Rekomendasi 5 Film Indonesia Terbaik Sepanjang Tahun 2023

Deretan film Indonesia terbaik sepanjang tahun 2023 ini mungkin nggak begitu hype, tapi saya berani jamin film-film ini layak ditonton.

Rekomendasi 5 Film Indonesia Terbaik Sepanjang Tahun 2023
image

Jelang pergantian tahun, rasanya kurang afdal kalau belum bikin daftar film Indonesia terbaik tahun 2023. Ya, kan?

Sepanjang tahun 2023, ratusan film garapan sineas tanah air tayang di bioskop. Lagi-lagi, yang mendominasi adalah film dengan genre horor. Bahkan, film Indonesia terlaris sampai detik ini, yang meraup 3,4 juta penonton setelah 13 hari penayangan, juga diraih oleh film horor. Itu lho film yang judulnya Sewu Dino. Sudah nonton?

Sebagai seorang penikmat film, saya selalu berprinsip bahwa film laris belum tentu bagus. Akui saja, kamu juga pasti pernah kan nonton film yang di-hype-in seantero jagat, tapi setelah ditonton, “B” pun tidak. Berasa kayak kena prank. Namun, jangan khawatir, perasaan “bak kena prank” tidak akan kamu dapatkan saat menonton kelima film ini. Ladies and gentlemen, inilah 5 film Indonesia terbaik sepanjang tahun 2023, yang akan saya mulai dari posisi paling buncit.

Daftar Isi

#5 Film Indonesia terbaik tahun 2023 yang sayang dilewatkan, Ganjil Genap

Tiap karakter film Ganjil Genap punya kelemahan dan tak jarang bikin penonton merasa kesal. Bahkan, karakter Aiman (Oka Antara) yang kelihatan kayak orang bener saja, ternyata menyimpan rahasia.

Adalah Ganjil Genap. Sebuah film romantis sekaligus lucu yang bercerita tentang bagaimana patah hati bisa mengubah seseorang menjadi pribadi lebih baik ataupun buruk.

[embedded content]

#4 Sebenarnya plot film Sleep Call bisa ditebak dengan mudah, tapi tetap dikemas apik

Film yang dibintangi oleh Laura Basuki adalah film yang tidak boleh dilewatkan, termasuk Sleep Call. Sleep Call bukanlah film thriller. Menurut saya, film Indonesia satu ini lebih cocok disebut sebagai film drama psikologis. Bagaimana tidak? Sepanjang durasi, kita diajak untuk mengikuti alur emosi tokoh Dina (Laura Basuki).

Meski secara plot dan twist sebenarnya mudah ditebak, namun kegundahan-kegundahan yang dimunculkan tertata dengan rapih. Menonton Sleep Call membuat kita seperti melihat karakter manusia pada umumnya, yang ketika berada di titik dilematis mampu melakukan apa pun untuk bertahan. Saya masukkan film ini sebagai salah satu film Indonesia terbaik tahun ini.

[embedded content]

#3 Salah satu film Indonesia terbaik tahun ini yang sayang dilewatkan begitu saja adalah Kembang Api

Selanjutnya, tontonlah film Kembang Api besutan sutradara Herwin Novianto. Kembang Api berkisah tentang empat manusia putus asa yang berkumpul di dalam sebuah gudang. Mereka berencana untuk mengakhiri hidup bersama-sama dengan cara meledakkan sebuah bola besar. Namun, yang terjadi selanjutnya sungguh di luar dugaan. Ketika bola diledakkan, keempatnya justru terjebak dalam sebuah peristiwa aneh.

Dengan sinematografi yang sederhana dan dialog-dialog yang mengalir lancar, penonton akan dibuat hanyut dengan perasaan masing-masing pemainnya. Tiap karakter juga memberikan banyak sudut pandang yang membuat durasi film jadi tak terasa membosankan.

[embedded content]

#2 Budi Pekerti, film yang berhasil memborong 17 nominasi pada FFI 2023

Film yang disutradarai oleh Wregas Bhanuteja ini mengisahkan tentang seorang guru Bimbingan Konseling (BK), bernama Prani yang diperankan oleh Sha Ine Febriyanti. Bu Prani mendadak viral di jagat maya lantaran video 15 detik tentang dirinya. Video tersebut membuat banyak orang salah paham hingga membuat dunia Bu Prani dan keluarganya tak lagi sama. Mereka menjadi korban dari cancel cuture masyarakat.

Film Indonesia satu ini sungguh menarik dan wajib untuk kamu tonton. Tak heran kalau Budi Pekerti jadi film Indonesia terbaik dan memborong 17 nominasi pada Festival Film Indonesia (FFI) tahun ini.

[embedded content]

#1 Urutan pertama film Indonesia terbaik 2023 diisi oleh Jatuh Cinta Seperti di Film-Film

Ini dia film yang layak mendapatkan predikat peringkat satu sebagai film Indonesia terbaik tahun 2023. Tiada lain adalah Jatuh Cinta Seperti di Film-Film. Jatuh Cinta Seperti di Film-Film berkisah tentang Bagus, seorang penulis naskah film yang tidak sengaja bertemu lagi dengan teman SMA-nya, Hana. Setelah reuni tersebut, Bagus dan Hana menjadi teman dekat, bahkan Bagus mulai jatuh cinta kepada Hana. Untuk menyatakan cintanya, Bagus nekat membuat naskah film yang berisi tentang interaksinya bersama Hana.

Berhubung dua karakter utamanya merupakan pasangan berusia matang, kamu tidak akan menemukan kisah cinta menye-menye di sini. Kisah cinta yang ditampilkan adalah kisah cinta yang realistis. Tak ada rayu berlebih. Dialog tokoh-tokohnya terdengar seperti saat kita mendengarkan percakapan orang dalam kehidupan sehari-hari.

[embedded content]

Mungkin kamu akan bertanya-tanya, “Kenapa nggak ada film horor dalam daftar film Indonesia terbaik tahun ini?” Jawabannya: maaf, bukannya saya tidak suka film horor, tapi menurut saya film horor sepanjang tahun 2023 ini tidak ada yang istimewa. Justru masih lebih horor kisah kita bertahan di dunia kerja. Eh, kita? Elu aja kali~

Penulis: Dyan Arfiana Ayu Puspita
Editor: Intan Ekapratiwi

BACA JUGA 8 Film Indonesia yang Berhasil Tembus 4 Juta Penonton dan Cocok untuk Tontonan Libur Natal.

Terminal Mojok merupakan platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi jamaah mojokiyah menulis tentang apa pun. Submit esaimu secara mandiri lewat cara ini ya.

Terakhir diperbarui pada 27 Desember 2023 oleh