12 Film Indonesia 2023 Terbaik di Setiap Bulan, Ada Horor dan Action!

Apakah ada film favorit kamu di daftar ini?

12 Film Indonesia 2023 Terbaik di Setiap Bulan, Ada Horor dan Action!

Di sepanjang tahun 2023, sineas Indonesia menyuguhkan film-film mereka yang beragam. Ada yang merilis film suspense thriller di tengah gempuran genre horor. Ada pula yang membawa film action terbesar.

Nah, sebelum mengakhir tahun 2023, mari kita kilas balik apa saja, sih, film Indonesia terbaik di setiap bulannya. Berikut adalah daftarnya. Keep reading!

1. Autobiography

12 Film Indonesia 2023 Terbaik di Setiap Bulan, Ada Horor dan Action!Adegan film Autobiography (dok. KawanKawan Media/Autobiography)

Autobiography menjadi salah satu pembuka film di bioskop Tanah Air. Film yang disutradarai oleh Makbul Mubarak melenggang dengan genre suspense thriller, di tengah banyaknya film horor di Januari 2023.

Sebelum tayang di bioskop, film ini mendapat banyak penghargaan di festival film internasional. Ada Festival Film Venesia 2022, Golden Horse Film Festival and Awards 2022, hingga Asia Pacific Screen Awards 2022. 

Tak sampai di sana, film Autobiography terpilih menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia di ajang Piala Oscar 2024 kategori Best International Feature. 

2. Jalan yang Jauh, Jangan Lupa Pulang

12 Film Indonesia 2023 Terbaik di Setiap Bulan, Ada Horor dan Action!cuplikan film Jalan yang Jauh Jangan Lupa Pulang (dok. Visinema Pictures/Jalan yang Jauh Jangan Lupa Pulang)

Film Jalan yang Jauh, Jangan Lupa Pulang mendapat banyak atensi publik di Februari 2023. Menjadi bagian dari NKCTHI Universe, film garapan Angga Dwimas Sasongko ini  berhasil mengalahkan film horor dan drama lainnya.

Bahkan, Jalan yang Jauh, Jangan Lupa Pulang menjadi film Indonesia terlaris nomor dua di bulan Februari 2023, dengan mendapatkan 866.367 penonton. Film ini mendapat banyak review yang penuh pujian dan positif. Banyak yang suka dengan tone warna, akting pemain, hingga alur cerita film ini. 

3. Virgo and the Sparklings

12 Film Indonesia 2023 Terbaik di Setiap Bulan, Ada Horor dan Action!Virgo and the Sparklings (screenplayproductions.co.id)

Bulan berikutnya ada film Virgo and the Sparklings yang terbaik di Maret 2023. Film ini menyuguhkan CGI dan sinematografi yang membuat penonton takjub. Diketahui, sinematografinya adalah Muhammad Firdaus, yang sudah berpengalaman dalam film-film besar lainnya.

Film Virgo and the Sparklings juga menjadi satu-satu film superhero di sepanjang tahun ini, lho. Banyak penggemar superhero Tanah Air sudah menantikan film ini, sejak tahun sebelumnya. Apalagi, Virgo and the Sparklings menjadi bagian dari Jagad Sinema Bumilangit, pasti ceritanya nyambung dengan film lainnya.

4. Sewu Dino

12 Film Indonesia 2023 Terbaik di Setiap Bulan, Ada Horor dan Action!cuplikan film Sewu Dino (dok. MD Pictures/Sewu Dino)

Sewu Dino menjadi film terlaris Indonesia di sepanjang tahun 2023, dengan jumlah penonton mencapai 4.891.609. Tak heran, jika film garapan Kimo Stamboel menjadi yang paling dibicarakan di bulan April tahun ini.

Tak hanya itu, Sewu Dino juga film yang ditunggu-tunggu penggemar setelah threads-nya viral di Twitter pada 2019 lalu. Banyak yang penasaran dengan film Sewu Dino, karena menjadi pembuka dari cerita 'Trah Pitu Lakon'. MD Pictures bakal menyuguhkan cerita lainnya dalam universe yang sama, nih. Siap?

