Sineas Lokal Menuju Film Komersil, Menteri Sandiaga Uno Optimistis Akan Lahir Film Indonesia Berbobot

kita harus bisa meyakinkan orang untuk bisa percaya pada kita dan mau memberikan modal pada kita sehingga kita bisa berkolaborasi dengan ban

Sineas Lokal Menuju Film Komersil, Menteri Sandiaga Uno Optimistis Akan Lahir Film Indonesia Berbobot
image

JAKARTA suaramerdeka-jakarta.com - Setelah sukses digelar di 5 kota, yaitu Yogyakarta, Bandung, Surabaya, Mataram dan Jambi, kini Festival Film Bulanan mengadakan workshop "Menuju Film Komersil" di Kota Medan akhir Juli lalu

“Menuju Film Komersil” dipilih menjadi tema pada workshop Festival Film Bulanan karena dinilai sejalan dengan visi misi Festival Film Bulanan dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk mempersiapkan sineas lokal agar memproduksi film yang memiliki nilai jual.

Sehingga bisa menghasilkan nilai ekonomi dan berdampak positif untuk masyarakat luas.

Baca Juga: Pra Kualifikasi Olimpiade 2024, Timnas Basket Indonesia Taklukkan Kazakhstan

"Kita fokus memberi pembekalan literasi industri film komersil, sehingga ketika mereka menghasilkan karya,

mereka bisa memaksimalkan dan menambah nilai karya tersebut, dengan begitu produktivitas akan meningkat dan akhirnya mereka bisa memperkuat ekosistem perfilman", ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, di Jakarta, Sabtu.

Workshop yang berlangsung selama 3 hari ini diikuti oleh 20 perwakilan komunitas film dari Aceh, Riau, Kepulauan Riau, Sumatra Utara, Sumatra Selatan, dan Sumatra Barat yang karyanya mendapatkan nilai atau poin tertinggi dari pendaftaran Festival Film Bulanan Lokus 6 lalu.

Baca Juga: Adhi Makayasa Akpol 2005, Jabat Kasubdit 4/Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya

Pemateri workshop "Menuju Film Komersil" merupakan pelaku industri perfilman nasional dan internasional seperti Rahabi Mandra (Sutradara/Penulis Naskah), Abdul Manaf (Produser),

John Badalu (Produser), Ratrikala Bhre Aditya (Editor), dan Ezra Tampubolon (Pengarah Artistik). Turut hadir pula perwakilan Founder Festival Film Bulanan, Vera Damayanti, serta perwakilan dari FlipFlop TV, Indra Agus Rahman.

Materi workshop yang diberikan meliputi produserial, desain produksi, film looks, budgeting dan manajemen produksi, penyutradaraan, post production, business plan dan selling, promosi dan distribusi, dan International Film Festival, Market & Industri.

Baca Juga: Hadiri ICAPP 2023 di Mongolia, Amanda Eyklima Perkenalkan Fesyen Kearifan Lokal Indonesia

Selain itu, dalam workshop "Menuju Film Komersil" Festival Film Bulanan juga terdapat sesi pitching bersama investor yaitu FlipFlop TV untuk mendapatkan pendanaan dan pendampingan produksi bagi proposal film terpilih.

Jadi, para peserta diwajibkan mempersiapkan proposal film yang di hari ketiga workshop akan dipresentasikan di hadapan investor. Ada juga sesi mentoring one on one bersama mentor untuk membantu peserta merancang proposal yang akan dipresentasikan.