10 April, 58 Tahun Lalu, Kelahiran Artis Film Panas Indonesia Meriam Bellina

HALLO.ID - Hari ini, 10 April 2023 adalah 58 tahun lalu Meriam Bellina lahir di Bandung Jawa Barat. Artis ini dulu dijuluki "Bom Seks

10 April, 58 Tahun Lalu, Kelahiran Artis Film Panas Indonesia Meriam Bellina
image

HALLO.ID - Hari ini, 10 April 2023 adalah 58 tahun lalu Meriam Bellina lahir di Bandung Jawa Barat. Artis ini dulu dijuluki "Bom Seks Indonesia" karena terbilang berani beradegan panas di zamannya saat itu. 

Meriam terlahir pada tahun 1965 dengan nama Eliza Maria Bellina Bamboe. Ia merupakan putri dari pasangan G.H. Bamboe dan Maria Theresia.

Meriam adalah aktri yang multitalenta. Mengawali karir sebagai model, penyanyi, bintang sinetron dan juga layar lebar.

Baca Juga: Inul Daratista Bersama Adam Suseno Jenguk David Ozora, Inul: Yuk Entar Lagi Kita Jalan-Jalan Sowan ke Jombang

Ia merupakan aktris termuda kedua sepanjang sejarah perfilman Indonesia yang memenangkan Piala Citra kategori pemeran utama wanita terbaik saat berusia 19 tahun pada tahun 1984 dalam film cinta di balik noda.

Dilansir Hallo.id dari Wikipedia, Selasa 10 April 2023, Pada tahun 1981  perempuan keturunan Belanda dan Sunda ini memulai karir dengan membintangi film pertamanya berjudul Perawan-Perawan.

Meriam sukses meraih penghargaan pertamanya sebagai pemeran utama wanita terbaik dalam film cinta di balik noda. Ia kembali mendapatkan piala citra melalui film taksi pada festival film Indonesia 1990.

Baca Juga: Misa Kudus Vigili Paskah, Romo: Umat Harus Berani Bangkit Seperti Kristus

Ia terbilang berani untuk melakukan adegan panas, sehingga pernah mendapatkan gelar "Bom Seks Indonesia". Adegan dalam film Roro Mendut pada tahun 1982, malah dibatalkan di Festival Film Indonesia yang diadakan di Tropenmuseum Amsterdam, karena dianggap terlalu sensual.

Sutradara Arifin C. Noer pernah menjulukinya sebagai "Magma Perfilman Indonesia" karena kepiawaiannya dalam berakting.

 

Pada tahun 1987 lewat film Catatan si Boy yang ia bintangi bersama Ongky Alexander dan Didi Petet sukses mendongkrak popularitasnya.

Baca Juga: Tanggal 10 April dalam Kalender Jawa, Islam, Weton, Serta Wuku dan Ada Peristiwa Penting Apa

Namun menyusul penurunan pendapatan dari bioskop dalam negeri, pada awal 1990-an, artis blesteran akrab dipanggil Mer ini mulai fokus bermain sinetron.

Artis senior yang dikabarkan pernah dekat dengan pengacara Hotman Paris ini menerima penghargaan Piala Vidia untuk perannya dalam serial Aku Mau Hidup pada tahun 1994.