Baca Juga: 10 Film Indonesia Terpopuler 2023 yang Tayang di Netflix

5. Hello Ghost

12 Film Indonesia 2023 Terbaik di Setiap Bulan, Ada Horor dan Action!Hello Ghost (dok. Netflix/Hello Ghost)

Hello Ghost menjadi film yang terbaik di Mei 2023. Film ini merupakan adaptasi dari Korea Selatan dengan judul film yang sama. Dalam film Hello Ghost, jajaran cast tampil berbeda dari biasanya, seperti Onadio Leonardo yang mendadak unjuk diri tanpa kumis dan berewoknya.

Perilisan Hello Ghost sempat direncanakan tayang pada 22 Oktober 2022. Namun diundur hingga akhirnya tayang pada tanggal 11 Mei 2023. Hal tersebut membuat penonton semakin penasaran dengan film Indra Gunawan, yang pernah menggarap Dear Nathan, Hijrah Cinta, hingga #BerhentidiKamu.

Film bergenre horor dan komedi ini berhasil mendapatkan 613.212 penonton. Angka tersebut menjadi yang paling tinggi di Mei 2023. 

6. Onde Mande!

12 Film Indonesia 2023 Terbaik di Setiap Bulan, Ada Horor dan Action!Onde Mande! (dok. Visinema Pictures / Onde Mande!)

Di bulan Juni, Visinema Pictures merilis film Onde Mande! dengan cerita yang unik tentang sayembara yang membuat heboh warga desa di tepi Danau Maninjau, Sumatra Barat. Mengusung daerah di Padang, sutradara dan jajaran cast film ini ternyata keturunan Minangkabau. Tak heran, jika mereka langsung menjiwai karakter masing-masing.

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Berkat cerita yang menarik, pemandangan Danau Maninjau yang menyejukkan, hingga totalitas para pemain, Onde Mande! berhasil menerobos ke kancah internasional, yakni di Far East Film Festival di Italia dalam kategori Far East in Progress.

7. Ketika Berhenti di Sini

12 Film Indonesia 2023 Terbaik di Setiap Bulan, Ada Horor dan Action!Film Ketika Berhenti di Sini (instagram.com/umayshahab)

Film Ketika Berhenti di Sini merupakan karya ke dua dari Sinemaku Pictures yang diproduksi oleh Umay Shahab. Menjadi sutradara muda, Umay menyuguhkan cerita segar di perfilman Indonesia dengan menghadirkan teknologi Augmented Reality (AR).

Berkat cerita yang menarik dan bikin penonton mewek, Ketika Berhenti di Sini berhasil mengumpulkan 1.611.005 penonton. Angka yang sangat fantastis, membuat film ini terbaik di Juli 2023.

8. Suzzanna: Malam Jumat Kliwon

12 Film Indonesia 2023 Terbaik di Setiap Bulan, Ada Horor dan Action!Film Indonesia di bulan Agustus 2023 (dok. Soraya Intercine Film / Suzzanna Malam Jumat Kliwon)

Berikutnya ada film horor yang membuat bulu kuduk merinding di bulan Agustus 2023. Apalagi kalau bukan film Suzzanna: Malam Jumat Kliwon, yang adaptasi bebas dari Malam Jum'at Kliwon pada tahun 1986.

Sang sutradara Guntur Soeharjanto ingin menampilkan sosok legendaris Suzzanna yang diperankan oleh Luna Maya. Persiapan make up prostetik sampai menggandeng sang ahli dari Rusia. Totalitas yang dilakukan tim produksi membuahkan hasil yang memuaskan, dengan mendapatkan 2.189.363 penonton.

