Terbaru! Ini Rekomendasi Itinerary untuk Mengeksplor Hong Kong

Berencana liburan ke Hong Kong? Yuk, simak apa saja yang dapat Anda lakukan selama berada di Hong Kong!

Terbaru! Ini Rekomendasi Itinerary untuk Mengeksplor Hong Kong
Terbaru! Ini Rekomendasi Itinerary untuk Mengeksplor Hong Kong
(Foto: Courtesy of Hong Kong Tourism Board)

Menjadi salah satu destinasi yang paling Bazaar rindukan untuk kembali dikunjungi terutama setelah pandemi berakhir, tentu menjadi sebuah kebahagiaan tersendiri saat undangan dari Hong Kong Tourism Board tiba di meja kerja Bazaar. Tanpa berpikir dua kali, Bazaar pun langsung mengangguk antusias untuk memulai petualangan lima hari empat malam di negeri yang juga akrab dengan julukan Mutiara dari Timur ini. 

Banyak aktivitas seru yang Bazaar coba selama perjalanan ini, mulai dari mengikuti tur ke pabrik pembuatan tahu milik Chef Vicky Lau, mencoba berbagai hidangan dari restoran yang telah sukses meraih Michelin star, hingga merasakan langsung pengalaman menghadiri acara festivel terbesar yang resmi kembali setelah pandemi berakhir.  

Baca juga: Wajib Tahu! Ini 6 Spot Foto Artistik Penuh Warna di Hong Kong

Di bawah ini, simak itinerary lengkap mulai dari rekomendasi tempat bermalam, restoran yang patut masih dalam bucket list, hingga aktivitas yang dapat Anda dilakukan untuk sesi pelesir Anda selanjutnya ke Hong Kong:

WHAT TO DO

Hong Kong Wine & Dine Festival

Hong Kong Wine & dine festival 2023
(Foto: Courtesy of Hong Kong Tourism Board)

Dan akhirnya salah satu festival terbesar yang paling ditunggu-tunggu telah resmi kembali! Setelah harus vakum karena pandemi yang berlangsung, akhirnya Hong Kong Wine & Dine Festival persembahan Hong Kong Tourism Board sukses digelar beberapa saat yang lalu. 

Berhasil mengumpulkan lebih dari 300 stan yang menyuguhkan wine dari berbagai penjuru dunia (tepatnya dari 36 negara yang berpartisipasi), dengan pemandangan latar Central Harbourfront yang benar-benar memesona, Anda juga dapat menikmati sajian hidangan lokal yang turut hadir untuk menyempurnakan pengalaman gastronomi Anda. 

Sheung Wan Dried Seafood Discovery Tour 

Sheung Wan Dried Seafood Discovery Tour 
Sheung Wan Dried Seafood Discovery Tour 

Dipandu langsung oleh Chef Jayson Tang dari Man Ho Chinese Restaurant yang sudah berhasil meraih Michelin Star, jelajah dan kenal lebih dekat lebih dari 200 toko yang menjual berbagai makanan laut kering seperti abalon, udang, teripang, dan masih banyak lagi. 

Setelah selesai, kita kemudian juga diajak untuk berkunjung ke restoran arahannya yang berlokasi di JW Marriott Hotel di mana kita berkesempatan untuk menikmati hidangan khas Chef Jayson yang terkenal handal mengolah bahan-bahan kering yang sudah dipelajari selama sesi tur untuk menciptakan hidangan yang lezat. Favorit Bazaar adalah percampuran antara baked abalone, ayam, dan jamur matsutake yang kemudian dibungkus dengan daun teratai dan dipanggang. Superb!

Lokasi: Distrik Sheung Wan 

Ān Tofu Factory

Ān Tofu Factory

Pernah penasaran bagaimana cara pembuatan tahu? Look no further karena Chef Vicky Lau dengan baik hati membuka pintu pabriknya untuk mengajak kita melihat lebih dekat bagaimana sebetulnya proses pembuatan tahu. 

Setelah mendapat banyak ilmu tentang bagaimana pendekatan yang dapat dilakukan dalam pembuatan tahu, kami kemudian diajak untuk mencicipi restoran miliknya yaitu, Mora sebuah restoran yang mengantongi predikat Michelin Green Star Awards 2023 dan segala hidangannya berbahan dasar kedelai dengan cita rasa French-Chinese. 

