Profil dan Perjalanan Karir Arafah Arianti, Komedian Muda yang Berbakat dan Punya Karakter Suara Unik

Semenjak lulus menjadi juara kedua SUCA season 2 tahun 2016, Arafah Arianti semakin eksis di cukup banyak bidang terutama di dunia perfilman hingga membuat para netizen penasaran dengan profil dan biodatanya.

Profil dan Perjalanan Karir Arafah Arianti, Komedian Muda yang Berbakat dan Punya Karakter Suara Unik

Kapanlagi.com - Pasti kamu gak asing dengan nama Arafah Rianti, seorang gadis berhijab yang memiliki senyuman manis dan bersuara unik. Lebih lagi Ia berprofesi sebagai seorang komika sekaligus komedian yang mengawali karir mulai dari tahun 2016.

Arafah lahir di Depok pada 2 September 1997 dan Ia semakin dikenal setelah dinobatkan menjadi juara kedua atau runner up dalam sebuah ajang kompetisi Stand Up Comedy 2 yang diadakan pada tahun 2016 silam. Kemudian setelah kelulusannya di SUCA 2 ini Ia mendapatkan banyak tawaran dari televisi untuk menjadi pengisi acara.

Bahkan selain menjadi komedian dan komika, ia juga terjun di dunia akting hingga memerankan cukup banyak judul film, sinetron, hingga ftv. Seperti di film Cek Toko Sebelah (2016), Generasi Kocak: 90an Vs Komika (2017), dan masih banyak lagi yang lainnya. Penampilannya yang cantik menawan dan berkarakter suara yang unik menjadi ciri khas Arafah di dunia hiburan. Jadi selanjutnya cek langsung profil Arafah Rianti dan bagaimana perjalanan Ia merintis karirnya di bagian berikut ini!

•

1. Profil dan Biodata Arafah Rianti

image

Berikut ini adalah profil dan biodata singkat dari Arafah Rianti yang merupakan komedian cantik dan bersuara unik, jebolan SUCA season2 (2016):

Nama asli dan nama panggung : Arafah Rianti

Nama panggilan : Arafah

Kelahiran : Depok, Jawa Barat, 2 September 1997

Kewarganegaraan : Indonesia

Agama : Islam

Pekerjaan : stand up komedian, aktris, presenter, dan youtuber.

Media sosial: Ia juga aktif di beberapa akun sosial media seperti di twitter @arafahrianti02 , kemudian TikTok @arafahrianti02 , dan Instagram @arafahrianti serta di akun YouTubenya yang bernama Arafah Rianti Official.

 

2. Kehidupan Pribadi Arafah Rianti

image

Arafah merupakan anak kedua dari tiga bersaudara. Ia mempunyai seorang kakak laki-laki serta seorang adik perempuannya bernama Halda Rianta. Arafah merupakan lulusan dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta pada Program studi Sarjana Manajemen Pendidikan.

 

3. Perjalanan Karier Arafah Riant

image

  •  Bergabung di SUCA 2 dan Dimentori Oleh Mo Sidik  
Berawal dari stand up comedy karena sering menyaksikan acara tersebut terutama Raditya Dika dan Indra Frimawan yang menginspirasinya. Diketahui dari beberapa sumber menyebutkan bahwa pada dasarnya Arafah adalah orang yang pemalu dan jarang berbicara di depan orang banyak, namun ingin mencoba hingga kemudian pernah suatu kali berbicara di depan orang banyak saat di kampus meskipun hasilnya tidak terlalu lucu. Selanjutnya bergabung dengan Stand Up Indo Depok kemudian Arafah mengikuti kompetisi-kompetisi kecil stand up comedy hingga sempat memenangkan beberapa diantaranya. Dan kabar baiknya saat Arafah mengikuti audisi Stand Up Comedy Academy musim kedua (SUCA 2) di Jakarta, Ia pun lolos sebagai salah satu dari 42 finalis SUCA 2 tahun 2016. Mulai dari situlah Ia dikenal sebagai kontestan wanita yang cantik berhijab dengan suara unik yang mengundang tawa dan materinya yang absurd ketika ber stand up comedy.  