9. Sleep Call

12 Film Indonesia 2023 Terbaik di Setiap Bulan, Ada Horor dan Action!Laura Basuki dalam Sleep Call (dok. IDN Pictures/Sleep Call)

Film selanjutnya, Sleep Call yang bukan genre horor tapi sukses membuat penonton tegang dan ketakutan. IDN Pictures menghadirkan genre suspense thriller yang jarang diangkat di industri perfilman Tanah Air. Tak heran, jika Sleep Call populer di Oktober 2023, karena dinilai membawa angin segar, di tengah banyaknya film horor.

Bukan hanya genre dan cerita yang unik, para pemainnya pun tuai pujian karena kualitas aktingnya tak main-main. Ada Laura Basuki yang sudah berpengalaman dan pemenang Piala Citra Pemeran Utama Wanita Terbaik 2020, hingga Rachel Vennya yang baru saja debut berakting.

10. Pamali: Dusun Pocong

12 Film Indonesia 2023 Terbaik di Setiap Bulan, Ada Horor dan Action!still cuts film Pamali: Dusun Pocong (dok. Lyto Pictures/Pamali: Dusun Pocong)

Pamali: Dusun Pocong digadang memiliki kualitas dan kesuksesan yang lebih daripada film sebelumnya, Pamali (2022). Dari segi cerita, penokohan, hingga jumpscare yang disuguhkan mendapatkan review yang positif dari penonton. Bahkan, menjadi terpopuler di Oktober 2023.

Tak hanya itu, Pamali: Dusun Pocong menggandeng aktor-aktor yang fresh, khususnya di perfilman horor Tanah Air. Berkat pujian-pujian tersebut, tak heran jika film ini mendapatkan 1.605.554 penonton.

11. Budi Pekerti

12 Film Indonesia 2023 Terbaik di Setiap Bulan, Ada Horor dan Action!Budi Pekerti (dok. Rekata Studio / Budi Pekerti)

Budi Pekerti berhasil jadi perbincangan penonton di November 2023. Sebelumnya, film garapan Wregas Bhanuteja sempat tayang di festival film bergengsi internasional, seperti Festival Film Internasional Toronto, dan SXSW Sydney 2023 Screen Festival.

Tak hanya bermain di festival luar negeri, Budi Pekerti juga disambut hangat di Festival Film Indonesia dengan mendapatkan 17 nominasi. Dari nominasi tersebut, film ini hanya mendapatkan dua Piala Citra, yakni Pemeran Utama Wanita Terbaik dan Pemeran Pendukung Wanita Terbaik.

Salah satu kesuksesan film Budi Pekerti berasal dari cerita yang ringan di kehidupan sehari-hari. Namun, memberikan dampak yang luas bagi banyak orang. Pesan yang ingin disampaikan bak tersalurkan dengan baik, agar netizen lebih berhati-hati dalam bersosial media.

12. 13 Bom di Jakarta

12 Film Indonesia 2023 Terbaik di Setiap Bulan, Ada Horor dan Action!Film 13 Bom di Jakarta akan tayang serentak mulai 28 Desember 2023 di seluruh bioskop Indonesia. (Dok Visinema Pictures).

Terakhir, 13 Bom di Jakarta menjadi film penutup tahun ini, yang tayang pada 28 Desember 2023. Berbeda dari film-film sebelumnya, Angga Dwimas Sasongko bak mengukir prestasi lagi dengan menghadirkan genre action, yang lebih banyak scene tebak-menembak.

Bahkan, 13 Bom di Jakarta digadang menjadi film action terbesar pada tahun 2023. Sebab, proses produksi yang dilakukan tak main-main. Seperti berkolaborasi dengan Barunson E&A, produser film Parasite pemenang Oscar 2020,

Film ini bahkan menggunakan senjata khusus, yakni roket luncur, dan senapan mesin M2 Browning Machine Gun. Diketahui senapan mesin tersebut pertama kali digunakan di perfilman Indonesia.

Bukan hanya dua belas saja, banyak film Indonesia yang menarik di sepanjang tahun 2023 ini. Apakah film favorit kamu ada di daftar di atas?

Baca Juga: 8 Film Indonesia 2023 Raih Rating Tinggi di IMDb, Rilis di Prime Video