7 Rekomendasi Film tentang Penjajahan di Indonesia

Berikut rekomendasi film penjajahan di Indonesia yang sarat akan sejarah dan perjuangan bangsa Indonesia sebelum merdeka.

7 Rekomendasi Film tentang Penjajahan di Indonesia
Jakarta, CNN Indonesia --

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia setiap 17 Agustus. Salah satunya dengan menonton film tentang penjajahan di Indonesia.

Film yang mengisahkan tentang penjajahan ini tentu bisa menambah pengalaman dan pengetahuan mengenai perjuangan bangsa Indonesia sebelum merdeka.

Selain itu, film sejarah atau film penjajahan biasanya menyiratkan pesan-pesan inspiratif yang bisa diteladani oleh penontonnya.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut rekomendasi film penjajahan di Indonesia yang sarat akan nilai sejarah.

1. Kadet 1947 (2021)

Kadet 1947 adalah film adaptasi dari kisah nyata tentang para kadet atau pelajar penerbangan Angkatan Udara Maguwo yaitu Sigit (Bisma Kharisma), Mul (Kevin Julio), Har (Omara Esteghlal), dan Adji (Marthino Lio) yang berambisi membantu tentara Indonesia melawan Belanda.

Dalam film ini diceritakan bahwa pasukan penjajah Belanda melakukan Agresi Militer I ke Jawa dan Sumatra usai melanggar Perjanjian Linggarjati mengenai kemerdekaan Indonesia.

Sayangnya ambisi para kadet untuk melawan penjajah itu terhalang. Sebab mereka masih berstatus pelajar Angkatan Udara dan tidak diizinkan untuk membawa pesawat atau senjata dalam berperang.


2. The East (2020)

The East (2020)Rekomendasi film tentang penjajahan di Indonesia, The East (Ideosource Entertainment via Imdb)

Film tentang penjajahan di Indonesia selanjutnya ada The East atau De Oost yang diproduksi di Belanda dan turut dibintangi oleh aktor serta aktris kenamaan Indonesia.

Kisahnya menggambarkan soal tindakan Raymond Westerling, seorang komandan pasukan Belanda yang memimpin pembantaian terhadap orang Indonesia karena dianggap sebagai pemberontak.

Westerling ini memiliki anak buah bernama Johan de Vries (Martijn Lakemeier). Ia ditugaskan dalam pembantaian terhadap hampir 40 ribu jiwa warga di Sulawesi Selatan sampai akhirnya merasa sangat bersalah.


3. Perburuan (2019)

Perburuan adalah film yang menceritakan tentang penjajahan era Jepang di Indonesia terhadap pasukan Pembela Tanah Air (PETA).

Kisahnya mengenai bekas tentara PETA bernama Hardo (Adipati Dolken) yang menjadi buruan oleh pemerintah Jepang. Padahal, Hardo dan PETA ini sudah menyatakan kalah dari tentara Jepang.

Meski begitu, ia tetap diburu sampai ke kampung halamannya karena ada unsur balas dendam yang ingin dilakukan oleh orang-orang terdekat Hardo.


4. Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, dan Cinta (2018)

Sultan Agung adalah film biografi Indonesia yang mengisahkan tentang Raden Mas Rangsang alias Sultan Agung Hanyakrakusuma, raja baru di Kerajaan Mataram Islam.

Ketika masih menduduki takhta di Kerajaan Mataram, ia memimpin pasukannya untuk menyerang para penjajah Belanda di Batavia.

Saat itu, perusahaan dagang Belanda VOC mengingkari perjanjian dagang dengan Kerajaan Mataram. Namun, perjuangan Sultan Agung dan rakyatnya tidaklah mudah dan membuat mereka memberontak.


5. Battle of Surabaya (2015)

Battle of Surabaya merupakan film penjajahan Indonesia yang mengambil latar peristiwa perlawanan rakyat terhadap penjajah Belanda di Surabaya.

Peristiwa perlawanan itu berlangsung pada 10 November 1945 yang kemudian ditetapkan sebagai Hari Pahlawan.

Berbeda dari film lainnya, film penjajahan ini disajikan dalam format animasi dan menggambarkan perang di Surabaya melalui peran Musa, tukang semir sepatu yang menjadi kurir bagi perjuangan arek-arek Suroboyo.


6. Jenderal Soedirman (2015)

film Jenderal Soedirman (2015)Rekomendasi film tentang penjajahan di Indonesia, Jenderal Soedirman (Padma Pictures)

Jenderal Soedirman adalah film biopik yang mengisahkan perjuangan Jenderal Soedirman dalam melawan penjajah.

Ia memimpin perlawanan dalam Agresi Militer II yang terjadi pada 1948. Berbagai suka duka perlawanan Soedirman pun ditampilkan dalam film ini.

Film ini ikut menceritakan misi gerilya Soedirman yang berhasil membuat pasukan Belanda kewalahan. Belanda akhirnya menandatangani perjanjian Roem-Royen dan mau mengakui kedaulatan Indonesia.


7. Merah Putih (2009)

Merah Putih merupakan film yang mengisahkan mengenai penjajahan Belanda di Indonesia saat Agresi Militer 1 pada 1947.

Cerita bermula saat tempat berlatih tentara Indonesia diserang oleh tentara Belanda. Seluruh kadet terbunuh dan tersisa hanya empat orang.

Para kadet yang selamat ini memutuskan bergabung ke dalam pasukan gerilya di pedalaman Jawa. Di sana mereka menyusun strategi untuk mengalahkan pasukan Belanda.

Itulah beberapa rekomendasi film tentang penjajahan di Indonesia yang bisa ditonton di layanan streaming.

(avd/fef)

[Gambas:Video CNN]