CEK FAKTA: Apa Benar Ganjar Pranowo Foto Bersama Kakek Viral Pemain Film Dewasa?

Narasi memaksakan bahwa Ganjar Pranowo mendapat penghargaan namun berfoto dengan pemain film dewasa usia kakek-kakek asal Jepang.

CEK FAKTA: Apa Benar Ganjar Pranowo Foto Bersama Kakek Viral Pemain Film Dewasa?
image

Narasi memaksakan bahwa Ganjar Pranowo mendapat penghargaan namun berfoto dengan pemain film dewasa usia kakek-kakek asal Jepang.

Nama Kakek Sugiyono viral beberapa saat lalu sebagai pemeran lelaki film dewasa di Jepang. Ia antara lain diwawancarai YouTuber negerinya yang beberapa saat lalu bermukim di Indonesia, yaitu Daisuke Botak.

Sementara foto Ganjar Pranowo, Gubernur Jateng beberapa saat lalu mengalami editan, yaitu diperlihatkan tengah berciuman dengan seorang pemain film dewasa terkenal Jepang, Miyabi.

Dikutip dari Turnbackhoax.id, akun Facebook Sul Fatra memposting sebuah foto Ganjar Pranowo bersama Kakek Sugiyono. Keduanya memegang pigura dengan gambar tidak senonoh.

Tulisan penyertanya "GUBERNUR YG BERPRESTASIā€¦!! BANYAK DAPAT PENGHARGAAN BARU-BARU INIā€¦ LOHH..!"

Sedangkan tulisan caption "Jangan pilih yg begini" dan emoji berdoa.

PENJELASAN

Turnbackhoax.id menelusuri menggunakan Google Image ditemukan gambar asli di salah satu artikel Tribun Jateng dalam artikel berjudul "HEBAT, Untuk Ketiga Kalinya Ganjar Terima Penghargaan dari KPK" 12 Desember 2017.

Gambar ini menunjukkan Ganjar Pranowo memperlihatkan sebuah penghargaan sebagai pemerintah daerah dengan tingkat kepatuhan LHKPN terbaik 2017 dari KPK. Diabadikan di sela rangkaian peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2017, di Hotel Bidakara Jakarta, Selasa (12/12/2017).

Dengan demikian gambar Ganjar Pranowo bersama Kakek Sugiyono adalah hasil suntingan.

KESIMPULAN

Foto Ganjar Pranowo bersama Kakek Sugiyono yang dipasang Sul Fatra termasuk dalam kategori konten satire.

Catatan Redaksi:

Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Metro Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi).

Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Metro Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email [email protected]