Alternatif Selain Coating untuk Jaga Cat Bodi Mobil, Apa itu Paint Protection Film?

Kevin Danudoro, General Manager UPPF Indonesia menerangkan, aksesori tambahan ini sekarang banyak dipilih karena kemudahan pengaplikasiannya

Alternatif Selain Coating untuk Jaga Cat Bodi Mobil, Apa itu Paint Protection Film?
image

JawaPos.com - Sejauh ini opsi untuk melindungi cat bodi mobil adalah dengan mengaplikasikan ceramic coating pada kendaraan. Solusi ini mulai banyak ditawarkan dengan harga yang beragam oleh para detailer kendaraan.

Untuk melindungi cat bodi mobil dari kemungkinan goresan, korosi, dan penurunan kualitas karena usia, saat ini juga hadir opsi lainnya. Salah satu yang bisa diaplikasikan adalah menggunakan PPF atau Paint Protection Film.
Ini mirip dengan kaca film, hanya PPF ditempelnya di mobil. Berbagai merek produk aftermarket kendaraan ini juga mulai banyak hadir.
Beberapa bisa ditemukan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 yang dihelat tinggal beberapa hari lagi ini. Terkait produk PPF untuk bodi kendaraan, Kevin Danudoro, General Manager UPPF Indonesia menerangkan, aksesori tambahan ini sekarang banyak dipilih karena kemudahan pengaplikasiannya. 
"Paint Protection Film sangat penting untuk diaplikasikan pada mobil, hal ini dikarenakan PPF dapat melindungi cat orisinil mobil dari baret, kerikil jalanan, noda atau kotoran jalanan, hingga sinar UV," terangnya saat ditemui JawaPos.com di arena GIIAS 2023, Kamis (17/8).
Dirinya melanjutkan, UPPF Indonesia menampilkan berbagai jenis produk PPF yang mampu melindungi cat orisinil mobil dari paparan sinar UV, stone chips, hingga baret, sehingga menjaga dan melindungi tampilan mobil tetap indah seperti baru.
Verbekal teknologi dari Amerika Serikat, UPPF Indonesia menggunakan material high-grade TPU yang telah terbukti efektif dalam melindungi kendaraan dari berbagai ancaman lingkungan saat berkendara. Produk PPF tersebut telah dipercayai untuk melindungi 100.000 lebih kendaraan di 50 negara.
"Pengaplikasian PPF dapat menjaga keadaan fisik mobil terjaga seperti baru hingga waktu yang lama, selain itu PPF juga memiliki fitur self-healing pada baret halus apabila terkena sinar Matahari," kata Kevin menambahkan.
Dibandingkan dengan nano ceramic coating, keduanya memang memiliki keunggulan masing-masing. PPF sendiri berguna sebagai perlindungan cat orisinil pada mobil.
Dengan kondisi jalanan di Indonesia tentunya PPF menjadi solusi kepada pemilik mobil untuk melindungi cat orisinil mobil dari berbagai ancaman di jalanan seperti baret, batu kerikil, hingga serempetan motor. 
Tidak hanya berfungsi sebagai proteksi, PPF juga dapat membuat mobil terlihat lebih glossy sehingga meningkatkan penampilan fisik mobil. Sedangkan coating lebih kepada penampilan mobil saja, yang dapat menjadikan warna cat mobil lebih keluar dan terlihat glossy seperti baru tanpa adanya fitur proteksi.