7 Film yang Cocok Ditonton di Hari Pahlawan 2022

Hari Pahlawan diperingati setiap 10 November. Berikut sederet film yang cocok ditonton di Hari Pahlawan 2022.

7 Film yang Cocok Ditonton di Hari Pahlawan 2022
image
Surabaya -

Hari Pahlawan diperingati setiap 10 November. Banyak acara yang biasanya digelar untuk merayakan Hari Pahlawan. Seperti drama teater hingga pawai dengan kostum ala pejuang.

Tak hanya itu, untuk memaknai Hari Pahlawan, Anda juga bisa mengisi 10 November dengan menonton film bertema perjuangan.

Berikut sederet film yang cocok ditonton di Hari Pahlawan 2022:

1. Battle of Surabaya

Film animasi ini mengisahkan tentang pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Hari Pahlawan juga dilatarbelakangi pertempuran tersebut.

Battle of Surabaya meraih sejumlah penghargaan. Salah satunya sebagai film dengan animasi terbaik di Berlin International Film Festival 2017.

Film tersebut rilis pada 20 Agustus 2015. Battle of Surabaya dapat ditonton di YouTube.

2. Sang Kiai

Film ini mengisahkan perjuangan Indonesia di masa penjajahan Jepang. Sejumlah kiai ditangkap karena melakukan perlawanan kepada Jepang.

Kisah KH Hasyim Asy'ari menjadi alur utama dalam film Sang Kiai. Hasyim Asy'ari juga pemimpin Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang. Anda bisa menyaksikan film ini di Netflix.

3. Merah Putih

Film Merah Putih mengisahkan taruna yang terikat namun selamat dari pembantaian. Para taruna melawan Belanda sebagai pasukan gerilya di pedalaman Jawa.

Film ini diperankan oleh Lukman Sardi, Donny Alamsyah hingga Zumi Zola. Anda dapat menyaksikan kisah lengkapnya di YouTube.

4. Darah Garuda

Film Darah Garuda berkisah tentang sekelompok kadet heroik yang bergerilya di Pulau Jawa pada 1947. Para kadet itu terhubung dengan kantor pusat Jendral Sudirman.

Mereka diberi tugas rahasia yaitu melawan Jendral Van Mook pada Agustus 1947. Film Darah Garuda diperankan oleh Donny Alamsyah, Lukman Sardi, hingga Rudy Wowor.

5. Hati Merdeka

Film Hati Merdeka mengisahkan perjuangan kelompok gerilya dalam meraih kemerdekaan saat melawan Belanda. Perjuangan para tentara di pedalaman diliputi perbedaan status sosial, agama, dan budaya.

Film ini mengambil latar revolusi pada tahun 1947-1948. Film Hati Merdeka merupakan bagian dari trilogi film perjuangan sebelumnya, Merah Putih (2009) dan Darah Garuda (2010).

6. Soekarno: Indonesia Merdeka

Film Soekarno: Indonesia Merdeka menceritakan tentang kehidupan Presiden pertama RI, Ir Soekarno. Mulai dari ia kecil hingga memproklamasikan kemerdekaan Indonesia bersama M Hatta pada 1945.

Ario Bayu memerankan sosok Sang Proklamator bersama Lukman Sardi sebagai Moh Hatta. Anda bisa menyaksikan kisah Sang Proklamator di Netflix.

7. Jenderal Soedirman

Film tema perjuangan yang satu ini mengisahkan tentang Jenderal Soedirman yang menderita penyakit paru-paru. Namun demikian, ia tetap memimpin perang gerilya selama 7 bulan.

Soedirman membuat semangat para pejuang terus membara hingga Belanda kehabisan logistik. Adipati Dolken menjadi pemeran sang Jenderal.

Pemeran lainnya seperti Ibnu Jamil hingga Baim Wong. Film biopik Jenderal Soedirman dapat Anda tonton di YouTube.

Simak Video "Kilas Balik Pertempuran 10 November di Tugu Pahlawan Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(sun/iwd)