Tips Liburan Hemat Budget ke Luar Negeri untuk Pemula

Zaman canggih dan modern seperti saat ini membuat semua hal sepertinya menjadi lebih mudah untuk dilakukan, termasuk berlibur ke luar negeri

Tips Liburan Hemat Budget ke Luar Negeri untuk Pemula
image

MEDIAPELANGI.com – Zaman canggih dan modern seperti saat ini membuat semua hal sepertinya menjadi lebih mudah untuk dilakukan, termasuk berlibur ke luar negeri. Bahkan, aktivitas satu ini sudah bukan lagi dianggap sebagai hal yang mewah dan hanya dapat dilakukan oleh kalangan atas. Ya, memang benar, tak sedikit orang beranggapan bahwa melakukan perjalanan ke luar negeri membutuhkan biaya yang mahal dan waktu pengurusan dokumentasi yang tak sebentar.

Namun, kalau berbicara tentang tiket pesawat, sebenarnya Anda bisa mendapatkan harga yang murah, tentunya melalui tiket pesawat Traveloka. Pastinya, untuk orang awam, hal ini akan terasa sangat memusingkan. Sebenarnya, liburan ke luar negeri tidak harus mahal. Anda yang ingin merasakan serunya liburan ke negeri orang dengan bujet hemat bisa mengikuti tips berikut ini.

Pilih Negara dengan Bebas Visa

Visa menjadi salah satu persyaratan perjalanan luar negeri yang bisa dibilang menghabiskan biaya dan waktu yang tidak sedikit. Belum lagi dengan banyaknya dokumen dan syarat lain yang harus Anda penuhi untuk bisa diizinkan membuat visa ke negara tujuan. Lalu, bagaimana supaya perjalanan ke luar negeri jadi lebih hemat?

Anda bisa memilih negara bebas visa sebagai destinasi kunjungan. Pilihannya cukup beragam, mulai dari India, Maroko, Turki, Tanzania, hingga negara yang termasuk dalam ASEAN. Jadi, selain tidak mengeluarkan biaya untuk mengurus visa, Anda tidak perlu menyiapkan waktu ekstra untuk proses pembuatannya.

Cari Promo Tiket Pesawat dan Hotel

Selain visa, biaya perjalanan luar negeri terbesar selanjutnya adalah tiket pesawat dan penginapan. Namun, pastinya ini tidak jadi kendala besar, karena Anda bisa memanfaatkan promo yang ditawarkan maskapai ke rute tujuan. Bahkan, beberapa maskapai dan agen perjalanan menawarkan promo gabungan tiket dan penginapan yang bisa Anda sesuaikan dengan bujet. Pastinya, ini jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan harus memesan satu per satu.

Namun, jika Anda harus memesan tiket pesawat dan hotel secara terpisah, sebisa mungkin pilihlah hotel yang lokasinya dekat dengan destinasi wisata. Jadi, Anda tidak harus mengeluarkan biaya tambahan untuk perjalanan menuju ke destinasi wisata di negara tujuan.

Siapkan Uang Tunai Negara Tujuan

Selanjutnya, jangan lupa untuk menukar uang rupiah dengan mata uang negara yang nantinya menjadi tujuan liburan Anda. Menyiapkan uang tunai bisa dibilang jadi aspek penting untuk menunjang semua kebutuhan Anda selama berada di luar negeri. Selain itu, hal ini juga menjadi tindakan antisipasi apabila di sekitar destinasi tujuan Anda tidak bisa menemukan mesin ATM.

Sekarang, seharusnya mendapatkan uang tunai negara tujuan sudah tidak sulit, bukan? Sebab, di bandara atau area sekitar biasanya terdapat jasa penukar uang. Namun, lebih baik bersiap lebih dahulu, bukan?

Tingkatkan Komunikasi Dasar Bahasa Inggris

Menjadi bahasa internasional yang paling banyak dipakai, meningkatkan kemampuan dasar bahasa Inggris jadi hal yang penting dilakukan sebelum Anda melakukan perjalanan lintas negara. Sebab, komunikasi jadi hal yang tidak mungkin dapat Anda hindari saat bepergian, apabila saat Anda berada pada keadaan genting, seperti bertanya alamat atau sekadar meminta bantuan.

Apabila telah menguasai setidaknya bahasa Inggris dasar untuk percakapan sehari-hari, Anda sebenarnya tidak harus belajar bahasa negara tujuan liburan. Tak kalah pentingnya, Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk menyewa seorang penerjemah atau pemandu wisata.

Gunakan Moda Transportasi Umum
Saat melancong ke negara lain, sebisa mungkin gunakan moda transportasi umum seperti bus atau kereta jika ada. Hindari memakai kendaraan dengan tarif sewa tinggi seperti taksi atau transportasi dari hotel. Sebab, transportasi umum pastinya punya tarif yang lebih terjangkau. Selain itu, Anda dapat berinteraksi secara langsung dengan masyarakat setempat.

Inilah mengapa, penting untuk mencari informasi sebanyak mungkin mengenai apa saja pilihan transportasi yang bisa Anda manfaatkan selama berada di negara tujuan. Termasuk jadwal, rute, dan tarif yang harus Anda bayarkan.

Buat Rencana Perjalanan

Terakhir, jangan sampai lupa untuk membuat rencana atau itinerary perjalanan. Mudahnya, rencana perjalanan ini memuat semua aktivitas dan biaya yang nantinya akan Anda keluarkan selama berlibur. Selain itu, itinerary juga mencakup destinasi wisata yang hendak dikunjungi, akomodasi yang dipilih, moda transportasi yang dipakai, sampai apa saja barang maupun oleh-oleh yang dibeli. Anda dapat melihat contoh membuat rencana perjalanan di internet supaya lebih mudah untuk acuan.

Demikian tadi tips liburan ke luar negeri hemat bujet untuk pemula yang dapat Anda ikuti. Tak hanya mendapatkan pengalaman liburan seru dan menyenangkan, Anda juga tak perlu mengeluarkan bujet berlebih untuk bepergian ke luar negeri. Supaya bisa dapat tiket pesawat dan akomodasi dengan harga yang lebih terjangkau, Anda bisa pesan langsung melalui aplikasi Traveloka. Ada banyak promo dan penawaran menarik yang bisa Anda dapatkan, pastikan penuhi kebutuhan perjalanan Anda hanya di Traveloka.