Weekend Nih! Ini Rekomendasi 10 Tempat Wisata di Sumbar yang Populer

Weekend datang lagi nih. Tentu saja, liburan menjadi salah satu agenda rutin bagi masyarakat setelah penat beraktifitas.

Weekend Nih! Ini Rekomendasi 10 Tempat Wisata di Sumbar yang Populer
image

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Weekend datang lagi nih. Tentu saja, liburan menjadi salah satu agenda rutin bagi masyarakat setelah penat beraktifitas selama enam hari penuh.

Lalu di mana saja tempat wisata di Sumbar yang wajib masuk ke dalam itinerary kamu selama di sini? Mari simak saja daftar wisata di Sumbar yang menarik dan siapkan kamera untuk mengabadikan momen liburan ke Sumbar.

Berikut rekomendasinya dilansir dari Tiket.com:

1. Masjid Raya Sumatera Barat
Tempat wisata di Padang yang juga jadi landmark wajib untuk dikunjungi adalah Masjid Raya Sumatra Barat. Dari kejauhan, tentunya sobat tiket tahu keunikannya yang paling mencolok. Yaps, bentuknya memang didesain menyerupai Rumah Gadang, dengan ujung lancipnya.

Ujungnya ini melambangkan kain yang dipegang sudutnya oleh 4 pemimpin Suku Quraisy dalam mengangkat Hajar Aswad yang sekarang dikenal dengan Mekkah. Selain arsitekturnya yang menawan, masjid ini juga dilengkapi fasilitas umum seperti taman, ruang serbaguna, dan juga fasilitas pendidikan.

2. Pulau Siburu, Mentawai
Di arah barat daya dari Kota Padang, ada tempat yang sangat terkenal di kalangan peselancar karena ombaknya dan anginnya yang kuat. Kalau kamu suka bermain selancar, maka kamu wajib datang ke Kepulauan Mentawai.

Selain itu, kunjungi juga Pulau Siburu yang tak berpenghuni dan punya keindahan menakjubkan. Di sana, kamu bisa berenang, memancing, atau bahkan menyusuri dan berfoto di pasir timbulnya yang luas. Pastinya liburanmu di Padang makin sempurna deh di Pulau Siburu!

3. Danau Maninjau
Yuk main-main ke Danau Maninjau. Danau ini memang terkenal dengan keindahan view sekitarnya. Selain jadi destinasi wisata, keberadaan danau ini memang sangat krusial yakni sebagai pembangkit tenaga listrik, sumber irigasi, hingga perikanan masyarakat sekitar.

Pemandangan yang masih alami ini tentu saja tak boleh kamu lewatkan sebagai tempat wisata di Padang yang wajib dikunjungi. Selain itu, kamu harus coba sensasi bermain paralayang di Danau Maninjau yang pasti sangat spektakuler ya, sobat tiket!

4. Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau
Selanjutnya kita kunjungi tempat di mana semua sumber informasi dan pengetahuan tentang Minangkabau yang ada di Padang. Tempat ini merupakan kompleks rumah Gadang yang megah dan masih terawat dengan baik.

Di sini, kamu tak hanya dapat melihat dan mempelajari rumah tradisional khas Minangkabau, tapi juga mengetahui sejarah tentang Sumatra Barat, bahkan menyewa baju adatnya lho. Destinasi wisata seluas 2 hektar ini juga punya taman, kolam, hingga gazebo nyaman untuk beristirahat.

5. Pantai Pasir Jambak
Jika kamu mencari spot sunset terbaik dan paling dekat dengan pusat Kota Padang, jangan lewatkan untuk menikmati indahnya Pantai Pasir Jambak. Pantai berpasir putih kekuningan ini juga dipercantik dengan deretan gazebo dan pohon kelapanya.

Kamu bisa puas berenang, bermain pasir, atau bahkan menikmati menu seafood lezat di gazebo sambil menanti turunnya matahari. Angin sepoi-sepoi dan langit yang mulai menjadi jingga akan jadi momen liburan di Padang yang manis untuk dikenang.