Lokasi: 40 Upper Lascar Row, Sheung Wan, Hong Kong

Perfume Trees Gin Tasting Room 

Perfume Trees Gin Tasting Room 

Anda pencinta gin? Jika Anda mengangguk antusias, maka Anda tentunya wajib mengunjungi workshop milik Tankyu Distillery, produsen lokal dari Perfume Trees Gin.

Dengan semangat ingin menciptakan sebuah gin yang dapat memancarkan cita rasa khas Hong Kong yang terkenal dinamis, vibran, dan indah, Perfume Trees Gin menggunakan bahan-bahan khas Hong Kong. 

Dalam sesi workshop, Anda diajak untuk mengenal satu per satu berbagai bahan utama yang dipilih untuk menciptakan gin lokal ini, kemudian sesi blind tasting, hingga akhirnya ditutup dengan mencicipi home-made cocktail dengan cita rasa yang spektakuler.

Lokasi: Unit 301, 45 Pak Tin Par St, Tsuen Wan, Hong Kong

Bar Crawling!

Bar Crawling around Central Area Hong Kong
001 Bar/Bar Leone/Foxglove

Who doesn’t love a good night out? Mungkin bar crawling di sekitar area SoHo, Hong Kong dapat jadi inspirasi. Dipandu oleh bartender terkenal, Lorenzo Antinori yang kebetulan juga pemilik salah satu bar di area ini yaitu, Bar Leone. 

Bersamanya kami diajak untuk bar hopping ke deretan bar yang sedang hype di daerah ini mulai dari 001 Bar yang mengusung konsep speakeasy, kemudian Bar Leone miliknya yang menyuguhkan seleksi minuman yang beragam, hingga Foxglove yang juga mengusung konsep hidden speakeasy yang terkenal dengan pertunjukan jazz live-nya

Lokasi: 001 Bar Tai Kwun, Hollywood Rd, Central, Hong Kong/ Bar Leone  15 Bridges St, Central, Hong Kong/ Foxglove 2/F, Printing House, 6 Duddell St, Central, Hong Kong

WHAT TO EAT

Hong Kong Cuisine 1983

hong kong cuisine 1983
(Foto: Courtesy of Instagram @hongkongcuisine1983)

Jika kita berlibur ke Hong Kong, tentu rasanya tidak afdal bila kita tidak menyicipi hidangan khas kaum Kanton, etnis terbesar yang menduduki daerah bekas jajahan Inggris ini. Untuk itu rekomendasi Bazaar adalah untuk mencoba restoran Hong Kong Cuisine 1983 yang pada tahun 2022 kebetulan baru saja hadir kembali dengan konsep dan visi baru dibawah kepemimpinan Chef Silas Li. Kini restoran yang berada di distrik Happy Valley ini menawarkan eight-course menu bercita rasa Kanton yang lebih kontemporer. 

Lokasi: 1/F, Elegance Court, 2-4 Tsoi Tak St, Happy Valley, Hong Kong

Neighborhood

neighborhood hong kong
Wagyu Beef and Bone Marrow

Berhasil duduk di posisi kesembilan dari 50 restoran terbaik Asia tahun 2022 versi The World’s 50 Best Restaurant, Neighborhood yang terletak di distrik SoHo yang ramai di Hong Kong ini memang merupakan salah satu restoran yang paling dicari dan sulit dipesan.

Dibawah komando Chef David Lai, bila Anda bersantap di restoran miliknya, satu hal yang pasti yaitu tidak ada buku menu yang akan disodorkan kepada Anda! Ya, memang keistimewaan Neighborhood dengan restoran-restoran lainnya adalah mereka hanya akan menyuguhkan menu hidangan yang disesuaikan dengan bahan apa yang paling segar di hari tersebut. Jadi, elemen kejutan menjadi salah satu daya tarik utama yang menarik banyak pengunjung, selain tentunya hidangan yang benar-benar akan memanjakan lidah Anda,

Lokasi:  61 Hollywood Rd, Central, Hong Kong 

Feuille

feuille hong kong
Girolles Pithivier Chasselas

Merupakan cabang restoran kedua milik Chef ternama asal Prancis, David Toutain, Feuille hadir untuk merayakan warisan dan tradisi dari masakan Prancis. Berorientasi pada detail hingga ke akarnya, bahan-bahan makanan di Feuille hanya menggunakan bahan yang ditanam secara berkelanjutan yang bersumber dari petani dan pemasok lokal. Makanan-makanan yang disuguhkan juga hadir dengan konsep fussion yang tidak hanya memanjakan indra perasa namun juga secara visual. 

