Ikranagara Meninggal dalam Usia 79 Tahun, Torehkan Banyak Prestasi di Dunia Perfilman Indonesia

Ikranagara memulai kiprah di dunia kesenian melalui drama dan puisi, kemudian semakin dikenal berkat film Kejarlah Daku Kau Kutangkap (1986).

Ikranagara Meninggal dalam Usia 79 Tahun, Torehkan Banyak Prestasi di Dunia Perfilman Indonesia
image

TEMPO.CO, Jakarta - Aktor senior, Ikranagara meninggal dalam usia 79 tahun pada Senin, 6 Maret 2023 di Bali. Selain sebagai aktor, Ikranagara juga dikenal sebagai penulis skenario, pelukis, dan sastrawan yang telah menorehkan banyak prestasi.

Kabar duka ini disampaikan oleh anak Ikranagara, Innosanto Nagara di Facebook pribadinya. "Berita duka. Innalillahi Wa Inna Ilaihi Roji'un. Telah berpulang ke Rahmatullah: Suami, Ayah, Datuk tercinta kami: H.Ikranagara pada usia 79 tahun di Bali," tulisnya.

Segenap keluarga, termasuk Kay Ikranagara, Innosanto Nagara - Kristi Laughlin, dan Rakrian Biko Nagara - Meghan Lisicich memohon doa untuk Ikranagara. "Mohon keikhlasannya untuk mendoakan almarhum agar diampuni segala dosanya dan diterima segala amal ibadahnya," tulisnya.

Festival Film Indonesia Berduka

Festival Film Indonesia (FFI) menyampaikan duka cita atas meninggalnya Ikranagara. "Festival Film Indonesia turut berduka cita yang mendalam atas berpulangnya sahabat dan keluarga kami," tulis FFI di Instagram. "Selamat jalan, Ikranagara. Terima kasih atas cinta dan dedikasimu pada dunia perfilman Indonesia."

Dalam asrip FFI disebutkan bahwa Ikranagara memulai kiprah di dunia kesenian melalui drama dan puisi. Keterlibatannya di dunia film sendiri diakuinya sebagai faktor keisengan belaka. Setidaknya hingga saat ini sudah ada sekitar 13 film yang dibintanginya.

Prestasi Ikranagara

FFI juga menuliskan secara singkat perjalanan karier Ikranagara hingga berhasil meraih Piala Citra. Dijelaskan bahwa Ikranagara mulai dikenal berkat peran komedi dan dramatisnya dalam film Kejarlah Daku Kau Kutangkap (1986) dan Keluarga Markum (1986). Ia juga berperan di beberapa film, seperti Laskar Pelangi (2008), Garuda di Dadaku (2009), dan Sang Kiai (2013).

Aktor kelahiran Loloan Barat, Negara, Bali, 19 September 1943 ini berhasil mendapatkan nominasi Piala Citra FFI untuk kategori Pemeran Pendukung Pria Terbaik lewat film Kejarlah Daku Kau Kutangkap dan Pemeran Utama Pria Terbaik lewat film Sang Kiai (2013).

Selain itu, Ikranagara juga pernah mendapatkan nominasi Festival Film Bandung kategori Pemeran Pembantu Pria Terpuji Film Bioskop lewat film Laskar Pelangi dan Garuda di Dadaku. Untuk film Laskar Pelangi, Ikranagara menang sebagai Pemeran Utama Pria Terbaik di Indonesian Movie Actors Awards 2009 dan Pemeran Pembantu Pria Terpuji Film Bioskop di Festival Film Bandung 2009.

Lima tahun setelahnya, Ikranagara kembali menang di Festival Film Bandung untuk kategori Pemeran Utama Pria Terpuji Film Bioskop lewat film Sang Kiai.

Pilihan Editor: Aktor Rudy Salam Meninggal, Roy Marten: Kakakku Tercinta, Kekallah Kenanganmu

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini.