Tidak Cuma di Luar Negeri, Indonesia Juga Punya Romeo dan Juliet Versi Makassar Sampai Dijadikan Sebuah Film

Kisah Romeo dan Juliet asal Makassar tetapi berakhir tragis hingga diangkat ke layar lebar pada tahun 2018.

Tidak Cuma di Luar Negeri, Indonesia Juga Punya Romeo dan Juliet Versi Makassar Sampai Dijadikan Sebuah Film
image

MalangNetwork.com - Kisah Romeo dan Juliet cukup terkenal akan dua insan yang saling mencintai tetapi tidak bisa bersama.

Cerita tersebut mungkin lebih banyak yang mengetahuinya berasal dari luar negeri, padahal di Indonesia sendiri ada kisah Romeo-Juliet dengan ending yang sama.

Dilansir MalangNetwork.com dari akun TikTok @karuhunnusantara, cerita Romeo dan Juliet asal Indonesia itu terdapat di Makassar hingga nama keduanya dijadikan nama jalan.

Baca Juga: Berani Lewat? Ada Nama Jalan 'Korban 40.000 Jiwa' di Makassar Sulawesi Selatan, Ternyata Dulu Tempat...

Kisah itu dimulai ketika Addengareng yang merupakan kakek dari Datu Museng melarikan diri bersama cucunya itu ke daerah Sumbawa.

Di Pulau Sumbawa itulah Datu Museng tumbuh hingga dewasa, sampai akhirnya bertemu dengan Maipa Deapati di sebuah rumah pengajian.

Datu Museng pun jatuh hati kepada Maipa Deapati, tetapi keduanya tidak bisa bersatu karena ternyata perempuan itu sudah bertunangan dengan orang lain.

Maipa Deapati ditunangkan dengan seorang pangeran dari Selaparang Lombok bernama Pangeran Mangalasa.

Baca Juga: Baru Bergabung 1,5 Bulan, Victor Mansaray Pilih Angkat Kaki dari PSM Makassar, Alasannya Cukup Memprihatinkan

Alasan Maipa Deapati bertunangan dengan Pangeran Mangalasa, karena ia sendiri adalah seorang putri bangsawan.

Sebuah tradisi yang cukup sering dilakukan jika seorang putri bangsawan pasti juga akan dijodohkan dengan putra seorang bangsawan.

Kakek dari Datu Museng yaitu Addengareng yang mengetahui bahwa cucunya mencintai Maipa, akhirnya menyuruhnya pergi ke Mekkah untuk berguru.

Di Mekkah akhirnya Datu Museng mendapatkan sebuah ilmu, tapi ternyata kepergiannya justru membuat ikatan hati antara ia dan Maipa Deapati semakin kuat.