Daftar 10 Film Indonesia Terbaik 2023 Versi Movfreak, Nomor 10 Film Paling Dicari Penonton Anak Negeri

18 film Indonesia menembus sejuta penonton, memecahkan rekor tahun 2019 (15 film). Angka itu bisa bertambah mengingat masih ada 13 Bom di Ja

Daftar 10 Film Indonesia Terbaik 2023 Versi Movfreak, Nomor 10 Film Paling Dicari Penonton Anak Negeri
image

realitasonline.id - Ternyata pada tahun 2023 ini sudah 18 film Indonesia menembus sejuta penonton, memecahkan rekor tahun 2019 (15 film). Angka itu bisa bertambah mengingat masih ada 13 Bom di Jakarta.

Tahun 2023 juga tahun kejayaan para setan, sebab dari 18 judul penghuni "klub sejuta" tadi, 13 di antaranya adalah horor.

Kesuksesan finansial itu sayangnya belum dibarengi kualitas. Hanya segelintir horor lokal tahun ini yang patut disebut "bagus".

Redaksi sendiri, 2023 adalah tahun di mana saya makin selektif memilih tontonan.

Total hanya 77 film Indonesia yang ditonton, baik melalui penayangan reguler di bioskop, layanan streaming, hingga festival.

Alasannya klise. Masalah waktu. Karena alasan serupa, bisa jadi kuantitas tulisan di blog ini akan menurun.

Tapi biarlah masa depan menjadi rahasia. Sekarang waktunya merayakan pencapaian sinema Indonesia selama setahun terakhir, yang sebenarnya, di luar dominasi horor, menunjukkan secercah harapan berupa eksplorasi genre serta tema.

Seperti biasa, daftar "Film Indonesia Terbaik" tahun ini bakal diisi oleh 10 judul, namun sebelumnya. Redaksi memberi penghargaan khusus untuk beberapa film yang juga punya kualitas mumpuni meski tak menembus daftar utama.

Terdapat lima film yang masuk ke dalam honorable mentions, yaitu: Tuhan, Izinkan Aku Berdosa yang mengembalikan wajah lama Hanung Bramantyo

sebagai sineas yang berani menyulut kontroversi melalui kisah religi; Star Syndrome selaku karya penyutradaraan ketiga Soleh Solihun yang mengajak penontonnya.

Menyelami seluk beluk industri musik; Pemukiman Setan yang melanjutkan upaya Charles Gozali membawa angin segar untuk horor Indonesia berkat eksplorasi genrenya.

Hello Ghost yang membuktikan bahwa sineas kita mampu membuat remake yang superior dibanding versi aslinya; dan Ketika Berhenti di Sini yang mengangkat kisah mengenai duka manusia secara mendalam sekaligus kreatif.

Daftar 10 Film Indonesia Terbaik 2023 versi Movfreak (Autobiography sudah masuk di daftar tahun 2022):

1. Film Opra
Tatkala industri perfilman kita masih cenderung Jawa-sentris, road movie dari Timur yang mengisahkan penolakan karakternya terhadap stagnasi kehidupan ini pun terasa makin menonjol, di luar kualitasnya yang memang Solid.