Film Bermodal HP Antar Sally Anak UNS Menang Festival di Korea

Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Sally Devina bawa cerita membanggkan dari Korea Selatan. Begini kisahnya.

Film Bermodal HP Antar Sally Anak UNS Menang Festival di Korea
image
Jakarta -

Prestasi membanggakan di kancah internasional ditorehkan salah satu mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Ia adalah Sally Devina Prasetya Ningrum dari program studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) UNS.

Sally berhasil meraih penghargaan Grand Prix di ajang 3rd Daesang Eat Travel Film Festival 2023. Tak main-main hadiah yang dimenangkannya sejumlah 10 juta Won Korea (KRW) atau sekitar Rp 100 juta!

Buat Film Keliling 3 Negara Pakai Smartphone

Memang, kompetisinya kali ini tak diikuti seorang diri. Dikutip dari rilis resmi UNS, ajang 3rd Daesang Eat Travel Film Festival merupakan program pertukaran pelajar dan budaya yang diadakan oleh Daesang Group Company yang berpusat di Korea Selatan.

Program ini diikuti oleh mahasiswa di 3 negara yaitu Indonesia, Vietnam dan Korea Selatan. Tujuan akhirnya adalah pembuatan film pendek tentang budaya dan makanan yang berbeda.

Selama produksi dan promosi film, Sally berkelompok dengan 6 orang dari 3 negara berbeda. Mereka melakukan perjalanan ke negara masing-masing untuk memproduksi film pendek bertemakan "Food and Respect".

Menariknya, film ini hanya dibuat menggunakan smartphone loh dalam produksinya! Dengan judul film "Taste of The World", tim Sally meraih tiga penghargaan. Ketiganya adalah Grand Prix dengan hadiah 10 Juta KRW, Best E.T.F.F Crew dengan hadiah 500 ribu KRW, dan O'Food Prize dengan hadiah 500 ribu KRW.

Hobi Berujung Prestasi

Dengan pencapaian ini, Sally mengaku senang dan bersyukur. Terlebih karena ia memiliki tim yang sangat membantunya selama proses produksi.

"Benar-benar unbelievable moment yang pernah kurasakan karena berhasil meraih kesempatan emas ini. Sangat bersyukur karena memiliki tim yang kompak, seru, dan menyenangkan dalam proses produksi dan juga travelling ke 3 negara," ujar Sally.

Terkait filmnya, Sally memfokuskan terkait produksi poster film. Menurutnya konsep poster filmnya ini berisi penggalan cerita di dalamnya sehingga meninggalkan kesan kepada mereka yang melihat.

"Hal ini supaya penonton menebak-nebak isi ceritanya," tambah Sally.

Terakhir, Sally memberikan tips untuk pelajar lain yang ingin meraih juara di suatu perlombaan. Menurutnya, doa dan memaksimalkan usaha adalah hal yang penting.

Terlebih hal yang dikerjakan adalah sesuatu yang detikers sukai. Seperti yang diceritakan Sally bila dirinya sangat suka travelling dan memproduksi video.

"Pesan dariku jangan ragu untuk mencoba, mulai aja dulu! Karena kesempatan itu selalu ada tinggal kita yang mengusahakannya dengan maksimal. Semangat, kejar yang kalian suka dan jangan takut gagal," pungkas Sally.

Simak Video "Film Indonesia 'Basri & Salma in A Never-Ending Comedy' Tembus Cannes"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)