Delegasi KTT ASEAN 2023 Akan Kunjungi Taman Mini Indonesia Indah

Delegasi KTT ke-43 ASEAN dijadwalkan mengunjungi TMII untuk acara spouse program pada September 2023.

Delegasi KTT ASEAN 2023 Akan Kunjungi Taman Mini Indonesia Indah

KOMPAS.com - Delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN dijadwalkan mengunjungi sejumlah tempat wisata di Jakarta, salah satunya Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur, pada Rabu (6/9/2023).

Terkait kunjungan tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyampaikan, TMII telah siap menyambut para delegasi tersebut.

Baca juga:

"Nantinya akan ada spouses program yang ditujukan kepada pendamping para kepala negara atau pemerintahan yang digelar pada 6 September 2023 siang," tutur Menparekraf, melalui keterangan resmi yang Kompas.com terima, Rabu (30/8/2023).

Adapun spouses program  direncanakan bertempat di panggung budaya yang menghadap Danau Archipelago TMII.

Di lokasi tersebut, para delegasi bisa melihat miniatur pulau-pulau yang ada di Indonesia, mulai dari Sumatera hingga Papua.

Baca juga: Itinerary Wisata ala Delegasi KTT ASEAN di Labuan Bajo

Ilustrasi wisatawan mancanegara di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ilustrasi wisatawan mancanegara di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

Pada malam hari, penerangan di danau tersebut akan dinyalakan, ditambah dengan adanya atraksi dancing fountain atau Air Mancur Menari. Atraksi ini biasanya diadakan setiap malam di dekat danau. 

Sebagai informasi, TMII telah dibuka untuk pengunjung dengan wajah baru usai renovasi sejak Januari 2022.

Berlokasi di Jalan Raya Taman Mini, tempat wisata ini menyediakan beragam daya tarik, antara lain Taman Burung Jagat Satwa Nusantara, Plaza Keong Emas, dan aneka museum. 

Baca juga:

Sementara itu, KTT ke-43 ASEAN akan diadakan pada awal September 2023, tepatnya dari Selasa (5/9/2023) sampai Kamis (7/9/2023) di Jakarta.

Dilaporkan oleh Kompas.com, Selasa (8/8/2023), KTT ke-43 ASEAN akan dihadiri para pemimpin negara anggota organisasi regional ASEAN dan kepala negara/pemerintahan dari negara-negara mitra ASEAN.

Baca juga: Taman Burung TMII: Jam Buka dan Harga Tiket Masuk per Agustus 2023

[embedded content]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.