Penulis Film Barbie Absen di Premier Demi Dukung Aksi Mogok Penulis

Salah satu penulis film Barbie absen dari menghadiri acara premier di Los Angeles demi mendukung gerakan aksi mogok penulis Hollywood.

Penulis Film Barbie Absen di Premier Demi Dukung Aksi Mogok Penulis
image
Jakarta, CNN Indonesia --

Salah satu penulis film Barbie, Noah Baumbach, absen dari menghadiri acara premier film tersebut yang digelar di Los Angeles, Amerika Serikat, pada Minggu (9/7) waktu setempat.

Greta Gerwig, selaku sutradara dan penulis, menjelaskan alasan pasangannya tak hadir dalam acara tersebut karena mendukung gerakan mogok kerja penulis Hollywood.

"Rekan penulis, kreator, pasangan saya dalam cinta dan seni, Noah Baumbach tidak hadir di sini," kata Greta Gerwig di The Shrine Auditorium, seperti diberitakan Variety pada Minggu (9/7).

"Dia dengan semangat mendukung perjuangan Writers Guild of Amerika," lanjutnya.

Greta Gerwig dan Noah Baumbach merupakan pasangan kekasih yang bekerja sama dalam menulis naskah film Barbie.

Film Barbie, kata Gerwig, tak bakal terwujud tanpa bantuan Baumbach. Gerwig bahkan mengungkapkan bahwa pasangannya itu merupakan penggemar boneka Barbie.

"Dia adalah Barbie girl," ujarnya.

"Tidak ada [dalam film] Barbie yang bisa terjadi tanpa dirinya. Dan tidak ada yang bakal terjadi di Hollywood tanpa penulis," imbuh Gerwig.

Film Barbie menggelar acara premier di The Shrine Auditorium, Los Angeles, pada Minggu (9/7) waktu setempat.

Dalam acara tersebut, dua pemeran utama film Barbie, yaitu Margot Robbie dan Ryan Gosling, tampak hadir. Robbie mengenakan gaun berwarna hitam, sementara Gosling mengenakan setelan berwarna pink.

Jajaran pemeran lain, seperti Dua Lipa, America Ferrera,Issa Rae, Hari Nef, Simu Liu, hingga Michael Cera juga turut meramaikan acara tersebut.

Di sisi lain, para penulis Hollywood yang tergabung dalam Writers Guild of Amerika (WGA) sedang melancarkan aksi mogok kerja yang sudah berjalan sejak awal Mei lalu.

Aksi mogok ini dilakukan untuk menyuarakan tuntutan WGA kepada perusahaan tempat kerja mereka, termasuk studio produksi. Mereka menuntut soal kesempatan kerja hingga kelayakan upah.

Sementara itu, film Barbie dijadwalkan tayang pada 19 Juli mendatang di Indonesia lalu diikuti di Amerika Serikat pada 21 Juli 2023.

(pra)

[Gambas:Video CNN]