Lokasi: 5/F, The Wellington, 198 Wellington St, Central, Hong Kong

Cafe Bau

Cafe Bau

Mengusung konsep farm-to-table, nama Cafe Bau ternyata diambil dari bunga Bauhinia, yang merupakan lambang bunga ikonis Hong Kong. Di Cafe Bau, Chef Alvin Leung memanfaatkan kualitas segar dan cita rasa bahan-bahan lokal. Tak hanya itu saja, sajian cocktail serta mocktail-nya juga benar-benar impresif!

Lokasi: Shop 8, Podium 1/F, J Residence, 60 Johnston Rd, Wan Chai, Hong Kong

New Punjab Club

New Punjab Club Hong Kong
(Foto: Courtesy of Instagram @newpunjabclub)

Berbeda dari yang lainnya, Neew Punjab Club menawarkan pengalaman menyantap hidangan dari era era pasca kolonial dari daerah Pakistan and India. Berhasil mendapatkan satu bintang Michelinn Star, New Punjab Club menjadi restoran Punjabi pertama di dunia yang menerima penghargaan tersebut dan yang telah berhasil mempertahankannya selama empat tahun berturut-turut.

Lokasi: World Wide Commercial Building, 34 Wyndham St, Central, Hong Kong

WHERE TO STAY

Hyatt Centric Victoria Harbour Hong Kong 

hong kong hyatt centric north point
(Foto: Courtesy of hong kong hyatt centric north point)

Dengan lokasinya yang strategis yaitu di distrik North Point dan menyatu dengan Harbour North Shopping Mall, Hyatt Centric Victoria Harbour Hong Kong memang dapat dijadikan opsi penginapan sempurna. Semakin sempurna, hotel ini juga memiliki akses ke transportasi publik yang tergolong dekat. Contohnya, ada  terminal feri tepat di depan hotel di mana Anda dapat naik feri ke seberang kawasan Kowloon yang hanya memakan waktu kurang lebih 10 menit. Selain itu stasiun MTR North Point juga hanya berjarak tiga menit berjalan kaki dari lobi hotel. 

Lokasi: 1 North Point Estate Ln, North Point, Hong Kong

The Upper House 

The Upper House Hong Kong
(Foto: Courtesy of The Upper House)

Menghadap ke cahaya terang Hong Kong dari atas Pacific Place di area Admiralty, The Upper House memang benar-benar bisa dikatakan sebagai salah satu suaka untuk mengembalikan lagi spirit jiwa dan raga. Didesain oleh arsitek interior kelahiran Hong Kong, André Fu, tiap detail desain terlihat dipikirkan secara matang dan minimalis dari hotel yang berhasil duduk diperingkat keempat dalam The World's Best Hotels tahun 2023. Dengan 117 kamar yang siap mengakomodasi kebutuhan Anda, kamar entry level-nya berukuran mulai dari 68 meter persegi yang sudah tergolong cukup besar menurut sebagian besar standar hotel di Hong Kong. Sedangkan untuk tipe suite hadir dalam ukuran 114 meter persegi, menjadikannya sebagai kamar dengan tipe suite terbesar dibanding hotel lain di kelasnya yang ada di Hong Kong. 

Lokasi: 88 Queensway, Admiralty, Hong Kong

Jadi tunggu apa lagi? Segera buat rencana berpelesir ke Hong Kong dan rasakan sendiri pengalaman menjelajah Hong Kong yang belum pernah Anda rasakan sebelumnya!

Baca juga:

Menelusuri Sisi Seni dan Budaya di Setiap Sudut Hong Kong

5 Rahasia Mengapa Bazaar Begitu Menyukai Hong Kong Sebagai Destinasi Liburan

(Foto: Courtesy of Hong Kong Tourism Board, The Upper House, Hyatt Centric Victoria Harbour Hong Kong, Instagram @hongkongcuisine1983 @newpunjabclub)