Xiaomi Redmi Note 12 Pro Plus: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Review lengkap Xiaomi Redmi Note 12 Pro Plus meliputi spesifikasi, harga terbaru, serta kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi Note 12 Pro Plus.

Xiaomi Redmi Note 12 Pro Plus: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan
image

Xiaomi Redmi Note 12 Pro Plus menjadi salah satu smartphone yang ditunggu-tunggu kehadirannya. Smartphone ini sudah dirilis secara resmi di China dan India Januari 2023 kemarin.

Smartphone ini membawa peningkatan dibandingkan dengan Redmi Note 12 Pro, termasuk pada sector kamera 200 MP, fast charging 120 Watt hingga layar yang AMOLED yang super lembut. Smartphone ini diharapkan bisa memenuhi ekspektasi pasar untuk segala kebutuhan, mulai dari hiburan, foto-foto, streaming video hingga game.

Nah, seperti apa review Xiaomi Redmi Note 12 Pro Plus, termasuk apa saja kekurangan dan kelebihan Xiaomi Redmi Note 12 Pro Plus? Untuk lebih jelasnya, mari simak ulasan lengkapnya sebagai berikut.

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 12 Pro Plus

Umum
BrandXiaomi
Tahun RilisNovember 2022
Layar
PanelOLED
Ukuran6.67 inci
Resolusi1080 x 2400 px
Refresh Rate120Hz
PerlindunganCorning Gorilla Glass 5
Desain
Dimensi162.9 x 76 x 8.9 mm
Berat208.4 g
MaterialGlass front (Gorilla Glass 5), glass back
Pilihan WarnaArctic White, Iceberg Blue, Obsidian Black, Trend edition
Hardware
ChipsetMediatek Dimensity 1080
CPUOcta-core (2x2.6 GHz Cortex-A78 & 6x2.0 GHz Cortex-A55)
GPUMali-G68 MC4
RAM8GB/12GB
Memori Internal256GB
Memori Eksternal-
Kamera Belakang
Resolusi200 MP + 8 MP + 2 MP
FiturDual-LED dual-tone flash, HDR, panorama
Video4K@30fps, 1080p@30/60/120fps, 720p@960fps
Kamera Depan
Resolusi16 MP
FiturHDR
Video1080p@30/60fps
Software
Sistem OperasiAndroid 12
InterfaceMIUI 13
Baterai
Kapasitas5000 mAh
ChargingFast charging 120W
Jaringan
Slot Kartu SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
5GYa
WIFIWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band, Wi-Fi Direct
NFCYa
Bluetooth5.2, A2DP, LE
USBUSB Type-C 2.0, OTG
Lainnya
SertifikasiIP53
FingerprintFingerprint (side-mounted)
GyroYa

Harga Xiaomi Redmi Note 12 Pro Plus

Xiaomi Redmi Note 12 Pro Plus memang belum resmi masuk ke pasar Indonesia. Namun demikian, smartphone ini hadir dengan dua varian RAM yang berbeda, yakni 8/256 GB yang dibanderol dengan harga Rs 29,999 (sekitar 5,6 jutaan) dan 12/256 GB dengan harga RS 32,999 ( sekitar 6,1 jutaan).

Smartphone tersebut sudah bisa dibeli di India mulai 11 Januari kemarin dengan opsi warna Iceberg Blue, Arctic White, and Obsidian Black.

Kabarnya, smartphone ini sudah mengantongi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang artinya dalam waktu dekat Redmi Note 12 Pro Plus kemungkinan bisa didapatkan di pasar Indonesia.

Kelebihan Xiaomi Redmi Note 12 Pro Plus

1. Kamera 200 MP

Kelebihan Xiaomi Redmi Note 12 Pro Plus yang utama tentunya pada sektor kamera. Ya, smartphone ini dibekali dengan kamera utama 200 MP yang sepertinya menjadi trend di tahun 2023 ini.

Menariknya, kamera utama tersebut sudah mendapatkan dukungan PDAF dan Optical Image Stabilization (OIS) yang menghasilkan foto maupun video yang lebih jernih dan berkualitas. Kamera utama juga sudah mendukung perekaman video hingga 4k 30 fps dan 1080p 60fps. Mantap sih! Kamu bisa mengandalkannya untuk membuat video-video vlogging atau perekaman sederhana dengan menggunakan smartphone ini.

Bagaimana kualitas kamera 200 MP-nya? Dalam pencahayaan yang optimal, hasilnya terbilang bagus, dengan dynamic range yang baik dan background yang lembut.

Kamera utama tersebut didampingi kamera ultra-wide 8 MP dan kamera makro 2 MP.  Kamera ultra-wide cocok untuk foto bareng keluarga dan teman-teman. Dengan sudut tangkapan hingga 119-derajat, kamu bisa menggunakanya untuk tangkapan yang lebih luas.

