10 Film Indonesia yang Tayang 2024, dari Horor Sampai Komedi

Rekomendasi film Indonesia yang tayang 2024, di antaranya Agak Laen, dan KKN di Desa Penari 2

TEMPO.CO, Jakarta - Meski 2024 baru berjalan beberapa hari, namun sejumlah film Indonesia telah dijadwalkan akan dirilis di seluruh bioskop Tanah Air pada tahun ini. Film-film tersebut mengusung sejumlah genre yang beragam, mulai dari drama, komedi, romantis, aksi, hingga horor. Bahkan, beberapa dari film tersebut merupakan spin-off dan sekuel dari film-film hit yang telah tayang sebelumnya.

Dari banyaknya film produksi dalam negeri yang akan tayang tahun ini, ada beberapa film yang telah ditunggu kehadirannya oleh pecinta sineas Tanah Air. Bahkan, perilisan film-film tersebut mendapat antusiasme yang tinggi dari masyarakat. Berikut rekomendasi film Indonesia yang tayang 2024.

1. Trinil: Kembalikan Tubuhku (4 Januari)

Rekomendasi film Indonesia yang tayang 2024 pertama adalah Trinil: Kembalikan Tubuhku. Ini merupakan film horor besutan Hanung Bramantyo yang diadaptasi dari sebuah drama radio yang meraih popularitas pada tahun 1985 silam. Film ini memiliki dialog ikonik yang diucapkan oleh Mbok Suminten, yakni "Trinil, balikno gembungku,".

Film ini bercerita tentang sepasang pengantin baru, Rara dan Sultan. Kehidupan mereka tiba-tiba berubah saat Rara mengalami kecelakaan. Teror pun dialami oleh Sultan dan Rara yang dilakukan oleh arwah bernama Trinil yang selalu meminta tubuhnya kembali.

2. Suami yang Lain (4 Januari)

Film ini dibintangi oleh sejumlah aktor dan aktris ternama Indonesia, seperti Anya Geraldine, Acha Septriasa, Morgan Oey, dan Omar Daniel. Filmnya sendiri bercerita tentang kesulitan yang dihadapi oleh keluarga Olivia dan Danan. Dalam kekacauan tersebut, seorang pria bernama Jordy yang memiliki sifat posesif masuk ke kehidupan Olivia. Keadaan ini menambah kompleksitas pada permasalahan yang tengah dihadapi oleh keluarga tersebut.

3. Sehidup Semati (11 Januari)

imageFilm Sehidup Semati. Foto: Instagram/@sehidupsematifilm

Ini adalah film yang cocok bagi Anda yang menyukai genre thriller horor. Sehidup Semati adalah film karya Upi Avianto yang bercerita tentang Renata (Laura Basuki), yang sejak kecil diajarkan bahwa peran seorang istri adalah untuk berbakti dan menjaga keutuhan rumah tangga. Namun, masalah muncul ketika suaminya yang kerap bersikap kasar, Edwin (Ario Bayu), terlibat dalam perselingkuhan.

4. Ancika: Dia yang Bersamaku 1995 (11 Januari)

Ancika adalah sebuah film yang berasal dari Dilan Universe. Sekuel ketiga dari film Dilan 1990 ini dijadwalkan rilis di bioskop pada 11 Januari 2024. Diperankan oleh Arbani Yasiz dan Zee JKT 48, film ini menceritakan kisah Dilan, seorang anggota geng motor yang menemukan cinta dalam diri Ancika. Upayanya dalam mendapatkan hati Ancika menghadapi tantangan besar karena perbedaan usia dan lingkungan yang membuat situasi semakin rumit.

5. Bu Tejo Sowan Jakarta (18 Januari)

Rekomendasi film Indonesia yang tayang 2024 selanjutnya adalah Bu Tejo Sowan Jakarta. Sebelumnya mini series Bu Tejo sempat populer dan menarik perhatian masyarakat Indonesia. Kini, ceritanya hadir di layar lebar mulai 18 Januari 2024. 

Film ini akan mengisahkan tentang Teddy yang berniat untuk menikah, namun mengalami hambatan karena prasangka terhadap asal-usul calon istrinya. Film ini mengikuti perjalanan petualangan Teddy dan komunitasnya ke Jakarta untuk mewujudkan tujuannya tersebut.

Scroll Untuk Melanjutkan

6. Agak Laen (1 Februari)

imagePoster film Agak Laen. Dok. Imajinari

Agak Laen adalah film horor komedi yang diproduseri oleh Ernest Prakasa dan Dipa Andika. Film ini mempersembahkan guyonan empat podcaster, yakni Indra Jegel, Boris Bokir, Oki Rengga, dan Bene Dion. Film Agak Laen sendiri bercerita tentang empat sekawan yang bekerja di pasar malam. Mereka adalah Jegel, Boris, Oki, dan Bene. Suatu hari, mereka harus menyembunyikan mayat pengunjung yang mati gara-gara serangan jantung.

7. Pasutri Gaje (7 Februari)

Pasutri Gaje adalah film yang diadaptasi dari webtoon populer karya Annisa Nisfihani berjudul serupa yang telah dibaca lebih dari 900 juta kali. Alurnya mengisahkan tentang pasangan suami istri bernama Adimas dan Adelia yang berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil. Kisah mereka dari awal menjadi pasangan kekasih hingga menikah pun melahirkan lika-liku romansa yang mengundang tawa.

8. 24 Jam Bersama Gaspar (14 Maret 2024)

Ini adalah film hasil adaptasi dari novel berjudul serupa karya Yosep Anggi Noen. Film ini akan menceritakan perjalanan Gaspar, seorang detektif swasta yang diperankan oleh Reza Rahadian. Dia divonis akan mati dalam 24 jam saat merencanakan perampokan di sebuah toko emas bersama lima temannya yang lain.

9. Tuhan, Izinkan Aku Berdosa

imagePoster film Tuhan, Izinkan Aku Berdosa. Foto: Instagram.
Satu lagi karya novel yang diangkat menjadi film layar lebar adalah Tuhan, Izinkan Aku Berdosa. Ini merupakan adaptasi dari novel berjudul ‘Tuhan, Izinkan Aku menjadi Pelacur’ karya Muhidin M. Dahlan. Cerita dalam film ini akan berfokus pada seorang mahasiswi bernama Kiran yang memiliki cita-cita tinggi. Sayangnya, hidupnya mulai berubah setelah dituduh menyebarkan fitnah terhadap ulama besar. Tayang pada 2024, film ini belum mengumumkan tanggal perilisannya.

10. KKN di Desa Penari 2: Badarawuhi

Rekomendasi film Indonesia yang tayang 2024 selanjutnya adalah KKN di Desa Penari 2: Badarawuhi. Ini adalah spin-off dari film KKN di Desa Penari yang telah tayang pada 2022 lalu. Pada film ini, akan diceritakan lebih jauh tentang asal usul Badarawuhi, sosok mistis yang muncul pada film sebelumnya. Belum ada jadwal resmi mengenai tanggal perilisannya, namun film ini dikabarkan akan tayang pada libur Lebaran 2024.

RADEN PUTRI| P2K.STEKOM| TEMPO

Pilihan Editor: Daftar Film Indonesia yang Tayang di Bioskop Januari 2024