Deretan Kuliner Indonesia yang Muncul di Film dan Series Luar Negeri, Mulai Masakan Padang hingga Sate!

Ternyata ada banyak kuliner Indonesia yang muncul di film dan series luar negeri, lho! Makanan apa saja? Yuk, cari tahu daftarnya dalam ulasan berikut ini!

Deretan Kuliner Indonesia yang Muncul di Film dan Series Luar Negeri, Mulai Masakan Padang hingga Sate!

Sementara banyak "warga +62" sibuk berburu hidangan mancanegara, tahukah kamu bahwa masakan lokal ternyata juga tak kalah populer?

Buktinya, ada banyak kuliner Indonesia yang muncul di film dan series luar negeri. Hidangan-hidangan ini ditampilkan baik secara tersembunyi maupun terang-terangan. Tidak percaya? Berikut daftarnya, sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber.

1. Masakan Padang di The Last of Us

Masakan Padang di The Last of Us/Foto: Dokumen The Last of Us
Masakan Padang di The Last of Us/Foto: Dokumen The Last of Us

Serial HBO yang dibesut Craig Mazin dan Neil Druchmann ini berkisah tentang wabah jamur Cordyceps yang ceritanya ternyata berasal dari Indonesia. Selain kemunculan artis senior Indonesia, Christine Hakim dan Yayu Unru, serial ini juga menampilkan suasana di Indonesia, termasuk kulinernya. Salah satu scene The Last of Us (2023) menunjukkan suasana di restoran Masakan Padang. Ada juga menu kuliner lain seperti Soto Betawi, Nasi Lemak, Rendang, dan masih banyak lagi.

2. Ada Indomie di Vagabond

Indomie di Vagabond/Foto: Twitter.com/@sujhyukie
Indomie di Vagabond/Foto: Twitter.com/@sujhyukie

Drama Korea bergenre action ini cukup populer di tahun 2019, dengan Lee Seung Gi dan Bae Suzy sebagai pemeran utamanya. Salah satu scene Vagabond menunjukkan salah satu tokohnya, yaitu Kim Woo Gi (diperankan oleh Jang Hyuk-jin) sedang menyantap mie Indomie yang dikemas dalam mangkuk sekali pakai.

Ada juga adegan Bae Suzy sedang mengambil beberapa mangkok mie instan dari lemari penyimpanan. Scene tentang mie instan ini memang cukup eksplisit sehingga kamu mungkin tak langsung menyadarinya.

3. Ulasan tentang Gudeg Jogja di Street Food: Asia

Gudeg Jogja Mbah Lindu/Foto: Detik Food
Gudeg Jogja Mbah Lindu/Foto: Detik Food

Street Food: Asia adalah film dokumenter Netflix yang tayang perdana pada tahun 2019. Kuliner Yogyakarta muncul pada season pertama dan menceritakan perjalanan Mbah Lindu yang merupakan legenda kuliner di Jogja. Di dalam tayangan ini dijelaskan bagaimana gudeg menjadi salah satu menu andalan yang pada akhirnya menjadi ikon Yogyakarta. 

4. Rapat Ala Perampok Dali dengan Hidangan Nasi Liwet

Adegan Nasi Liwet di Money Heist Part 3/Foto: Kaskus.co.id
Adegan Nasi Liwet di Money Heist Part 3/Foto: Kaskus.co.id

Memikili genre drama-kriminal, siapa sangka bahwa nasi liwet khas Indonesia justru muncul di adegan penting Money Heist Part 3 (2019). Salah satu adegan menunjukkan Professor menggelar rapat bersama para anggota perampok Dali, di mana nasi liwet menjadi suguhan utama. Tampak nasi digelar di atas daun pisang lengkap dengan lauk untuk dinikmati bersama-sama.

5. Kuliner Sate di Crazy Rich Asians

Sate Muncul di Crazy Rich Asians/Foto: YouTube.com
Sate Muncul di Crazy Rich Asians/Foto: YouTube.com

Film ikonik berjudul Crazy Rich Asians yang dirilis pada tahun 2018 sempat menampilkan adegan di mana Rachel (Constance Wu) dan Nick (Henry Golding) menyantap sate begitu sampai di Singapura. Hidangan khas Indonesia ini menjadi pilihan pertama mereka saat melakukan wisata kuliner.

6. Tempe Jadi Lauk Ramen di Shokugeki no Souma

Tempa/Foto: Pixabay.com/Bintang_Galaxy
Tempa/Foto: Pixabay.com/Bintang_Galaxy

Shokugeki no Souma (Food Wars!) adalah anime bertema kuliner yang dirilis pada tahun 2015. Salah satu adegannya juga mengulas soal tempe dengan sangat detail, mulai dari bahan hingga cara pembuatannya. Uniknya, tokoh serial ini tidak menggunakan tempe sebagai lauk nasi, melainkan untuk pelengkap menu ramen,

7. Ada Nasi Goreng di Jormungand

Nasi Goreng/Foto: Freepik.com/topntp26
Nasi Goreng/Foto: Freepik.com/topntp26

Jakarta sempat menjadi salah satu latar tempat di serial anime Jormungand. Tidak heran jika scene tentang Indonesia juga diceritakan cukup detail dalam serial yang rilis pada tahun 2012 ini.

Hidangan yang muncul di adegan ini antara lain adalah nasi goreng yang menjadi santapan utama. Selain itu, terlihat pula adegan menampilkan daftar menu yang menuliskan cincai, es doger, hingga es teler.

Banyaknya kuliner Indonesia yang muncul di film dan series luar negeri menunjukkan makanan Nusantara cukup populer di mancanegara. Bahkan selain muncul dalam film dan serial, ada beberapa reality show luar negeri yang mengulas masakan Nusantara.

Misalnya, lupis dan cenil yang sempat muncul dalam variety show Twogether atau rendang yang diulas dalam tayangan Gordon Ramsay: Uncharted Season 2.

Bangganya jadi orang Indonesia!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)