10 Rekomendasi Film Indonesia di Hari Ibu

10 Rekomendasi Film Indonesia di Hari Ibu

10 Rekomendasi Film Indonesia di Hari Ibu
image
Jakarta: Ibu merupakan sosok spesial bagi seseorang yang tanpa kehadirannya seorang anak tidak akan bisa lahir dan tumbuh berkembang. Oleh karena itu setiap tanggal 22 Desember selalu diperingati sebagai hari ibu.
 
Sosok yang tiga kali lebih utama dibandingkan ayah ini mendapat atensi besar dalam kehidupan sehari-hari. Jasa orang tua secara umum dan ibu secara khusus tidak akan bisa digantikan oleh balas budi sebesar apa pun.
 
Kehebatan seorang ibu saat ini sudah dikemas dalam sebuah film yang menunjukkan kasih sayangnya sepanjang masa. Meski film hanya bersifat imajiner, jasa ibu tidak demikian.

Berikut 10 rekomendasi film Indonesia dalam rangka memperingati Hari Ibu.

1. Kulari ke Pantai

Film ini rilis tahun 2018. Di film Kulari ke Pantai mengisahkan seorang ibu yang mencoba membujuk anaknya yang keras kepala. Sang anak tidak memiliki hubungan yang harmonis dengan sepupunya.
[embedded content]

2. Emak Ingin Naik Haji

Film ini rilis tahun 2009. Film yang menguras emosi karena menceritakan perjuangan seorang anak yang ingin membahagiakan ibunya dengan memberangkatkan naik haji.

3. Hafalan Salat Delisa

Film yang rilis tahun 2011 ini menjadi film yang mengundang kesedihan sebab seorang ibu yang selalu berjuang untuk mendampingi anaknya, Delisa, untuk setoran hafalan. Latar belakang film ini ialah bencana tsunami Aceh tahun 2004.

4. Menunggu Bunda

Film ini baru rilis tahun 2021. Di dalamnya menyampaikan pesan bahwa posisi ibu kandung dan ibu angkat harus sama-sama dihormati, dan keduanya juga memberikan kasih sayang yang sama kepada anak yang diasuh.
[embedded content]
 

5. Susah Sinyal

Film yang disutradarai Ernest Prakarsa ini rilis pada tahun 2017. Susah Sinyal bergenre komedi tapi menceritakan perjuangan single mom.
Ellen (Adinia Wirasti) merupakan ibu satu anak yang bekerja sebagai pengacara sukses namun kurang memiliki waktu privat dengan anaknya, Kiara (Aurora Ribero).
 
Pada suatu waktu, Kiara mengalami gejolak batin karena tidak mendapat perhatian dari orang tua, bahkan harus ditangani psikolog. Hingga akhirnya Ellen tersadar dan mencurahkan segenap waktunya untuk sang anak.

6. Ibu Maafkan Aku

Film ini rilis tahun 2016 dan disutradarai oleh Amin Ishaq. Diceritakan bahwa Hartini (Christine Hakim) sebagai sosok ibu tunggal yang harus mengurus tiga anak setelah ditinggal meninggal suaminya.
 
Hingga akhirnya ketiga anaknya tumbuh menjadi anak yang sukses, tapi dia tidak ingin mengungkapkan pengorbanannya demi mereka.

7. Aku Ingin Ibu Pulang

Film yang disutradarai oleh Monty Tiwa ini rilis pada tahun 2016. Film tersebut menceritakan tentang keluarga cemara yang berubah menjadi berantakan setelah mengalami musibah.
 
Retaknya keharmonisan keluarga itu diawali ketika sang ibu, Satri (Nirina Zubir) mencuri uang di tempat kerjanya untuk biaya pengobatan sang suami. Nasib malang justru menerpa mereka.
[embedded content]

8. Bunda: Kisah Cinta 2 Kodi

Film yang rilis tahun 2018 ini menceritakan tentang gejolak batin seorang ibu apakah harus memilih keluarga atau bisnis. Selain itu, sang suami juga mengalami musibah berupa kehilangan pekerjaan.

9. Keluarga Cemara

Film yang mengundang rasa haru bagi para penontonnya ini rilis tahun 2019. Dikisahkan, seorang ibu harus memikul beban keluarga dan memberikan semangat kepada keluarganya setelah mengalami musibah rumah tangga.
[embedded content]

10. Satu Hari dengan Ibu

Film yang terakhir merupakan film yang baru rilis September 2023. Film tersebut mengisahkan hubungan antara anak dan ibu.
 
Seorang anak yang bernama Dewa (Chand Kelvin) mengalami deja vu, yang mana setiap kali dia bangun tidur selalu menyaksikan ibunya meninggal.
 
Ia lalu merasa menyesal atas perbuatannya yang menyakiti sang ibu dan memperbaiki hubungannya dengan sang ibu.
 
(Abdurrahman Addakhil)
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id