Film Comeback Kevin Spacey Usai Persidangan Batal Premier di London

Film pertama Kevin Spacey usai menjalani persidangan kasus pelecehan seksual batal menjalani premier di London, Inggris.

Film Comeback Kevin Spacey Usai Persidangan Batal Premier di London
image
Jakarta, CNN Indonesia --

Film pertama Kevin Spacey usai menjalani persidangan kasus pelecehan seksual batal menjalani premier di London, Inggris, pada Minggu (15/10). Film tersebut berjudul Control yang disutradarai oleh Gene Fallaize.

Penayangan film Control yang semula dijadwalkan di Prince Charles Cinema di West End, London, mendadak batal karena pihak bioskop yang baru mengetahui keterlibatan Spacey di film tersebut.

Hal ini disampaikan oleh Greg Lynn, pengelola Prince Charles Cinema, ketika menuliskan surel kepada Spacey dan produser film Control Lauren Metcalfe.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kami memiliki masalah. Dengan permintaan maaf saya, saya harus memberitahu bahwa kami telah membatalkan perencanaan Anda di tempat kami," tulis Lynn mewakili pihak bioskop, seperti diberitakan Variety, Minggu (15/10).

Dalam film Control, Kevin Spacey memang tidak berperan secara langsung. Ia hanya menyumbang suara lewat percakapan telepon bersama karakter Mendagri Inggris Stella Simmons yang diperankan oleh Lauren Metcalfe.

Untuk itu, Lynn pun memutuskan membatalkan kerja sama dengan film Control karena keterlibatan Spacey dalam film yang akan tayang di bioskopnya.

[Gambas:Video CNN]

Lynn merasa tidak ingin terlibat langsung sebagai jaringan bioskop pertama untuk ajang comeback Kevin Spacey setelah terlibat dalam dugaan kasus pelecehan seksual, baik di AS maupun Inggris.

"Semalam kami mengetahui bahwa film Anda menampilkan Kevin Spacey, khususnya film pertamanya setelah kasus peradilan," jelas Lynn kepada Metcalfe.

"Karyawan saya dan saya sendiri sangat terkejut bahwa kami disebutkan dalam konteks yang sama dengan film baru Kevin," sambungnya.

Perwakilan pihak Metcalfe mengatakan kepada Variety bahwa premier untuk Control bakal pindah ke bioskop lain, yakni di Genesis Cinema. Ini juga menandakan permasalahan mereka telah selesai.

"Meskipun awalnya kecewa, kami telah menemukan lokasi yang lebih baik, lebih sesuai, dan menerima untuk menjadi tuan rumah acara premiere Control," ujar pihak Metcalfe..

Sementara itu, pengacara Kevin Spacey, Chase Skolnick, merespons pembatalan tersebut kepada Variety. Menurutnya, Spacey telah membuktikan bahwa dirinya tidak bersalah, sehingga ia sangat kecewa dengan keterangan pihak Prince Charles Cinema.

"Spacey telah membuktikan dirinya tidak bersalah di setiap pengadilan. Setiap juri yang telah mempertimbangkan bukti-bukti untuk melawannya telah bulat menolak tuduhan palsu tersebut," jelas Scolnick.

"Keputusan Prince Charles Cinema untuk membatalkan proyek baru Kevin ini sungguh sangat mengecewakan."

"Ini mengabaikan proses hukum dua negara, mengabaikan bukti yang sangat kuat akan kebebasan Kevin, dan mengabaikan pengorbanan puluhan juri yang tidak berpihak yang menyatakan Kevin persen tidak bersalah," pungkasnya.

Sementara sutradara Gene Fallaize mengatakan bahwa dirinya tidak menyesali atas keputusannya untuk melibatkan Spacey dalam film tersebut.

"Saya tidak menyesali keputusan untuk men-cast Kevin, dan saya akan melakukannya lagi jika harus," kata Fallaize.

Pada Juli 2023, aktor Kevin Spacey dinyatakan tidak bersalah dari seluruh tuduhan pelecehan seksual yang dipersidangkan di Inggris. Sidang yang digelar di London itu berlangsung selama 1,5 bulan.

Para juri di Southwark Crown Court memutuskan Kevin Spacey tidak bersalah atas 9 tuduhan, terdiri dari tujuh dakwaan penyerangan seksual dan dua dakwaan pelanggaran seksual serius lainnya.

(far/pra)