Ini Daftar 6 Film Indonesia yang Masuk Festival Film Mancanegara, Ada Gadis Kretek

HERALDJATENG.COM, SEMARANG – Film Indonesia tidak hanya sukses di Tanah Air tetapi juga ada yang...

Ini Daftar 6 Film Indonesia yang Masuk Festival Film Mancanegara, Ada Gadis Kretek
image

HERALDJATENG.COM, SEMARANG – Film Indonesia tidak hanya sukses di Tanah Air tetapi juga ada yang berhasil masuk dalam festival film mancanegara.

Sepanjang 2023, setidaknya ada enam film Indonesia yang bertengger di jajaran Internasional. Ini adalah bukti bahwa film Indonesia sangat bisa diperhitungkan dan bersaing di festival luar negeri.

Berikut adalah enam film Indonesia yang mendapat apresiasi di festival film internasional mulai dari Dubai, Toronto hingga Jepang.

Gadis Kretek

Serial Gadis Kretek karya Kamila Andini dan Ifa Isfansyah ini sukses tampil perdana di Busan International Film Festival 2023 (IBBF).

Film ini berhasil tayang perdana di BIFF dalam program Renaissance of Indonesian Cinema. Program ini merupakan program yang dihadirkan untuk merayakan kebangkitan sinema Indonesia.

Film yang dibintangi aktor dan aktris ternama seperti Dian Satrowardoyo, Ario Bayu, Arya Saloka dan Putri Marino ini menceritakan kisah Dasiyah (Dian Sastrowardoyo), yang bersemangat meramu formula sempurna untuk rokok tembakau, yang dikenal dengan nama kretek.

Gadis Kretek menceritakan tentang wanita perkasa dan kisah cinta epik antara Dasiyah dan Soeraja (Ario Bayu), berlatar belakang industri rokok kretek Indonesia dan peristiwa sejarah di tahun 1960-an.

festival film mancanegara film indonesia
Editor: wakhyono