12 Film dan Serial Indonesia yang Diputar di BIFF 2023, Karya-Karya Terbaik

12 film dan series Indonesia yang diputar di Busan International Film Festival tahun 2023 dalam special program berjudul "Renaissance of Indonesian Cinema"

12 Film dan Serial Indonesia yang Diputar di BIFF 2023, Karya-Karya Terbaik

Ajang festival film bergengsi, Busan International Film Festival atau disingkat BIFF ke-28 sebentar lagi akan digelar. Festival film berskala internasional tersebut akan digelar selama 10 hari pada 4-13 Oktober 2023 mendatang di Busan Cinema Center. 

Dalam ajang festival film ini, banyak film dari beberapa negara yang akan dilombakan dan ditayangkan dari beberapa kategori yang ada. Tahun ini, pihak penyelenggara BIFF menyelenggarakan program spesial bertajuk Renaissance of Indonesian Cinema.

Program spesial Renaissance of Indonesian Cinema akan menayangkan 12 film dan serial Indonesia, baik yang sudah maupun belum dirilis. Program ini sebagai perayaan atas kebangkitan film Indonesia selama beberapa tahun terakhir yang telah melahirkan beragam film yang menarik dengan beragam genre. 

Berikut 12 film dan serial Indonesia yang tayang di BIFF 2023 yang terbagi dalam film panjang, film pendek, dan serial. 

1. Film Panjang Indonesia yang Tayang di BIFF 2023

Poster film 24 Jam Bersama Gaspar (instagram.com/visinemaid)
Poster film 24 Jam Bersama Gaspar (instagram.com/visinemaid)

Terdapat 6 film panjang Indonesia yang berkesempatan diputar di BIFF 2023. Ada 4 film yang sebelumnya telah tayang di bioskop dan 2 film tayang perdana di BIFF 2023.

Keempat film tersebut adalah Impetigore (Perempuan Tanah Jahanam) karya Joko Anwar, Posesif karya Edwin, What They Don't Talk About When They Talk About Love (Yang Tidak Dibicarakan Ketika Membicarakan Cinta) karya Mouly Surya, dan Tales of the Otherwords (Ziarah) karya BW Purbanegara. 

Keempat film tersebut dapat dikatakan merepresentasikan film Indonesia yang dibuat dari tangan dingin sineas handal dengan kombinasi akting para pemain yang tak perlu diragukan lagi. Di samping itu, keempat film tersebut memiliki premis cerita menarik dan berbeda yang beberapa di antaranya mendapat penghargaan di ajang film bergengsi. 

Sementara itu, untuk dua film yang akan tayang perdana ada 24 Jam Bersama Gaspar karya Yosep Anggi Noen dan Sara karya Ismail Basbeth. Bahkan 24 Jam Bersama Gaspar juga berkompetisi dalam Kim Jiseok Award di BIFF 2023. 

2. Film Pendek Indonesia yang Tayang di BIFF 2023

Still cuts film pendek berjudul The Sea Calls for Me (www.biff.kr/The Sea Calls for Me)
Still cuts film pendek berjudul The Sea Calls for Me (www.biff.kr/The Sea Calls for Me)

Saat ini banyak film pendek dengan kualitas bagus dan tak jarang berkompetisi dalam ajang film. Dalam program spesial Renaissance of Indonesian Cinema, terdapat 5 film pendek yang akan diputar.

Kelima film pendek tersebut adalah Basri & Salma in a Never-Ending Comedy karya Khozy Rizal, Dancing Colors karya M. Reza Fahriyansya, The Sea Calls for Me karya Tumpal Tampubolon, Vania on Lima Streett karya Bayu Prihantoro Filemon, dan Where the Wild Frangipanis Grow karya Nirartha Bas Diwangkara. 

Lima film pendek tersebut memiliki beragam premis cerita dan tak jarang mengangkat cerita berlatarkan kebiasaan atau budaya daerah setempat. Sebagai contoh, film The Sea Calls for Me karya Tumpal Tampubolon mengangkat kisah seorang anak yang merasa sendirian setelah kehilangan banyak hal karena pandemi.

Ada pula film Where the Wild Frangipanis Grow karya Nirartha Bas Diwangkara yang mengangkat isu kekerasan seksual di lingkungan masyarakat Bali yang didominasi kepercayaan Hindu. 

3. Serial Indonesia yang Tayang di BIFF 2023

Still cuts pertama dari serial Gadis Kretek (instagram.com/netflixid)
Still cuts pertama dari serial Gadis Kretek (instagram.com/netflixid)

Terakhir ada serial yang sangat dinantikan penayangannya, yaitu Gadis Kretek atau Cigarette Girl yang diadaptasi dari buku popuper berjudul sama karya Ratih Kumala. Gadis Kretek merupakan serial Indonesia original Netflix yang disutradarai oleh pasangan Ifa Isfansyah dan Kamila Andini. 

Serial Gadis Kretek mendapatkan kesempatan tayang perdana di BIFF 2023 pada program spesial Renaissance of Indonesian Cinema dan menjadi serial Indonesia satu-satunya yang diputar di gelaran bergengsi tersebut. Sementara itu, serial Gadis Kretek akan tayang pada 2 November 2023 di platform Netflix.

Itulah 12 film dan serial Indonesia yang tayang di BIFF 2023 pada program spesial Renaissance of Indonesian Cinema.

Cek berita dan artikel lainnya di GOOGLE NEWS.