5 Film Baru Hollywood yang Melibatkan Orang Indonesia, Bikin Bangga!

Karya internasional sineas Indonesia yang wajib diantisipasi

5 Film Baru Hollywood yang Melibatkan Orang Indonesia, Bikin Bangga!

Industri perfilman Hollywood merupakan salah satu industri hiburan yang sangat sukses di dunia. Banyak sekali film-film blockbuster yang diproduksi setiap tahunnya dengan budget dan pendapatan yang bombastis.

Karena kualitas yang baik dari setiap divisi produksinya, membuat sineas dari negara lain menjadikan industri hiburan Hollywood sebagai patokan termasuk Indonesia.

Saat ini, industri perfilman Indonesia sudah semakin sukses. Hal ini dibuktikan oleh jumlah film lokal yang diproduksi mencapai lebih dari seratus judul. Jumlah penonton yang didapatkan pun tidak main-main.

Karena kualitas film lokal yang semakin baik dari segi penulisan, penyutradaraan, bahkan akting, beberapa sineas Indonesia ini mulai melebarkan sayapnya di industri perfilman Hollywood. Berikut ini 5 film baru Hollywood yang melibatkan orang Indonesia di dalamnya.

Baca Juga: 10 Film tentang Bencana Alam dengan Sentuhan Horor, Terbaru Twisters!

1. Trigger Warning

5 Film Baru Hollywood yang Melibatkan Orang Indonesia, Bikin Bangga!poster film Trigger Warning dan sutradara Mouly Surya (dok. Netflix/Trigger Warning)(instagram.com/moulysurya)

Trigger Warning merupakan sebuah film berbahasa Inggris yang disutradarai oleh Mouly Surya. Mouly Surya adalah salah satu sutradara wanita Indonesia yang menciptakan film-film lokal yang berkualitas.

Meski film Mouly Surya terbilang sedikit, namun kualitas dari setiap film yang ia sutradarai sangat indah baik dari segi penceritaan maupun visual. Ketiga film karya Mouly Surya antara lain; Fiksi (2008), What They Don’t Talk About When They Talk About Love (2013), dan Marlina: si Pembunuh dalam Empat Babak (2017).

Ketiga film tersebut berhasil menoreahkan berbagai penghargaan di Asia maupun Eropa. Karena kesuksesan ketiga filmnya, Mouly Surya akhirnya mendapatkan kesempatan untuk membuktikan performanya sebagai sutradara dalam film Hollywood pertamanya yang berjudul Trigger Warning.

Trigger Warning merupakan film bergenre action thriller dengan durasi 1 jam 26 menit. Film ini mengisahkan seorang prajurit terlatih yang mewarisi sebuah bar sepeninggalan sang ayah.

Namun, ketika dia mengetahui kebenaran tragis di balik kematian sang ayah, dia terjebak dalam konflik antar geng yang berbahaya.

Film ini menandakan penampilan Jessica Alba setelah vakum dari dunia hiburan selama 5 tahun. Rencananya Trigger Warning akan tayang sekitar pertengahan tahun 2024 di platform Netflix seluruh dunia.

2. Ozi: Voice of the Forest

5 Film Baru Hollywood yang Melibatkan Orang Indonesia, Bikin Bangga!poster film Ozi: Voice of the Forest dan aktris Marissa Anita (dok. Appian Way Productions/Ozi: Voice of the Forest)(imdb.com/Marissa Anita)

Ozi: Voice of the Forest merupakan salah satu film animasi yang dibintangi aktris Indonesia bernama Marissa Anita.

Marissa merupakan seorang aktris, jurnalis, dan presenter yang wajahnya sering muncul di layar televisi Indonesia. Sebagai seorang aktris  ia telah membintangi banyak film Indonesia.

Beberapa diantaranya adalah; Galih dan Ratna (2017), Gundala (2019), Perempuan Tanah Jahanam (2019), dan Ali & Ratu Ratu Queens (2021). Karena kemampuannya, Marissa berhasil terlibat menjadi pengisi suara salah satu karakter film Ozi: Voice of the Forest yang bernama Kirani.

Ozi: Voice of the Forest merupakan salah satu film animasi yang diproduseri oleh salah satu aktor terbaik dunia, Leonardo DiCaprio.

Film ini bercerita tentang seekor orangutan yatim piatu yang berusaha untuk menyelamatkan hutannya dari kehancuran dengan kemampuan yang ia miliki. Isu-isu seperti pemanasan global juga menjadi salah satu topik utama dalam film ini.

