Astronom Jawab Pertanyaan Sherina

Banyak milenial penasaran soal jawaban dari 3 pertanyaan Sherina. Simak penjelasan astronom!

Astronom Jawab Pertanyaan Sherina
image

Jakarta, CNBC Indonesia - Masih ingat lagu 'Lihatlah Lebih Dekat' dari film 'Petualangan Sherina'?

Salah satu penggalan liriknya berbunyi: "mengapa bintang bersinar, mengapa air mengalir, mengapa dunia berputar".

Lirik berbentuk pertanyaan itu heboh dibahas di media sosial. Netizen penasaran dengan jawabannya.

Peneliti Pusat Riset Antariksa BRIN, Rhorom Priyatikanto, menjelaskan bahwa bintang bersinar disebabkan reaksi fusi termonuklir. Reaksi itulah yang akan mengubah hidrogen menjadi helium dan energi.

Pada akhirnya, sebagian energi yang dihasilkan itu akan menjadi sinar yang dapat kita lihat dari Bumi. Sementara itu, air mengalir disebabkan gravitasi Bumi. 

"Ada gravitasi (gaya tarik Bumi) yang membuat benda tertarik (jatuh) ke pusat Bumi. Air pun demikian. Mengalir dari tempat tinggi ke rendah," kata dia kepada CNBC Indonesia, Jumat (6/10/2023).

Terakhir, Rhorom menjelaskan cara dunia atau Bumi berputar. Planet termasuk Bumi terbentuk dari awan dan debu sisa pembentukan Matahari.

Dalam proses pembentukan planet, terdapat pusaran materi. Berikutnya, pusaran akan membentuk momentum sudut pada planet yang menyebabkan perputaran atau rotasi.

"Bumi dan planet-planet terbentuk dari awan dan debu sisa pembentukan Matahari. Materi tersebut menggumpal jadi planet karena gravitasi. Dalam prosesnya, ada pusaran materi yang terbentuk. Pusaran itu mewariskan 'momentum sudut' ke planet yang terus berotasi hingga sekarang," jelas Rhorom.

Nah, itu dia jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan Sherina. Semoga membantu dan tidak bikin penasaran lagi, ya!


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Suara Misterius di Langit Bikin Ilmuwan Bingung


(npb/npb)