uang antik berusia lebih dari 100 tahun.

3. Mampir ke Keraton Surakarta Hadiningrat

Itinerary Solo 1 Hari, Liburan Singkat yang MenyenangkanKeraton Surakarta Hadiningrat (google.com/maps/Herupit)'

Selepas dari Museum Bank Indonesia, kamu bisa melipir ke Keraton Surakarta Hadiningrat atau lebih dikenal Keraton Solo. Di Keraton Solo, kamu bakal diajak untuk menjelajahi warisan budaya yang keren banget.

Ada museum di dalam kompleks keraton yang menyimpan banyak koleksi benda-benda bersejarah. Setelah itu, kamu bisa menikmati keindahan taman keraton yang hijau dan sejuk.

Di sana, kamu bisa berjalan-jalan sambil menikmati bunga-bunga yang cantik dan angin sepoi-sepoi. Bila beruntung, kamu dapat menyaksikan pertunjukan seni tari juga di sini.

4. Makan siang di Kedai Wesja Indonesia

Itinerary Solo 1 Hari, Liburan Singkat yang MenyenangkanKedai Wesja Indonesia (google.com/maps/Fika Widya ningsih)

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Salah satu rekomendasi buat tempat makan siangmu di Solo adalah Wesja Indonesia. Lokasinya gak jauh dari Keraton Surakarta Hadiningrat. Kamu bisa jalan kaki selama kurang lebih 8 menit saja dari keraton. Jaraknya juga berdekatan dengan Kampung Batik Kauman.

Kedai Wesja atau singkatan dari wedangan dan masakan Jawa menyajikan menu-menu rumahan khas nusantara. Kamu bisa menyantap aneka menu lezat tempo doeloe. Mulai dari sayur lodeh, oseng sawi, ayam goreng, soto ayam, hingga ikan gereh lengkap dengan sambal. 

Baca Juga: Itinerary 5 Hari Liburan ke Taiwan yang Bikin Mager Pulang

5. Hunting foto di Kampung Batik Kauman

Itinerary Solo 1 Hari, Liburan Singkat yang MenyenangkanKampung Batik Kauman (google.com/maps/Indah Sekar)

Kamu juga bisa masukkan Kampung Batik Kauman dalam daftar itinerary Solo 1 hari. Tempatnya cukup estetik dengan banyak ornamen tradisional yang menambah kesan klasik. Ada banyak spot instagramable buat kamu berfoto sepuasnya tanpa dipungut biaya.

Selain hunting foto, kamu juga bisa menjelajahi tempat produksi batik lokal dan belajar membatik. Beberapa rumah produksi batik menyediakan fasilitas untuk kamu yang ingin mengenal lebih dekat sekaligus belajar membatik.

6. Jajan Serabi Notosuman

Itinerary Solo 1 Hari, Liburan Singkat yang MenyenangkanKedai Serabi Notosuman Ny. Lidia (google.com/maps/Ungky RA)

Serabi Notosuman adalah jajanan tradisional yang gak boleh kamu lewatkan saat bertandang ke Solo. Kue tradisional ini memiliki cita rasa gurih dari santan yang dikombinasikan dengan lembutnya adonan tepung beras. Kenikmatannya makin terasa saat disantap selagi hangat. Serabi Notosuman juga bisa jadi oleh-oleh buat kamu bawa pulang ke rumah.

7. Berburu oleh-oleh di Pasar Klewer

Itinerary Solo 1 Hari, Liburan Singkat yang MenyenangkanPasar Klewer (google.com/maps/Fikri Achmad)

Jika kamu ingin mencari oleh-oleh khas Solo yang unik, pastikan untuk menjelajahi seluruh Pasar Klewer. Di Pasar Klewer Solo, kamu bisa menemukan berbagai macam barang untuk oleh-oleh, mulai dari kain batik tradisional sampai aksesori khas Jawa yang unik.

Salah satu hal yang membuat Pasar Klewer begitu menarik adalah kamu bisa berinteraksi dengan penduduk lokal. Kamu bisa bertanya-tanya tentang cerita di balik kain-kain batik yang indah kepada penjual. Penjual dengan senang hati akan bercerita tentang tradisi dan makna di balik motif-motif yang mereka hasilkan.

Gimana, mulai tertarik buat cobain ide itinerary Solo 1 hari di atas? Yuk, jadwalin liburanmu mulai sekarang! Masih ingin cari ide itinerary dan tips liburan di kota lainnya? Langsung cek saja di IDN Times, ya!

Penulis: Uswatun Khasanah

Baca Juga: Itinerary Liburan Seru ke Singapura 5 Hari 4 Malam, Puas Jalan-jalan!