Urutan Film DC Berdasarkan Tahun Rilis dan Kronologi Cerita

Bagi penonton baru yang ingin mengikuti kisah para pahlawan super DCEU, sebaiknya mengetahui urutan film DC berdasarkan tahun rilis.

Urutan Film DC Berdasarkan Tahun Rilis dan Kronologi Cerita
Jakarta, CNN Indonesia --

DC Extended Universe (DCEU) adalah waralaba film asal Amerika Serikat yang membawa karakter-karakter ikonis dari DC Comics ke layar lebar.

Bagi penonton baru yang ingin mengikuti kisah para pahlawan super ini, sebaiknya mengetahui urutan film DC berdasarkan tahun rilis.

James Gunn sebagai pimpinan DC Studios yang baru, berniat untuk me-reset DC Universe dan juga DCEU, seperti dikutip dari laman Screenrant.

Artinya, setelah film terbarunya yang dirilis pada 2023, James Gunn akan mengatur ulang DC Universe dan juga DCEU.

Urutan Film DC Berdasarkan Tahun Rilis

Kalau kamu belum sempat mengikuti cerita para superhero DC ini, simak urutan filmnya di bawah ini berdasarkan tahun rilis.

1. Man of Steel (2013)

Henry Cavill dalam film Man of Steel (2013).Urutan film DC berdasarkan tahun rilis, pertama ada Man of Steel (Warner Bros. via IMDb)

Film pertama DC adalah Man of Steel yang dirilis pada 2013. Film ini mengisahkan tentang asal mula Kal-El alias Superman atau di Bumi dikenal dengan nama Clark Kent.

Ia dikirim ke Bumi oleh orang tuanya saat Planet Krypton nyaris dihancurkan oleh General Zod. Namun saat dewasa dan mulai dapat mengontrol kekuatannnya, General Zod ke Bumi dan menemukannya.

2. Batman V Superman: Dawn of Justice (2016)

Batman V Superman: Dawn of Justice adalah film DC yang mengisahkan tentang kilas balik masa kecil Bruce Wayne (Batman) pada 1981 saat kedua orang tuanya terbunuh.

Kemudian Batman mulai curiga kepada Superman, sebab ia bukan berasal dari Bumi dan menjadi ancaman tersendiri. Pertarungan sengit pun terjadi dan membuat Superman meninggal dunia.

3. Suicide Squad (2016)

Suicide Squad (2016)Urutan film DC berdasarkan tahun rilis, ketiga ada Suicide Squad (2016) (dok. Warner Bros. Pictures via IMDb)

Setahun setelah kematian Superman, Amanda Waller memiliki rencana untuk mengatasi ancaman metahuman.

Film ini juga menampilkan kilas balik Batman yang melacak Joker dan Harley Quinn. Dengan latar waktu terjadi sebelum Man of Steel.

4. Wonder Woman (2017)

Wonder Woman yang rilis pada 2017 ini mengambil latar tahun 1918, saat pilot tentara Amerika Serikat, Steve Trevor terdampar di Themiscyra.

Dalam urutan film DC, film ini menampilkan Diana alias Wonder Woman untuk pertama kalinya. Ia mengenalkan dirinya ke dunia manusia untuk menciptakan kedamaian.

5. Justice League (2017)

Dua tahun setelah kematian Superman ternyata memicu aktifnya Mother Boxes, yakni tiga artefak terpisah dan tersembunyi yang digunakan Stepphenwolf.

Melihat hal itu, Wonder Woman mengumpulkan para superhero, seperti Batman, Aquaman, The Flash, dan Cyborg untuk menghentikan Stepphenwolf.

6. Aquaman (2018)

Jason Momoa dan Amber Heard di Aquaman (2018)Urutan film DC berdasarkan tahun rilis, keenam ada Aquaman (Warner Bros. via IMDb)

Aquaman merupakan film DC yang mengungkap asal-usul Arthur Curry, manusia bawah laut yang terbuang dan memiliki kekuatan mengendalikan air dan juga hewan laut.

