Itinerary Seharian di Gunungkidul, Bisa Susur Goa dan Lihat Sunset

Berikut rekomendasi itinerary seharian di Gunungkidul yang bisa digunakan oleh wisatawan, ada aktivitas susur goa dan melihat sunset di pantai.

Itinerary Seharian di Gunungkidul, Bisa Susur Goa dan Lihat Sunset

KOMPAS.com - Gunungkidul merupakan salah satu kawasan wisata populer di Yogyakarta yang terkenal dengan pemandangan indah pantai selatan.

Selain pantai, Gunungkidul menawarkan obyek wisata lainnya seperti goa, bukit, air terjun, sungai, dan lainnya.

Jika ingin berwisata ke Gunungkidul, berikut rekomendasi itinerary seharian di Gunungkidul yang bisa digunakan oleh wisatawan.

Baca juga:

Sarapan gudeg 

Ilustrasi gudeg nangka untuk menu makan siang.DOK.SHUTTERSTOCK/wisely Ilustrasi gudeg nangka untuk menu makan siang.

Sebelum memulai rangkaian tur seharian di Gunungkidul, jangan lupa sarapan gudeg Yogyakarta di Gudeg Yu Djum Wijilan 167. Lokasinya berada di Jalan Wijilan Nomor 167, Panembahan, Kecamatan Keraton, Kota Yogyakarta.

Warung Gudeg Yu Djum Wijilan 167 buka mulai dari pukul 06.00 hingga 22.00 WIB, sehingga bisa jadi alternatif pengisi perut sebelum bertualang. 

Kampung Wijilan merupakan sentra makanan khas Yogyakarta itu. Melansir dari Arsip dan Perpustakaan Yogyakarta, Kampung Wijilan masih termasuk dalam lingkungan Keraton Yogyakarta atau disebut sebagai jeron beteng.

Tempat tinggal bagi abdi dalem tersebut berada di sebelah timur Alun-alun Utara Yogyakarta. Para istri abdi dalem memiliki kemampuan memasak gudeg lantaran makanan yang terbuat dari nangka muda ini menjadi salah satu makanan khas keluarga keraton.

Baca juga:

Gunung Api Purba Nglanggeran

Pemandangan Gunung Api Purba di Desa Wisata Nglanggeran, Yogyakarta (Shutterstock/Berta Alviyanto).Shutterstock/Berta Alviyanto Pemandangan Gunung Api Purba di Desa Wisata Nglanggeran, Yogyakarta (Shutterstock/Berta Alviyanto).

Gunung Api Purba Nglanggeran merupakan sebuah gunung tidak aktif yang berada di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul. Jaraknya dari pusat Kota Yogyakarta sekitar 24 kilometer (km) atau sekitar satu jam berkendara.

Gunung yang diperkirakan berusia 60-70 tahun ini, berada di ketinggian 700 mdpl, sehingga ramah pendaki pemula. Tak heran, Gunung Api Purba Nglanggeran ini menjadi spot pendakian favorit wisatawan. 

Dari puncak gunung, wisatawan bisa menyaksikan pemandangan perbukitan hijau serta Kota Yogyakarta dari kejauhan.