Beralih ke kamera depan, Smartphone ini mengusung kamera 16 MP yang cukup bisa diandalkan untuk kebutuhan foto selfie dan video vlogging. Menariknya, kamera depan sudah didukung oleh gyro-EIS yang membuat video juga lebih stabil.

Xiaomi juga memberikan fitur baru, Stock Photo Editing, yang memungkinkan pengguna untuk editing langit atau awan sesuai dengan keinginan dengan mudah dan simpel.  

2. Performa Stabil

Seperti halnya Redmi Note 12 Pro, smartphone ini juga ditenagai oleh SoC MediaTek Dimensity 1080 dengan fabrikasi 6 nm. Tentunya, prosesor ini juga sudah mendukung jaringan 5G yang sudah mulai merata di berbagai wilayah Indonesia.

Chip ini hadir dengan CPU 8 inti  dengan kecepatan hingga 2.6 GHz. Dapur pacu tersebut dipadankan dengan opsi RAM 8/12 GB LPDDR4X dan juga opsi memori internal hingga 256 GB. Menariknya, Xiaomi juga memberikan opsi RAM Extension hingga 5 GB.

Memang chipset tersebut tidak dirancang untuk kebutuhan game-game berat. Namun demikian, kamu bisa main game tipis-tipis seperti PUBG Mobile, Genshin Impact, Mobile Legend hingga COD Mobile dengan lancar dan minim frame-drop.

Pengujian performa melalui AnTuTu v9 mendapatkan skor 450600 dan Geekbench 5 mendapatkan skor 746 (single-core) dan 2233 (multi-core).

Untuk menjaga suhu tetap stabil dan performanya, Xiaomi menyematkan Vapor Chamber Cooling Technology yang bekerja cukup baik. Teknologi tersebut membuat persebaran panas merata dan membuat suhu hanya anget saja setelah digunakan untuk tugas-tugas berat termasuk main game.

3. Layar AMOLED 120 Hz

Sektor layar juga menjadi kelebihan Xiaomi Redmi Note 12 Pro Plus. Hadir dengan panel AMOLED 6.67 inci dengan resolusi Full HD+ (1080 x 2400 piksel). Konfigurasi layar tersebut terbilang memanjakan mata baik untuk penggunaan harian mupun hiburan.

Layarnya juga mempunyai tingkat kecerahan 900 nits, artinya kamu bisa melihat layar dengan jelas dan detail sekalipun berada di bawah terik sinar matahari.

Smartphone ini dibekali dengan refresh rate hingga 120 Hz. Artinya, kualitas layar tersebut siap menghadirkan warna yang kaya serta pergerakan konten yang super lembut.

Menariknya, smartphone ini sudah mengusung fitur adaptive refresh rate, yang membuat layar bisa menyesuaikan kebutuhan refresh rate secara otomatis, mulai dari 30 Hz, 60 Hz, 90 Hz, atau 120 Hz. Fitur ini juga berpengaruh pada efisiensi baterai.

Suka steraming film atau nonton video? Tidak perlu khawatir, layar sudah dibekali dengan dukungan Dolby Vision dan HDR10+. Pastinya, fitur tersebut akan memanjakan mata saat kamu menikmati film terbaik di Netflix, Hotstar atau platform lainnya.

Untuk melindungi layar dari kotoran maupun goresan, Redmi Note 12 Pro ini sudah dibekali dengan Corning Gorilla Glass 5. Layarnya juga sudah didukung 240 Hz Touch Sampling Rate yang tidak ada delay-delay lagi.

4. Speaker Stereo Dolby Atmos

Xiaomi Redmi Note 12 Pro Plus hadir dengan speaker stereo yang menawarkan output suara yang tergolong baik. Kualitas suaranya cukup lantang, jelas dan dentuman bass cukup terasa.

Kamu bisa mendapatkan suara yang seimbang ketika memposisikannya secara horizontal. Baik nonton film atau main game, output suaranya bisa seimbang, rata kanan maupun kiri. Xiaomi juga masih memberikan port audio 3.5 mm untuk disambungkan ke headset atau perangkat lainnya.

Selain speaker yang mumpuni, kualitas microphone-nya juga cukup bagus. Kualitas suaranya cukup jernih dan bening saat digunakan untuk telepon hingga pengambilan video.

5. Jaminan Update Software

Xiaomi Redmi Note 12 Pro Plus berjalan dengan MIUI 13 berbasis Android 12. Memang cukup disayangkan mengapa Xiaomi tidak membekali Android 13. Namun, Xiaomi menjanjikan update software selama dua tahun. Selain itu, ada juga jaminan update system keamanan selama 4 tahun. 

Artinya, smartphone ini bisa mendapatkan jaminan update Android hingga versi 14.