Banyak bintang-bintang ternama Hollywood yang terlibat dalam film animasi ini, antara lain; Laura Dern (Marriage Story), Donald Sutherland (The Hunger Games), Amandla Stenberg (Bodies Bodies Bodies), Djimon Hounsou (Blood Diamond), Dean-Charles Chapman (Game of Thrones) dan masih banyak lagi. Film Ozi: Voice of the Forest direncanakan akan segera tayang tahun ini.

3. The Last Train to New York

5 Film Baru Hollywood yang Melibatkan Orang Indonesia, Bikin Bangga!poster film The Last Train to New York dan Sutradara Timo Tjahjanto (dok. New Line Cinema/The Last Train to New York)(instagram.com/timobros)

The Last Train to New York akan dibawakan oleh Timo Tjahjanto di kursi sutradara. Sepanjang karirnya, Timo telah melahirkan film-film aksi dan horor yang sangat bombastis.

Seperti Rumah Dara yang sangat brutal akan adegan slasher-nya, The Night Comes for Us dengan adegan aksi yang sangat mencekam, hingga yang terbaru, The Big 4 yang berhasil menggabungkan genre aksi dan komedi yang mengocok perut. Kali ini Timo sudah dalam perencanaan sebagai penulis dan sutradara dari dua film Hollywood, yaitu Under Siege dan The Last Train to New York.

The Last Train to New York sendiri merupakan remake dari film zombie Korea populer berjudul Train to Busan.

Bercerita tentang seorang ayah dan anak yang sedang dalam perjalanan kereta di tengah serangan zombie. Meskipun telah memiliki naskah, untuk saat ini film The Last Train to New York masih dalam tahap pre-produksi.

4. Mortal Kombat 2

5 Film Baru Hollywood yang Melibatkan Orang Indonesia, Bikin Bangga!poster film Mortal Kombat dan aktor Joe Taslim (dok. Warner Bros. Pictures/Mortal Kombat)(instagram.com/joe_taslim)

Mortal Kombat 2 merupakan sekuel dari film pertamanya yang dirilis pada tahun 2021. Joe Taslim kembali memerankan karakter Sub-Zero dalam Mortal Kombat 2.

Sub-Zero sendiri merupakan salah satu karakter paling ikonik dalam franchise ini. Keterampilan bela diri yang kejam dibalut dengan kekuatan es membawa karakter evil villain Sub-Zero menjadi hidup.

Mortal Kombat 2 merupakan film aksi fantasi yang berdasarkan pada franchise video game populer. Dalam musim terbarunya, film ini kembali menghadirkan kembali karakter-karakter ikonik dari game Mortal Kombat.

Selain itu, Mortal Kombat 2 akan menambah karakter Johnny Cage yang diperankan oleh Karl Urban (The Boys). Film Mortal Kombat 2 telah memulai proses syuting sejak Desember lalu dan untuk kabar perilisannya masih dirahasiakan.

5. Skyline: Warpath

5 Film Baru Hollywood yang Melibatkan Orang Indonesia, Bikin Bangga!poster film Skyline: Warpath dan aktor Iko Uwais (dok. XYZ Films/Skyline: Warpath)(instagram.com/iko.uwais)

Skyline: Warpath adalah film fiksi ilmiah Amerika mendatang yang dibintangi oleh Iko Uwais dan Scott Adkins.

Film ini merupakan instalmen keempat dalam seri film Skyline, melanjutkan cerita langsung dari Beyond Skyline (2017) dan prekuel dari Skylines (2020). Iko kembali memerankan karakter Sua yang sebelumnya berada dalam Beyond Skyline. Selain itu, Yayan Ruhiyan kabarnya juga masih ikut terlibat dalam film ini.

Film Skyline: Warpath mengambil latar waktu lima tahun setelah kejadian dalam film Beyond Skyline.

Film ini berfokus pada karakter Sua yang menemukan sebuah artefak berkekuatan magis yang dipercaya dapat mengakhiri invasi alien. Untuk saat ini, film Skyline: Warpath masih dalam proses syuting dan akan rilis pada tahun 2025.

Dari aktor, aktris hingga sutradara yang berbakat, kehadiran orang Indonesia dalam industri film Hollywood telah menarik perhatian dunia dan membuat Indonesia bangga.

Hal ini membuktikan bahwa talenta dari tanah air tidak hanya menginspirasi, tetapi juga bisa bersaing dipanggung dunia perfilman internasional. Ayo kita sambut keberhasilan mereka dengan bangga dengan selalu mendukung terus karya mereka di masa depan.

Baca Juga: 5 Film tentang Kisah Seorang Anak di Era Perang Dunia, Bikin Mewek!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.