Selama di SUCA 2 ini Ia dimentori oleh Mo Sidik dan mulai belajar dan terus berlatih. Di sisi lain disebutkan bahwa Ia juga pernah melewati proses kehidupan karirnya menjadi mulai penjaga rental PS hingga menjalani kesehariannya yang bisa menjadi inspirasi idenya untuk menulis naskah komedi selama proses di SUCA 2 ini dan hingga akhirnya mencapai babak grand final bersama Aci Resti dan Hernawan Yoga dimana akhirnya ia menjadi runner up SUCA 2.  Wah mantap!

4. Fakta Unik Arafah Rianti Yang Lainnya dan Perjalanan Karir Selanjutnya

  • Karakter Dengan Gaya Komedi Indra Frimawan, Idola Arafah Rianti
Dikenal sebagai Arafah dengan gaya komedi yang absurd, imajinasi liar dan tinggi serta didukung dengan suara unik dan logat polosnya, materinya ini pun sampai kepada para penonton dengan sukses mengundang tawa yang pecah. Bahkan mendapatkan pengakuan dari Ernest Prakasa hingga Raditya Dika yang menyatakan bahwa tingkat keabsurdan Arafah mampu melebihi komika-komika dengan tipe yang sama sebelumnya. 
  • Karir Arafah Rianti Setelah Lulus dari SUCA 2  
Ternyata Arafah juga sudah sudah cukup banyak juga mengambil bagian penting di beberapa film, serial televisi, serial web, acara televisi, FTV, hingga pernah juga berkesempatan untuk menjadi model video klip lagu Fatin Shidqia dan Ghea Indrawari yang berjudul Bukan Kamu (2022). Sementara itu, film perdana yang pernah Ia perankan adalah di film Cek Toko Sebelah (2016) ketika Ia memerankan tokoh Tini. Kemudian pada tahun 2017, Ia bermain peran di beberapa film seperti pada film Generasi Kocak: 90an Vs Komika, Suami untuk Mak, Flight 555, Lima Penjuru Masjid, dan film Insya Allah Sah 2 yang tayang sekitar tahun yang sama. Pada tahun 2018, Ia bermain peran pada film DOA (Doyok-Otoy-Ali Oncom): Cari Jodoh, Gila Lu Ndro!, Milly & Mamet: Ini Bukan Cinta & Rangga. Lalu di tahun 2020 Ia memerankan tokoh Aurel pada film 100% Halal dan juga film Ghibah (2021). Sementara itu, Arafah juga pernah muncul di serial televisi pada serial Nongkrong di Warung Kopi (2016), 3 Jolay (2017),  Montir-Montir Syantik (2019), Pesantren Rock n' Dut (2020), hingga film berjudul Kun Anta: Mendadak Santri pada tahun 2021.

Ditambah juga acara televisi sebagai peserta pada 2016 lalu hingga menjadi pengisi dan pembawa acara dari tahun 2018 hingga yang terbaru tahun 2023 menjadi pengisi dan pembawa acara di acara Pengen Beken dan Healing Travel. Ia juga pernah memainkan film FTV di beberapa judul seperti Maju Salah, Mundur Makin Salah (2017), Sahabat Sehidup Sejaim (2021), dan Lapor Pak!: Telegram Rahasia (2022). Wah keren banget ya, ternyata Arafah berbakat yang berawal dari seorang pelawak di SUCA musim kedua sampai menjadi bintang di beberapa film, serial web, serial dan acara televisi, hingga menjadi model video klip artis lainnya. Wow dan kerennya juga di tahun 2017, Arafah Rianti berhasil mendapatkan nominasi sebagai Selebriti Pendatang Baru Paling Memikat di acara Infotainment Award dan pada 2022 Arafah Rianti juga memeroleh penghargaan atas nominasi Komika Terfavorit pada ajang Indonesian Comedy Awards 2022.

Nah, jadi itulah tadi profil dan biodata lengkap Arafah Rianti yang merupakan seorang stand up komedian Indonesia yang cantik, bersuara unik, serta punya segudang bakat.