World Superbike Bakal Dihapus dari Mandalika, Menparekraf: Buat Event Lain Halaman all

Gelaran World Superbike (WSBK) berencana mau dihapus dari Mandalika karena merugi, ini respons Menparekraf Sandiaga Uno. Halaman all

World Superbike Bakal Dihapus dari Mandalika, Menparekraf: Buat Event Lain Halaman all
image

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menanggapi pernyataan InJourney soal gelaran World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) menyebabkan kerugian sehingga akan dihapus. 

Menurutnya, sirkuit Mandalika sesungguhnya berdampak positif dan harus didorong dengan berbagai kegiatan. 

"Kami mendorong lebih banyak event berkelas dunia dan internasional. Jadi kami ingin bahwa event-event ini akan menarik kunjungan wisatawan yang lebih banyak ke destinasi-destinasi seperti Mandalika," ujarnya dalam The Weekly Brief with Sandi Uno, Senin (19/6/2023). 

Baca juga:

Menurutnya, dengan penyelenggaraan event yang tepat, penuh profesionalitas dan perhitungan yang tepat, Mandalika bisa memberikan banyak keuntungan. 

"Karena dengan adanya event lebih banyak di Mandalika, kita harapkan justru Mandalika semakin tumbuh dan berkembang," imbuhnya.

Lebih lanjut, Sandiaga juga mendorong diadakannya perhelatan nasional di sirkuit Mandalika, tidak hanya mengandalkan gelaran-gelaran internasional saja. 

"Kenapa kita enggak bikin event sendiri, seperti Taliwang Superbike, atau Putri Mandalika Drag Race. Nah ini menurut saya yang harus dikembangkan," jelas dia. 

Dorong kolaborasi agar tercipta event

Merespons soal pernyataan Pemerintah Provinsi NTB mengenai pengelolaan sirkuit Mandalika, Sandiaga mengatakan bahwa sirkuit tersebut sejatinya dikelola oleh Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC).

"Sirkuit Mandalika dimiliki ITDC. Jadi fungsi dan tugas kami (Kemenparekraf) adalah bagaimana meningkatkan wisatawan dan devisa, lapangan kerja dan sebagainya. Siapa yang mengelola itu wewenang dari instansi terkait," tutur dia

Baca juga: Festival Pesona Bau Nyale 2023, Ada Tari Kolosal hingga Penobatan Putri Mandalika

Ia mengungkap, perlu adanya kolaborasi dari berbagai pihak karena mengelola sirkuit yang dibangun dengan begitu banyaknya investasi tentu memerlukan tim yang kuat.