Asus Pastikan Perangkat Game Genggam ROG Ally Akan Dirilis Secara Global

Asus mengumumkan bahwa ROG Ally akan dirilis di seluruh dunia dan rilis tersebut mungkin terjadi lebih cepat dari yang diperkirakan.

image

TEMPO.CO, Jakarta - Awal bulan ini, Asus mengumumkan perangkat game genggam Windows ROG Ally. Pengumuman itu menyebabkan kegemparan di dunia game, meskipun detail mengenai spesifikasi dan kemampuannya belum banyak terungkap.

Asus kini berhasil mempertahankan antusiasme itu dengan mengumumkan bahwa Ally akan dirilis di seluruh dunia dan rilis tersebut mungkin terjadi lebih cepat dari yang diperkirakan.

Sayangnya, semua informasi hanya berupa cuitan dan belum memberi rincian data mengenai spesifikasi ROG Ally. Seperti yang ditunjukkan oleh berbagai laporan dan pratinjau awal, ROG Ally menampilkan layar 7 inci, 1080p, 120Hz.

Pada bagian inti terdapat semacam solusi CPU + GPU AMD Zen4 dan RDNA3 khusus. Sesuatu yang berpotensi mirip dengan Ryzen 7040U, meski itu mungkin hanya spekulasi.

Seperti yang dinyatakan oleh Linus dari Linus Tech Tips, silikon khusus di dalam Ally diduga dapat memberikan hingga dua kali lipat kinerja Valve Steam Deck pada mode daya 35W yang sama dan bakal dapat menghasilkan frame rate 50 persen lebih baik dalam mode daya 15W.

Mengenai spesifikasi tidak resmi lainnya dari ROG Ally, ukurannya 28,0 x 11,3 x 3,9 mm dan berat 608 gram, yang lebih ringan dan lebih ringkas daripada Steam Deck. Juga diketahui bahwa Ally menjalankan Windows 11 dengan beberapa overlay perangkat lunak ASUS khusus di atasnya.

Dengan ketersediaan internasional yang sekarang dijanjikan oleh Asus, hal terpenting tentang Ally bisa dibilang adalah harganya. Itu pada akhirnya akan menentukan keberhasilan perangkat genggam itu, terutama saat ini karena Valve akhirnya memiliki pasokan Steam Deck yang sangat kompetitif dengan MSRP awal hanya US$ 399.

GSM ARENA

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.