KALEIDOSKOP 2023: Vote Film Favoritmu Sebagai Movie Newsmaker Tahun ini

Tidak hanya disajikan dengan konten, konsep, dan juga konteks menarik, film-film ini juga berhasil menjadi perbincangan hangat di media sosial. Mana yang menurut kalian paling ramai dibicarakan? Vote di sini.

KALEIDOSKOP 2023: Vote Film Favoritmu Sebagai Movie Newsmaker Tahun ini

Kapanlagi.com - Perfilman tanah air menorehkan banyak cerita menarik di 2023. Mulai dari nostalgia generasi milenial dengan PETUALANGAN SHERINA 2, melenggangnya BUDI PEKERTI dan GADIS KRETEK di panggung festival film kelas dunia. Sampai pada keunikan JATUH CINTA SEPERTI DI FILM-FILM dalam menyajikan kisah cinta dua orang dewasa dalam medium visual monokromatik, hitam dan putih.

Dari mancanegara ada SPIDER-MAN ACROSS THE SPIDER-VERSE yang menyajikan visual nomor wahid dalam menyampaikan cerita superhero remaja yang spektakuler tapi juga membumi. Tak lupa dengan fenomena BARBIE yang berhasil membuat internet serba pink secara visual dan tak hentinya membicarakan kritik sosial serta kesetaraan gender dalam ceritanya.

Sementara dari dokumenter tidak ada yang memecahkan internet seperti halnya ICE COLD: MURDER, COFFEE, AND JESSICA WONGSO yang membuka detail-detail baru persidangan kasus pembunuhan yang menghebohkan di 2016 lalu.

Dari sekian banyak film-film bagus yang dirilis di 2023, pilihan tim editorial KapanLagi jatuh kepada 6 judul di atas yang memang tidak hanya sukses menyajikan konten, konsep, dan juga konteks menarik, tapi juga berhasil menjadi memantik diskusi serta perbincangan hangat di media sosial. Mana yang menurut kalian paling ramai dibicarakan? Simak penjelasan kami di bawah dan pilih mana favoritmu.

*Urutan berdasarkan abjad

1. BARBIE

image

"Jika kamu cinta Barbie, film ini buatmu. Jika kamu benci Barbie, film ini juga buatmu". Slogan tersebut benar-benar menggambarkan padatnya aspek yang dibawa BARBIE untuk penontonnya. Greta Gerwig bersama sang suami, Noah Baumbach meramu kisah yang benar-benar kompleks. Tetap bisa menunjukkan sisi stereotip Barbie tapi di saat bersamaan juga relevan dengan kondisi sosial yang ada, khususnya di Amerika Serikat.

Belum lagi akting Margot Robbie, Ryan Gosling, dan Simu Liu yang menghidupkan tokoh Barbie tanpa melepaskan gestur layaknya boneka mainan juga patut diacungi jempol. Semua tersaji pas di tengah lanskap rumah-rumah yang dibuat seperti mainan raksasa dan serba pink.

Namun yang patut disorot dari BARBIE tentunya adalah upaya promonya yang berhasil membuat seisi internet terus membicarakannya. Dari wawancara cast, konten influencer, hingga kolaborasi dengan brand kecil sampai ternama benar-benar terorkestrasi baik sehingga secara organik para penikmat film atau netizen pada umumnya turut membicarakannya.

2. BUDI PEKERTI

image

Nama Wregas Bhanuteja sang sutradara masih hangat dibicarakan karena film PENYALIN CAHAYA miliknya menjadi film Peraih Piala Citra FFI 2021. Sehingga film keduanya ini menjadi film yang dinanti-nanti.

Belum lagi Wregas menggandeng dua nama populer Prilly Latuconsina serta Angga Yunanda dalam filmnya. Kedua aktor tersebut disulapnya menjadi Tita penjual baju bekas dan Muklas influencer yang berjualan online via medsos. Makin menambah rasa penasaran penonton.

BUDI PEKERTI dengan lugas dan halus menyelipkan banyak kritik sosial seputar framing, perundungan dunia digital, empati sampai integritas diri dalam film satu ini. Filmnya pun melenggang ke Toronto International Film Festival untuk menggelar world premierenya.

3. GADIS KRETEK

image

Sejak dipublikasikan untuk pertama kali, GADIS KRETEK digadang menjadi miniseri yang digarap dengan serius. Dari interstellar castnya seperti Dian Sastro, Arya Saloka, Ario Bayu, sampai Putri Marino hingga tangan dingin sutradaranya, pasangan Kamila Andini (YUNI) dan Ifa Isfansyah (SANG PENARI) menjadi jaminan akan hal itu. Terbukti GADIS KRETEK bisa menggelar world premierenya di Busan International Film Festival.