7. Shazam! (2019)

Urutan film DC berdasarkan tahun rilis selanjutnya adalah Shazam! Film ini mengisahkan tentang Billy Batson, seorang anak berusia 14 tahun.

Ia mendapat kejadian misterius setelah mengucapkan mantra 'Shazam!'. Rupanya mantra itu memanggil seorang penyihir kuno yang terperangkap di kuil dimensi lain dan memberikannya kekuatan.

8. Birds of Prey (2020)

Empat tahun setelah Suicide Squad berhasil mengalahkan Enchantress, Harley Quinn dicampakkan oleh Joker.

Film ini menceritakan tentang kebangkitan Harley setelah mengalami patah hati yang penuh dengan balas dendam.

9. Wonder Woman 1984 (2020)

Wonder Woman 1984Urutan film DC berdasarkan tahun rilis, kesembilan adalah Wonder Woman 1984 (dok. DC Entertainment/Warner Bros. via IMDb)

Berikutnya adalah Wonder Woman 1984 yang dirilis pada 2020. Diceritakan, Diana bekerja di Washington DC.

Ia dijebak oleh Max Lord yang akan menjadi musuh utama dalam memperebutkan artefak penting yang berisi kekuatan.

10. The Suicide Squad (2021)

The Suicide Squad kembali lagi, kali ini mengisahkan tentang misi rahasia sekelompok supervillain yakni Harley Quinn, Peacemaker, Bloodsport, King Shark, dan 13 karakter lainnya.

11. Peacemaker (2022)

Peacemaker merupakan serial spin off dari film The Suicide Squad. Film ini menceritakan tentang Christopher Smith.

Ia berpikir bahwa untuk menciptakan kedalaman harus menghalalkan segala cara, termasuk membunuh.

12. Black Adam (2022)

Black Adam mengisahkan tentang seorang budak dari Kahndaq, Teth-Adam, yang mendapat kekuatan super dari Dewa Mesir.

Ia ditugaskan untuk menghilangkan perbudakan di Kahndaq, tetapi Teth-Adam tidak dapat mengendalikan kekuatannya dan hal itu menjadikannya anti-hero.

13. Shazam! Fury of The Gods (2023)

Zachary Levi dalam film Shazam: Fury of the Gods (2023)Urutan film DC berdasarkan tahun rilis, ketigabelas ada Shazam! Fury of The Gods (Warner Bros. via Twitter @ShazamMovie)

Di film Shazam! Fury of The Gods, dikisahkan Billy Batson, seorang remaja berusia 18 tahun yang memiliki alter ego seorang superhero.

Namun Putri-Putri Dewa Atlas turun ke Bumi untuk mencari kekuatan magis yang dicuri Shazam.

14. The Flash (2023)

The Flash menceritakan tentang perjalanan Barry Allen ke masa lalu untuk menyelamatkan ibunya. Akan tetapi hal tersebut malah membuat dunia kacau.

The Flash menjadi film terakhir DC Universe sebelum akhirnya Semesta ini di-set ulang.

Urutan Film DC Berdasarkan Kronologi Cerita

Selain mengikuti kisah film DC berdasarkan tahun rilis, kamu juga bisa menyaksikannya berdasarkan kronologi cerita. Berikut urutannya.

  1. Wonder Woman (2017)
  2. Wonder Woman 1984 (2020)
  3. Man of Steel (2013)
  4. Batman V Superman: Dawn of Justice (2016)
  5. Suicide Squad (2016)
  6. Justice League (2017)
  7. Aquaman (2018)
  8. Shazam! (2019)
  9. Birds of Prey (2020)
  10. The Suicide Squad (2021)
  11. Peacemaker (2022)
  12. Black Adam (2022)
  13. Shazam! Fury of The Gods (2023)
  14. The Flash (2023)

Itulah urutan film DC berdasarkan tahun rilis dan kronologi cerita. Selamat menonton!

(juh)

[Gambas:Video CNN]