5 Rekomendasi Film Tema Kemerdekaan Indonesia, Jadikan Pilihan Kegitan Rayakan HUT Kemerdekan RI

Inilah rekomendasi 5 judul film tentang kemerdekaan Indonesia yang bisa kamu jadikan pilihan kegiatan untuk mengisi waktu di HUT Kemerdekaa RI.

5 Rekomendasi Film Tema Kemerdekaan Indonesia, Jadikan Pilihan Kegitan Rayakan HUT Kemerdekan RI

TRIBUNSTYLE.COM - Inilah rekomendasi 5 judul film tentang kemerdekaan Indonesia yang bisa kamu jadikan pilihan kegiatan untuk mengisi waktu di HUT Kemerdekaa RI. 

Pada momen hari kemerdekaan, kegiatan menonton film tentang kemerdekaan Indonesia juga dapat meningkatkan rasa nasionalis. Tak hanya itu, dalam film tentang kemerdekaan Indonesia, terdapat cerita perjuangan pahlawan yang mungkin saja belum diketahui masyarakat umum.

Banyak stasiun televisi yang menayangkan ulang film tentang kemerdekaan Indonesia pada saat suasana memperingati hari kemerdekaan Indonesia. Bagi Anda yang ingin menonton film tentang kemerdekaan, anda juga dapat menyaksikan di platform streaming digital atau televisi.

Berikut rekomendasi 5 judul film tentang kemerdekaan yang patut disaksikan, dari berbagai sumber:

hut film 2 2023
Inilah rekomendasi 5 judul film tentang kemerdekaan Indonesia yang bisa kamu jadikan pilihan kegiatan untuk mengisi waktu di HUT Kemerdekaa RI. 

1. November 1828

Film tentang kemerdekaan indonesia yang pertama adalah November 1828. Menurut kemenparekraf.go.id, film yang rilis tahun 1979 ini, disutradari oleh Teguh Karya.

Film November 1828 menceritakan tentang penduduk desa di Jawa yang memberontak melawan pemerintahan penjajahan Hindia Belanda.

Film lawas tahun 80-an ini telah memenangkan 7 penghargaan dari Festival Film Indonesia 1979 di beberapa kategori. Yaitu kategori Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Aktor Pendukung Terbaik, Sinematografi Terbaik, Tata Artistik Terbaik, Tata Suara Terbaik, dan Tata Musik Terbaik.

2. Janur Kuning 1979

Janur Kuning mengisahkan perjuangan kemerdekaan Indonesia dalam meraih kembali haknya yang direbut pasukan sekutu.

Dikutip dari tribunnewswiki.com, Janur Kuning 1979 mengangkat kisah nyata pada peristiwa bersejarah, yaitu Serangan Umum 1 Maret 1949 di Yogyakarta.

Seorang perwira muda, Letkol Soeharto, yang meyakinkan Jenderal Sudirman untuk kembali ke Yogyakarta. Film Janur Kuning pernah masuk nominasi Piala Citra kategori Aktor Pendukung Terbaik.

3. Merah putih 2009

Film Merah Putih adalah film pertama dari 'Trilogi Merdeka' yang dirilis pada 2009, dilansir oleh IMDb. Film kedua berjudul 'Darah Garuda', dirilis September 2010, dan film ketiga ' Hati Merdeka' dirilis tahun 2011.