Saat mengaktifkan smartphone, kamu akan mendapatkan cukup banyak aplikasi bawaan. Akan tetapi, kamu bisa menghapus aplikasi tersebut dengan mudah jika tidak dibutuhkan.

6. Baterai Besar & Charging Ngebut

Redmi Note 12 Pro Plus ditopang dengan baterai 4,980 mAh yang diklaim bisa awet seharian. Untuk penggunaan regular atau ringan, daya baterai bisa bertahan seharian dengan sekali siklus charging.

Untuk penggunaan berat, main game misalnya, daya baterai bisa bertahan hingga 5 jam nonstop. Daya tahan baterainya tergolong irit berkat prosesor Demensity 1080 yang dibangun di atas fabrikasi 6 nm.

Bagaimana dengan kemampuan charging? Tentu saja, kemampuan charging menjadi salah satu kelebihan Redmi Note 12 Pro Plus. Smartphone ini dibekali dengan charger 120 W yang super ngebut.

Ya, pengisian daya 0-100% hanya membutuhkan waktu 19 menit saja. Ini sih cepat di kelas harganya. Baterai smartphone bisa full dalam waktu yang singkat.

7. Desain Simple dan Elegan

Redmi Note 12 Pro Plus hadir dengan desain flat dengan lapisan kaca pada bagian belakang dan frame dari plastik. Pada bagian belakang, smartphone ini mempunyai modul kamera pada bagian atas kiri yang menarik perhatian. Bagian belakang juga sedikit melengkung yang membuatnya nyaman dalam genggaman.

Bobot ponselnya memang sedikit berat, 208 gram. Namun hal tersebut bisa dimaklumi mengingat kapasitas baterainya yang juga besar.

8. Dibekali IP53 Rating

Selain menghadirkan desain yang elegan, Xiaomi Redmi Noted 12 Pro Plus pastinya sudah dibekali dengan anti cipratan air dan debu. Ya, smartphone ini mengantongi rating IP53 yang standard di kelas harganya.

Hadirnya fitur tersebut membuat pengguna akan lebih aman dan nyaman ketika sering di luar ruangan, khususnya dalam kondisi gerimis atau hujan ringan. Kamu tidak perlu khawatir smartphone bermasalah karena terkena cipratan air.

Kekurangan Xiaomi Redmi Note 12 Pro Plus

1. Fitur OIS Terbatas

Meski sudah dibekali fitur OIS, namun dalam prakteknya masih ada keterbatasan. Ya, fitur tersebut tidak bekerja dengan baik ketika kamu melakukan perekaman video dengan resolusi 4k 30 fps.

Fitur tersebut bekerja dengan baik untuk menghasilkan video yang stabil dengan minim goncangan pada resolusi 1080p. Mudah-mudahan ini hanyalah masalah software, dan Xiaomi bisa mengatasinya dengan pembaruan software.

Selain itu, kamera depan juga belum mendapatkan dukungan OIS. Ini juga cukup disayangkan mengingat di kelas harganya sudah ada yang memberikan fitur tersebut.

2. Masih ada Noise saat Low-light

Dalam pencahayaan yang optimal, baik kamera utama, ultra-wide, maupun kamera depan menawarkan hasil yang mantap. Ya, detail foto terjaga, warnanya juga mendekati akurat dan dynamic range-nya juga cukup luas.

Sayangnya, pada kondisi minim cahaya, masih ada ditemukan sedikit noise dan detailnya juga berkurang. Begitu juga dengan kamera ultra-wide yang masih ditemukan cukup banyak noise saat kondisi low-light.

3. Banyak Bloatware dan Iklan

Cukup disayangkan Redmi Note 12 Pro Plus masih membawa banyak bloatware atau aplikasi bawaan. Ya, meskipun pengguna bisa meng-unsintal melalui aplikasi pihak ketiga. Namun tidak semua pengguna bisa dan mampu melakukannya.

Selain itu, smartphone ini juga masih ditemukan iklan dalam UI-nya. Ya, meskipun iklan tersebut juga bisa disembunyikan, lagi-lagi tidak semua orang bisa melakukannya. Untuk smartphone di harga 5 – 6 juta, rasanya cukup menganggu banyak bloatware dan iklan ini.

4. Tidak Ada Slot Micro-SD

Kekurangan Xiaomi Redmi Note 12 Pro Plus adalah tidak ada slot Micro-SD. Meski Xiaomi memberikan opsi penyimpanan 256 GB, namun bagi beberapa pengguna kapasitas tersebut terasa kurang lega.

Hadirnya opsi penyimpanan eksternal tersebut tentunya akan menambah kapasitas penyimpanan yang lebih besar, khususnya untuk menyimpan berkas-berkas besar, video, foto maupun berkas lainnya.

Baca Juga: