7 Film Romantis Indonesia untuk Ditonton bersama Pasangan

Selain menghibur, film romantis Indonesia juga dapat memberikan perspektif dan pesan yang bermanfaat bagi kehidupan percintaan Anda.

7 Film Romantis Indonesia untuk Ditonton bersama Pasangan
Jakarta, CNN Indonesia --

Menonton film romantis bisa menjadi aktivitas menarik yang dapat dilakukan bersama pasangan. Bukan hanya menghibur, film romantis dapat memberikan perspektif dan pesan yang bermanfaat bagi kehidupan percintaan Anda.

Ada banyak rekomendasi film romantis Indonesia yang bisa ditonton bersama pasangan, mulai dari yang lawas hingga terbaru.

Berikut rekomendasi film romantis yang cocok ditonton dengan pasangan.

1. Ada Apa dengan Cinta? (2002)

Film AADC yang dibintangi oleh Dian Ssatro dan Nicholas SaputraIlustrasi. Film romantis Indonesia, salah satunya Ada Apa dengan Cinta? (Foto: Dok. Miles)

Ada Apa dengan Cinta? adalah film yang sangat terkenal pada masanya dan hingga saat ini masih masih memiliki penggemar setia. Film ini mengisahkan seorang gadis populer bernama Cinta yang jatuh cinta dengan pria yang menyukai sastra bernama Rangga.

Film ini diperankan oleh Dian Sastrowardoyo dan Nicholas Saputra. Cinta dan Rangga termasuk dalam salah satu pasangan yang melegenda, seperti Jack dan Rose di film Titanic.

Ada Apa dengan Cinta? menyuguhkan cerita cinta yang penuh romansa khas remaja, maka film ini sangat cocok untuk ditonton bersama pasangan.

2. Heart (2006)

Film romantis Indonesia selanjutnya adalah Heart. Film ini tayang pada tahun 2006 dan sempat dijadikan serial serta banyak masuk kategori penghargaan film terbaik.

Heart menyuguhkan cerita cinta yang bertepuk sebelah tangan antara Rachel (Nirina Zubir), dan sahabat kecilnya, Farrel (Irwansyah). Seiring berjalannya waktu Rachel harus menerima bahwa Farrel mencintai gadis lain yang bernama Luna.

3. Ayat-Ayat Cinta (2008)

Ayat-ayat Cinta (2008)Ilustrasi. Film romantis Indonesia, salah satunya Ayat-Ayat Cinta (Foto: MD Pictures via Imdb)

Disutradarai oleh Hanung Bramantyo, salah satu sutradara kondang di tanah air, Ayat-Ayat Cinta berhasil ditonton oleh 3.676.135 penonton.

Selain itu, film ini juga memenangkan sejumlah penghargaan seperti Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Aktor Terbaik dan Sutradara Musik Terbaik pada tahun 2008 di Festival Film Bandung.

Film ini mengisahkan cerita percintaan seorang pemuda bernama Fahri yang sedang mengambil gelar master di Universitas Al-Azhar, Mesir. Perjalanan menempuh pendidikan inilah yang membuat ia bertemu dengan wanita-wanita yang membuatnya terjebak dalam kisah cinta yang rumit.

4. Habibie dan Ainun (2012)

habibie & ainun 2012Ilustrasi. Film romantis Indonesia, salah satunya Habibie & Ainun (Foto: MD Pictures via Imdb)

Kolaborasi aktor dan aktris papan atas, Bunga Citra Lestari dan Reza Rahadian ini berhasil membawa film Habibie & Ainun menempati urutan ke-5 film Indonesia yang paling banyak ditonton dengan 4.583.641 penonton.

Habibie Ainun mengangkat kisah cinta legendaris presiden ketiga Indonesia, yaitu B.J habibie dan istrinya Ainun. Dalam film ini, Habibie menjelaskan betapa pentingnya peran Ainun di setiap pencapaian hidupnya.

Kisah yang menyentuh tersebut membuat film ini masuk ke dalam rekomendasi film romantis Indonesia ditonton bersama pasangan.

5. Dilan 1990 (2018)

Film Dilan 1990Ilustrasi. Film romantis Indonesia, salah satunya Dilan 1990 (Foto: Dok- Falcon Pictures)

Dilan 1990 merupakan film yang pernah menjadi salah satu film populer di kalangan anak muda pada masanya. Diangkat dari kisah novel best-seller, Dilan 1990 karya Pidi Baiq, film ini berhasil meraih lebih dari 6 juta penonton.

Film ini dimainkan oleh aktor muda terkenal Iqbaal Ramadhan (Dilan) dan Vanesha Prescilla (Milea). Dilan 1990 menceritakan sudut pandang Milea yang menjalin hubungan dengan Dilan, pemimpin geng motor yang disegani.

6. Akhir Kisah Cinta Si Doel (2020)

film Akhir Kisah Cinta Si Doel. Dok: Falcon IndonesiaIlustrasi. Film romantis Indonesia, salah satunya Akhir Kisah Cinta Si Doel (Foto: Dok: Falcon Indonesia)

Serial epilog fenomenal tahun 1994 Si Doel, akhirnya dirilis menjadi film pada pertengahan tahun 2020. Akhir Cinta si Doel akhirnya menjawab pertanyaan tentang cinta segitiga antara Doel, Sarah, dan Zainab.

Meskipun sudah menikah dengan Zainab, Doel masih menyimpan rasa cinta dengan Sarah, mantan kekasihnya yang pergi keluar negeri tanpa kabar.

7. Layla Majnun (2021)

Film Layla MajnunFilm romantis Indonesia, Layla Majnun (Foto: dok. Starvision Plus/Netflix)

Rekomendasi selanjutnya adalah film berjudul Layla Majnun. Film ini bercerita tentang kisah cinta antara Layla (Acha Septriasa) dan Samir (Reza Rahardian) bisa diibaratkan seperti Romeo Juliet versi lokal.

Film yang disutradarai Monty Tiwa dan Aim Studio ini menginterpretasikan kisah cinta lewat perjodohan yang menimbulkan kontroversi.

Namun, setelah melewati kisah cinta yang rumit Layla tetap bersatu dengan Samir sang pujaan hati yang sudah lama ia cintai.

Demikian rekomendasi film romantis Indonesia ditonton bersama pasangan pada akhir pekan ini. Sudah tahu akan menonton yang mana?

(ira/juh)

[Gambas:Video CNN]