5 Rekomendasi Film Kartun Keluarga Muslim saat Libur Lebaran

Ada banyak rekomendasi film kartun keluarga Muslim saat libur Lebaran yang bisa ditonton bersama anak-anak. Simak rekomendasinya!

5 Rekomendasi Film Kartun Keluarga Muslim saat Libur Lebaran
Jakarta, CNN Indonesia --

Ada banyak rekomendasi film kartun keluarga muslim saat libur Lebaran yang bisa ditonton bersama anak-anak.

Film kartun muslim ini, umumnya tidak hanya menjadi tontonan hiburan semata, melainkan bisa menjadi sarana belajar bagi anak untuk meneladani nilai-nilai keislaman dari tayangannya.

Kisah-kisah yang ditayangkan dalam film kartun Muslim juga beragam. Mulai dari film kisah para nabi dan rasul, ibadah sholat dan puasa, doa sehari-hari, hingga adab dalam ajaran Islam.

Dirangkum berbagai sumber, berikut rekomendasi film kartun keluarga Muslim untuk menemani momen libur Lebaran.

1. Nussa (2021)

Film NussaRekomendasi film kartun keluarga Muslim saat libur Lebaran, salah satunya Nussa (dok. Visinema Pictures/The Little Giants via Instagram @filmnussa)

Nussa merupakan film kartun Muslim yang diangkat dari serial animasi YouTube berjudul sama, arahan sutradara Bony Wirasmono.

Film ini menceritakan tentang Nussa (Muzzaki Ramdhan), seorang anak laki-laki cerdas yang sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti lomba sains perwakilan sekolah.

Awalnya Nussa sangat percaya diri dengan hasil karya sains yang ia buat dari barang bekas. Namun semangatnya mulai turun, setelah mengetahui bahwa hasil karya rivalnya lebih modern.

Nussa pun mulai kehilangan jati dirinya yang selama ini dikenal sebagai anak cerdas, pintar, kalem, dan saleh, di tengah lomba sains yang semakin dekat.

2. BILAL: A New Breed of Hero (2016)

Film kartun keluarga Muslim saat libur Lebaran selanjutnya yakni BILAL: A New Breed of Hero, garapan sutradara Khurram H.Alavi dan Ayman Jamal.

Filmnya diadaptasi dari kisah muazin pertama atau orang pertama yang mengumandangkan azan bernama Bilal bin Rabah.

Bilal (Adewale Akinnuoye-Agbaje) adalah anak laki-laki berusia 7 tahun yang mempunyai cita-cita sebagai seorang kesatria.

Selain itu, Bilal juga diceritakan sebagai salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW yang sangat menentang perbudakan, hingga tindakan penindasan.

3. Muhammad: The Last Prophet (2002)

Film Muhammad: The Last Prophet arahan sutradara Richard Rich berikut juga cocok dijadikan tontonan libur Lebaran.

Latar belakang film ini menceritakan kehidupan Nabi Muhammad SAW dan perjalanannya dalam menyebarkan agama Islam.

Tak hanya itu, filmnya juga menampilkan beberapa kisah lain seperti peristiwa Perang Badar dan Uhud, Pertempuran Palung, hingga penaklukan Mekkah.

4. The Boy and The King (1992)

The Boy and The King (1992)Rekomendasi film kartun keluarga Muslim saat libur Lebaran, salah satunya The Boy and The King (Astrolabe Pictures)

Disutradarai Dervis Pasih, film The Boy and The King mengisahkan tentang seorang anak Bernama Obaid. Ia sedang merasa bingung karena dihadapkan dengan dua pilihan jalan hidup.

Pertama, menjalani kehidupan yang serba mudah di dunia, atau kedua yaitu berjuang demi mendapat kebaikan pahala di akhirat.

Obaid ini tinggal di sebuah negara dengan masa pemerintahan tirani Raja Narsis, yang tengah mendorong rakyatnya untuk menyembah berhala.

Meski begitu, keyakinan Obaid ini mulai goyah setelah bertemu orang saleh yang membantunya meyakinkan bahwa sebaik-baiknya yang patut disembah hanya Allah SWT.

5. Syamil dan Dodo (2013)

Film Syamil dan Dodo adalah film kartun Muslim yang menampilkan kisah seputar pengetahuan Islam, termasuk doa sehari-hari, hingga akidah dan akhlak.

Film berseri ini menceritakan dua anak laki-laki bernama Syamil yang karakternya kalem, sedangkan Dodo anaknya nakal dan usil.

Kisah keduanya ditampilkan lucu selayaknya kepolosan anak-anak pada umumnya, yang sedang belajar mendalami keislaman dalam kehidupan sehari-hari.

Itulah rekomendasi film kartun keluarga muslim saat libur Lebaran yang bisa Anda tonton melalui berbagai layanan streaming, seperti YouTube, Netflix, Iflix, Amazon Prime, dan masih banyak lagi.

(avd/juh)

[Gambas:Video CNN]