Terlepas dari cast dan sineas yang menggarapnya, GADIS KRETEK punya potensi memikat penonton lewat settingnya yang membawa kita ke dinamika industri kretek di era 60-an. Setting eksotis tersebut makin menguatkan roman dan konflik yang disajikan dalam seriesnya.

GADIS KRETEK lantas juga dibicarakan karena sosok ikonik Dasiyah dengan kebaya hitamnya. Penampilannya menginspirasi banyak parodi sampai-sampai dipakai Rina Nose saat melakukan roasting di atas panggung bersama para politisi.

4. ICE COLD: MURDER, COFFEE, AND JESSICA WONGSO

image

ICE COLD: MURDER, COFFEE, AND JESSICA WONGSO adalah salah satu film dokumenter yang kembali membuat heboh publik karena mengungkap kembali kasus Jessica Wongso setelah kasusnya menjadi headline di 2016. Dokumenter yang tayang di Netflix ini memaparkan kembali secara kronologis kasusnya serta melibatkan sejumlah ahli forensik untuk memberikan data-data pendukung.

Tidak hanya itu, dokumenter satu ini juga menghadirkan wawancara eksklusif mereka yang terlibat seperti pihak keluarga Mirna sebagai korban, barista kafe Oliver, pengamat hukum, jurnalis, hingga pihak pengacara Jessica sebagai terdakwa.

Dalam dokumenter tersebut disebutkan bahwa Jessica selama persidangan merasa dibatasi untuk bisa melakukan wawancara. ICE COLD tak bisa dipungkiri kembali memancing pembicaraan netizen yang mempertanyakan siapa sebenarnya yang bersalah dalam kasus ini.

5. JATUH CINTA SEPERTI DI FILM-FILM

image

Mengutip dialog Hana (Nirina Zubir) dalam film, "Kebayang ngga sih ada film roman yang pemerannya seusia kita (bukan remaja)". JATUH CINTA SEPERTI DI FILM-FILM menyajikan kisah upaya Bagus (Ringgo Agus) seorang penulis skenario dalam pdkt dengan Hana, cinta lamanya. Bagus menuangkan kisah pdktnya tersebut dalam skenario film.

JTSDFF secara berbeda menyajikan roman yang bukan didominasi anak SMA atau pasangan-pasangan muda, melainkan dua sejoli yang sudah berumur dan salah satunya sedang berduka karena ditinggal pergi suami untuk selamanya.

Semua itu dikemas dalam visual monokromatik yang makin menambah estetika dalam filmnya.

6. PETUALANGAN SHERINA 2

image

Nostalgic effect benar-benar terasa dalam PETUALANGAN SHERINA 2. Penonton yang menikmati duet akting Sherina dan Derby Romero di tahun 2000 benar-benar dibuat penasaran seperti apa perkembangan karakternya setelah 23 tahun berlalu.

Di tangan Riri Riza, PETUALANGAN SHERINA 2 hadir dengan setting cerita yang benar-benar beda ketike Sherina sudah menjadi jurnalis televisi sementara Sadam menjadi program director sebuah LSM. Twist yang menarik karena bisa membawa kesegaran yang berbeda dari film pertamanya.

Semua itu tentunya dihias dengan lagu-lagu yang langsung bikin content creator ramai-ramai terinspirasi.

7. SPIDER-MAN ACROSS THE SPIDER-VERSE

image

Menonton SPIDER-MAN ACROSS THE SPIDER-VERSE seperti menikmati suguhan visual dalam satu set lengkap fancy dinner, ada appetizernya, ada main course, ada dessertnya. Pasalnya film animasi satu ini menyajikan gaya-gaya visual yang berbeda sesuai dengan Spider-verse yang sedang jadi setting cerita.

Visual spektakulernya terpadu apik dengan jalinan cerita yang bikin deg-degan hingga sampai cliffhanger endingnya. Ya, SATSV memang dirancang seperti EMPIRE STRIKES BACK dalam saga STAR WARS.

Tak heran bila SATSV ini mendapat review nyaris sempurna dan ketika berita ini dibuat berhasil masuk dalam beberapa ajang penghargaan.

8. Vote Pilihanmu!

Jadi, film manakah yang kalian pilih untuk menjadi Movie Newsmaker 2023? Berikan vote kalian di sini.

https://www.newshub.id/interactive2/5027