6 OST Film Lawas Indonesia Tema Nasionalis yang Bikin Nostalgia, Mana Favoritmu?

Deretan soundtrack film ini dijamin bakal bikin kamu nostalgia. Apalagi, di masa-masa Agustusan saat ini. Apa saja sih daftar lagunya?

6 OST Film Lawas Indonesia Tema Nasionalis yang Bikin Nostalgia, Mana Favoritmu?

Hari Kemerdekaan Indonesia memang paling tepat waktunya untuk bernostalgia. Salah satu hal yang bisa membuat kita lebih mudah terbawa nostalgia adalah musik. Dengan alunan musik, kita akan lebih mudah mengingat kenangan di masa-masa lampau.

Musik yang biasanya paling bikin nostalgia adalah ost atau soundtrack dari film-film. Hanya dengan lagu yang diputar, memori kita langsung akan mengingat adegan film atau bahkan suasana hati saat film diputar. Hayo, kamu juga kan?

Khusus di momen Agustusan kali ini, yuk nostalgia lagu-lagu lawas bernuansa kemerdekaan yang sempat jadi ost film di Indonesia. Kalau dengar lagu ini, dijamin kenangan bakal langsung terputar di memori. Apa saja sih daftar soundtrack-nya?

Garuda Di Dadaku - Netral (OST. Garuda Di Dadaku)

Foto: Wikipedia
Garuda Di Dadaku/ Foto: Wikipedia

Garuda Di Dadaku merupakan film legendaris Indonesia yang dirilis pada tahun 2009 lalu. Disutradarai oleh Ifa Isfansyah, film yang diadaptasi dari novel Mimpi Sang Garuda ini mengangkat isu seputar mimpi seorang anak yang ingin menjadi pemain sepak bola profesional yang membela Timnas Indonesia.

Dilansir dari Wikipedia, film ini sukses besar dengan menyentuk angnka 1,2 juta penonton. Seiring dengan popularitas filmnya, soundtrack yang dinyanyikan oleh band Netral ini pun turut berada di puncak kesuksesan. Hingga kini, lagu Garuda Di Dadaku masih sering menjadi lagu "kebangsaan" ajang-ajang olahraga di Tanah Air.

Di masa-masa Agustusan saat ini, tentu saja Garuda Di Dadaku wajib banget masuk playlist nostalgia kamu.

Bendera - Cokelat (OST. Bendera)

Foto: Youtube /SonyMusicID
Bendera - Cokelat/ Foto: Youtube /SonyMusicID

Kalian pasti sudah enggak asing dengan lagu Bendera yang dipopulerkan oleh band Coklat, bukan? Yap! Lagu satu ini ternyata sempat menjadi soundtrack film Bendera di tahun 2002, lho. Film Bendera merupakan karya sutradara Nan Achnas yang berkisah tentang petualangan seorang anak bernama Budi mendapatkan bendera untuk upacara.

Meskipun filmnya tidak terlalu melejit di pasaran, namun lagu Bendera cukup sukses mencuri perhatian masyarakat Indonesia. Bahkan hingga usianya yang sudah lebih dari 20 tahun, lagu ini masih sering diputar untuk event-event kebangsaan bergengsi, termasuk acara Agustusan.

Cinta Sejati - Bunga Citra Lestari (OST. Habibie & Ainun)

Foto: Wikipedia
Habibie & Ainun/ Foto: Wikipedia

Lagu garapan dari musisi kondang Melly Goeslaw ini secara khusus menjadi soundtrack untuk film biografi populer Indonesia, Habibie & Ainun. Dipopulerkan khusus oleh Bunga Citra Lestari, lagu ini seolah menjadi lagu ikon cinta sejati di Indonesia.

Film biografi ini berkisah tentang perjalanan cinta Habibie, mantan presiden Republik Indonesia. Kesuksesan kariernya ini ternyata juga adalah peran dari sang istri, Ainun. Bahkan sampai akhir hayat, cinta mereka tetap merekah dan membuat terharu seluruh Indonesia.

Dengan memasukkan lagu Cinta Sejati di playlist, kamu tidak hanya bernostalgia tantang cinta sejati, tapi juga dengan masa-masa perjuangan Indonesia.

Indonesia Pusaka - Rossa (OST. Soekerno)

Foto: Wikipedia
Soekarno/ Foto: Wikipedia

Kisah biografi presiden pertama Indonesia, Soekarno juga sempat ditayangkan di layar lebar pada tahun 2013 lalu. Dibintangi aktor kondang Ario Bayu, Lukman Sardi, hingga Maudy Koesnaedi, film ini berkisah tentang jatuh bangun Soekarno memperjuangkan kemerdekaan.

Kisah perjuangan Soekarno memperjuangan kemerdekaan ini kemudian dipermanis dengan soundtrack lagu Indonesia Pusaka yang dinyanyikan oleh Rossa. Vokal sang penyanyi yang lembut dan khas sukses membuat semua yang mendengar lagu ini merinding. Hingga kini, lagu Indonesia Pusaka versi Rossa ini masih sering diputar di berbagai acara akbar kebangsaan hingga ajang-ajang peringatan 17 Agustus.

Memang Kenapa Bila Aku Perempuan? - Melly Goeslaw & Gita Gutawa (OST. Kartini)

Foto: Wikipedia
Kartini/ Foto: Wikipedia

Selain presiden, beberapa biografi pahlawan Indonesia juga sempat ditayangkan di layar lebar. Salah satunya adalah Ibu Kita Kartini. Kisah pahlawan yang memperjuangkan hak kesetaraan perempuan ini pun diabadikan dalam film berjudul Kartini yang diperankan oleh Dian Sastrowardoyo.

Soundtrack dari film yang berkisah tentang emansipasi ini pun juga dinyanyikan oleh perempuan. Melly Goeslaw & Gita Gutawa dengan epic berduet membawakan lagu Memang Kenapa Bila Aku Perempuan? Karena itulah, lagu ini wajib banget masuk ke playlist kamu terlebih di momen kemerdekaan kali ini.

Laskar Pelangi - Nidji (OST. Laskar Pelangi)

Foto: Wikipedia
Laskar Pelangi/ Foto: Wikipedia

Diproduseri khusus oleh Mira Lesmana, film yang pertama kali rilis tahun 2008 ini termasuk salah satu yang paling sukses. Film ini berkisah tentang perjuangan anak-anak desa demi mendapatkan pendidikan yang layak. Diadaptasi dari novel dengan judul sama, Laskar Pelangi dianggap sebagai ikon perjuangan.

Tidak hanya filmnya saja yang populer, soundtrack Laskar Pelangi juga melejit di pasaran. Dipopulerkan oleh Nidji, lagu ini akan membawa memori khusus saat dinikmati. Jadi, jangan luput memasukkan Laskar Pelangi di playlist kemerdekaan kamu ya, Beauties!

Nah, itulah beberapa soundtrack film lawas Indonesia yang bikin nostalgia di Hari Kemerdekaan. Dari daftar tersebut, mana nih favoritmu?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(dmh/dmh)