Sebelum Oppenheimer, Nolan Sempat Bahas Batman Bareng Josh Hartnett

Christopher Nolan ngaku sempat bahas peran Batman bareng Josh Hartnett sebelum keduanya resmi kerja sama dalam Oppenheimer.

Sebelum Oppenheimer, Nolan Sempat Bahas Batman Bareng Josh Hartnett
Jakarta, CNN Indonesia --

Josh Hartnett merupakan satu dari begitu banyak bintang yang bermain dalam Oppenheimer, film terbaru sutradara Christopher Nolan. Namun, film itu ternyata bukan jadi yang pertama membuat Nolan dan Hartnett berkomunikasi soal proyek.

Christopher Nolan mengaku Josh Hartnett merupakan salah satu aktor yang berpotensi memerankan Caped Crusader dalam trilogi Batman yang ia mulai lewat Batman Begins pada 2005.

Dia mengaku sudah bertemu dengan Hartnett untuk membahas peran tersebut. Namun, kata Nolan, Josh Hartnett tidak melakukan pengujian layar untuk peran tersebut.

"Dia aktor muda yang karyanya sangat saya minati, dan saya berkomunikasi awal dengannya," ungkap Christoper Nolan dalam podcast Happy Sad Confused pada Kamis (20/7).

"Tidak pernah sejauh itu (tes layar)," tuturnya seperti diberitakan CNN.

[Gambas:Video CNN]

Josh Hartnett sudah bermain film sejak 1998 lewat Halloween H20: 20 Years Later dan masuk nominasi aktor pendatang baru terbaik Blockbuster Entertainment Awards dan MTV Movie Award.

Ia juga menjadi pemeran utama serial Cracker yang tayang sejak 1997-1999. Namun, namanya begitu dikenal berkat peran sebagai Danny Walker dalam Pearl Harbor (2001).

Nolan pun mengungkapkan Josh Hartnett kala itu ternyata lebih tertarik dengan film yang dikerjakan Jonathan, saudara laki-lakinya, yakni The Prestige.

"Dia (Hartnett) membaca naskah saudara laki-laki saya, The Prestige, dan lebih tertarik terlibat untuk proyek itu," ungkap Nolan.

Pada akhirnya, karakter Bruce Wayne atau Batman dipercayakan kepada Christian Bale hingga The Dark Knight Rises pada 2012. Bale pun pada akhirnya juga terlibat dalam The Prestige yang juga diarahkan Christopher Nolan.

Sedangkan Hartnett, tanpa penjelasan dari Nolan, tak terlibat dalam The Prestige. Kerja sama pertama keduanya pun akhirnya baru terealisasi dalam Oppenheimer.

Dalam film itu, Josh Hartnett berperan sebagai Ernest Lawrence, salah satu sahabat Oppenheimer yang terlibat dalam Proyek Manhattan sejak awal. Ia bertugas memisahkan elektromagnetik bom atom.

Josh Hartnett sebagai Ernest Lawrence di film Oppenheimer. (OPPENHEIMER, written, produced, and directed by Christopher Nolan.)Josh Hartnett sebagai Ernest Lawrence di film Oppenheimer. (Universal Pictures/Melinda Sue Gordon)

Tak hanya Hartnett, Cillian Murphy yang kini jadi bintang utama Oppenheimer juga pernah dipertimbangkan untuk peran Bruce Wayne dalam Batman Begins.

Dalam wawancara bersama Entertainment Weekly pada Mei 2023, Nolan mengonfirmasi hal itu, tapi pada akhirnya dipercayakan peran Jonathan Crane atau yang dikenal sebagai Scarecrow dalam Begins.

Kini, Cillian Murphy dipercayakan peran J. Robert Oppenheimer, fisikawan yang memimpin para ilmuwan dalam Proyek Manhattan untuk mengembangkan senjata nuklir pertama. Ia dijuluki Bapak Bom Atom.

Oppenheimer sudah tayang di bioskop Indonesia sejak 19 Juli. Namun, film itu baru tayang perdana serentak di AS pada 21 Juli.

[Gambas:Youtube]

(chri)