7 Langkah Bikin Itinerary Mudah Beserta Contohnya untuk Pemula

Untuk pemula yang mungkin merasa kebingungan membuat itinerary, detikTravel akan memberikan panduan tentang cara membuat itinerary yang sederhana dan mudah.

7 Langkah Bikin Itinerary Mudah Beserta Contohnya untuk Pemula
image

Daftar Isi

Jakarta -

Liburan yang terorganisir dengan baik bisa menjadi kunci utama keseruan perjalananmu. Salah satu cara untuk memastikan semuanya berjalan lancar adalah dengan membuat itinerary. Untuk pemula yang mungkin merasa kebingungan membuat itinerary, detikTravel akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara membuat itinerary yang sederhana dan mudah.


Apa Itu Itinerary?

Itinerary adalah rencana perjalanan yang berisi daftar kegiatan, tempat yang akan dikunjungi, serta waktu pelaksanaannya. Dengan membuat itinerary, kamu dapat mengatur waktu dan mengoptimalkan pengalaman liburanmu tanpa harus bingung di tempat.


Langkah-langkah Membuat Itinerary yang Mudah

1. Tentukan Durasi Liburan

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Mulailah dengan menentukan berapa lama kamu akan berlibur. Apakah hanya akhir pekan, seminggu, atau lebih? Ini akan menjadi dasar untuk menentukan kegiatan yang dapat dimasukkan dalam itinerary.

2. Pilih Tujuan dan Tentukan Prioritas

Pilih destinasi utama dan tentukan kegiatan atau tempat yang paling ingin kamu kunjungi. Prioritaskan sesuai dengan minat dan preferensimu. Sebelum menentukan destinasi, kamu harus melakukan riset seperti cuaca tempat tujuan, lokasi turis, hingga sejarahnya.

3. Tentukan Aktivitas Harian

Bagi durasi liburanmu menjadi hari-hari, lalu alokasikan aktivitas harian. Mulailah dari pagi hingga malam, termasuk waktu makan dan istirahat. Atur kegiatanmu dengan seimbang, jangan sampai kamu memaksakan diri untuk mengunjungi banyak tempat sekaligus tanpa mempertimbangkan waktu istirahat.

4. Pilih Tempat Makan

Masukkan restoran atau warung yang ingin kamu coba. Pastikan untuk mencoba makanan lokal agar pengalaman kulinermu semakin berkesan. Sedikit tips, jika berkunjung ke daerah baru, sempatkan waktu untuk eksplor makanan yang nggak mungkin kamu temukan di tempat lainnya.

5. Hitung Waktu Perjalanan


Perhatikan jarak antar tempat yang akan kamu kunjungi. Pastikan waktu perjalanan dan kegiatan sesuai agar tidak terlalu padat. Perhatikan juga faktor kemacetan dan transportasi yang kamu butuhkan selama berlibur.

6. Fleksibilitas

Meskipun kamu telah merencanakan liburanmu agar lebih teroganisir, tetap biarkan beberapa waktu luang untuk fleksibilitas. Waktu ini dapat kamu gunakan jika menemukan menarik yang baru kamu temukan di sekitar destinasi.

7. Catat Kontak Penting

Terakhir, catat nomor darurat dan alamat penting seperti hotel. Simpan informasi ini di itinerarymu untuk keamanan.

Contoh Itinerary untuk Liburan ke Bali

Hari 1: Penjelajahan Kuta

  • Pagi: Sarapan ayam betutu bali
  • Siang: Pantai Kuta
  • Sore: Jalan-jalan di Legian Street
  • Malam: Nikmati sunset sembari minum kopi di sekitar pantai

Hari 2: Eksplor di Ubud

  • Pagi: Sarapan nasi campur bali.
  • Siang: Tirta Empul dan Pura Taman Saraswati.
  • Sore: Campuhan Ridge Walk.
  • Malam: Makan malam sate lilit bali.

Hari 3: Petualangan di Trans Studio Bali

  • Pagi: Santap sarapan di warung lokal sekitar Trans Studio Bali
  • Siang: Kunjungi Trans Studio Bali dan nikmati wahana-wahana seru seperti Dunia Lain, Ocean Fantasy, dan masih banyak lagi.
  • Sore: Makan malam seafood

Jika butuh suasana baru saat berlibur ke Bali, Trans Studio Bali bisa jadi salah satu pilihanmu. Begitu banyak wahana unik yang bisa kamu coba seperti indoor skydiving, Flying Over Indonesia, Boomerang Challenge Coaster, Bat Glider dan berbagai wahana seru lainnya!

Spesial di bulan Januari ini, Trans Studio Bali memberikan promo istimewa untuk main bertiga! Berikut untuk detail promonya:

Weekdays: Rp 450.000/ 3 tiket
Weekend: Rp 550.000/3 tiket

Promo ini hanya berlaku untuk pembelian online melalui www.transstudiobali.com dan khusus pengguna allo Bank!

Ayo ajak orang terdekatmu untuk menikmati berbagai wahana seru Trans Studio Bali dan jangan lupa untuk mengikuti panduan itinerary ini agar liburanmu lebih terorganisir dan nyaman. Ingatlah untuk tetap fleksibel dan nikmati setiap momen liburanmu!

Simak Video "Libur Nataru, Asyiknya Main ke Trans Studio Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)