Insidious 5 Akhiri Petualangan Indiana Jones di Puncak Box Office

Insidious: The Red Door menggeser Indiana Jones and the Dial of Destiny dari puncak box office Hollywood pekan ini.

Insidious 5 Akhiri Petualangan Indiana Jones di Puncak Box Office
image
Jakarta, CNN Indonesia --

Insidious: The Red Door berhasil menempati puncak box office Amerika lewat penayangan pekan perdana. Film kelima Insidious itu menggeser dominasi singkat Indiana Jones and the Dial of Destiny.

Diberitakan Variety pada Minggu (9/7), film itu mencatat pendapatan box office US$32,5 juta atau sekitar Rp492 miliar (US$1= Rp15.144). Capaian itu diraih dari penayangan film di 3.188 layar bioskop Amerika Utara.

Pendapatan tersebut juga lebih dari cukup untuk menutup biaya produksi film US$16 juta. Di sisi lain, torehan US$32,5 juta itu meningkat dari rilisan Insidious sebelumnya, The Last Key (2018), yang dibuka dengan box office US$29 juta.

The Red Door juga mencetak box office pekan perdana terbesar kedua setelah Insidious: Chapter 2 (2013) yang mencetak US$40 juta.

Pada pasar internasional, film kelima itu menorehkan box office sebesar US$31,4 juta. Pendapatan itu merupakan angka box office internasional pekan perdana tertinggi bagi film horor sejak pandemi.

[Gambas:Video CNN]

Sementara itu, Indiana Jones 5 harus puas di peringkat kedua meski baru tayang dua pekan. Film kelima saga hit itu mengumpulkan US$26,5 juta dari 4,6 ribu layar bioskop Amerika.

Pendapatan film terakhir Indiana Jones itu tercatat turun 56 persen dari pendapatan box office pekan perdana. Di sisi lain, Dial of Destiny menambah US$31,8 juta dari box office internasional sehingga penjualan tiket global film itu kini menjadi US$247,9 juta.

Lima besar box office pekan ini juga diramaikan dengan Sound of Freedom, film religi yang menempati peringkat ketiga dengan pendapatan US$17 juta.

Elemental: Forces of Nature berada di peringkat keempat dengan US$9,6 juta, diikuti Spider-Man: Across the Spider-Verse dengan US$8 juta setelah tayang enam pekan.

Joy Ride yang baru tayang pekan ini hanya memperoleh pendapatan box office sebesar US$5,85 juta. Film yang dibintangi Ashley Park hingga Stephanie Hsu itu pun harus puas berada di peringkat keenam.

Sedangkan, film komedi No Hard Feelings yang menjadi comeback Jennifer Lawrence berada di peringkat ketujuh dengan penghasilan US$5,25 juta.

Insidious: The Red Door merupakan film kelima dari saga horor Insidious yang sudah berjalan sejak 2011. Rilisan kelima itu juga menjadi sekuel langsung dari Insidious: Chapter 2 (2013).

The Red Door kembali dibintangi pemeran Insidious sebelumnya, seperti Patrick Wilson, Rose Byrne, Andrew Astor, Ty Simpkins, hingga Angus Sampson. Selain itu, film tersebut dibintangi Hiam Abbass dan Sinclair Daniel sebagai pemeran baru.

Insidious 5 juga menjadi debut penyutradaraan Patrick Wilson, aktor yang selama ini menjadi pemeran utama. Sementara itu, James Wan selaku sutradara dua film pertama bertindak sebagai produser bersama Oren Peli dan Jason Blum.

Insidious: The Red Door tayang mulai 12 Juli di Indonesia.

(frl/chri)