Mengingat 8 Geng Terkuat di GTA: San Andreas

Sambil bernostalgia, mari mengingat geng apa saja yang menjadi kelompok terkuat dalam cerita GTA: San Andreas lewat artikel ini, yuk!

Mengingat 8 Geng Terkuat di GTA: San Andreas

Berbicara tentang GTA: San Andreas memang seolah tidak akan ada habisnya. Berbagai hal tentang game ini selalu saja menarik untuk diulik. Salah satu yang seru untuk dibahas adalah tentang geng yang ada di San Andreas.

Seperti yang diketahui, game ini berlatar di negara bagian San Andreas yang merupakan versi parodi dari California. Latar waktunya adalah pada awal 1990-an, di mana pada saat itu banyak geng jalanan yang bermunculan.

Di GTA: San Andreas ini ada cukup banyak geng yang ambil bagian dalam alur cerita. Geng-geng tersebut saling berebut wilayah dan melakukan kegiatan kriminal yang melawan hukum. Nah, sambil bernostalgia, mari mengingat geng apa saja yang menjadi kelompok terkuat dalam cerita GTA: San Andreas lewat artikel ini, yuk!

1. Grove Street Families

Mengingat 8 Geng Terkuat di GTA: San AndreasGrove Street Families (dok. Rockstar Games/GTA San Andreas)

Ini dia geng yang paling terkenal dalam GTA: San Andreas. Grove Street Families merupakan geng tempat sang protagonis utama, Carl Johnson (CJ) bernaung. Grove Street Families bermarkas di distrik Grove Street atau lebih tepatnya di wilayah Ganton. Pemimpin Grove Street Families di awal permainan adalah Sean "Sweet" Johnson, kakak CJ. 

Geng ini mengalami kekacauan dan melemah ketika ibu dari Sweet dan CJ ditembak hingga tewas oleh geng rival. CJ yang kembali dari Liberty City bertekad untuk membangun kembali Grove Street sekaligus membalaskan dendam kematian ibunya. Warna kebanggaan Grove Street adalah hijau.

Baca Juga: 5 Game Android Gratis Mirip GTA San Andreas, Wajib Coba!

2. Ballas

Mengingat 8 Geng Terkuat di GTA: San AndreasBallas (dok. Rockstar Games/GTA: San Andreas)

Ballas merupakan salah satu geng jalanan terkuat di Los Santos. Ballas juga menjadi rival utama dan musuh bebuyutan Grove Street Families. Para anggota Ballas memandang Grove Street Families sebagai musuh sekaligus ancaman. Mereka lalu menyusun siasat licik dengan bekerja sama dengan Big Smoke dan Ryder untuk menghancurkan Grove Street Families dari dalam. 

3. Los Santos Vagos

Mengingat 8 Geng Terkuat di GTA: San AndreasLos Santos Vagos (dok. Rockstar Games/GTA: San Andreas)

Los Santos Vagos merupakan geng kriminal jalanan yang wilayah kekuasaannya cukup luas di daerah Los Santos. Warna kebanggaan mereka adalah kuning. Aktivitas Los Santos Vagos biasanya tindakan kriminal, seperti perdagangan narkoba, perampokan, sampai melakukan tindakan kekerasan. Geng ini dihuni oleh orang-orang keturunan Latin, terutama imigran Meksiko. Dalam game, geng ini kerap menghalangi CJ untuk mencapai tujuannya. 

4. Varrios Los Aztecas

Mengingat 8 Geng Terkuat di GTA: San AndreasVarrios Los Aztecas (dok. Rockstar Games/GTA: San Andreas)

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Varrios Los Aztecas adalah musuh bebuyutan Los Santos Vagos. Mereka sering melakukan kegiatan ilegal, seperti mengedarkan narkoba dan perampokan. Geng ini juga merupakan salah satu sekutu Grove Street Families. CJ sebagai protagonis utama akan berinteraksi dengan geng ini dalam beberapa misi untuk saling mendapatkan keuntungan.

5. San Fiero Rifa

Mengingat 8 Geng Terkuat di GTA: San AndreasSan Fiero Rifa (dok. Rockstar Games/GTA: San Andreas)

San Fiero Rifa merupakan salah satu geng kriminal terkuat di Kota San Fierro. Pemain akan bertemu dengan geng ini ketika sudah mencapai wilayah San Fierro dan akan menjadi penghalang tujuan CJ sebagai karakter utama. Geng dengan warna dominan merah ini bersaing dengan geng yang berbasis di San Fierro lainnya yaitu Da Nang Boys dan Triad.

Baca Juga: 5 Alasan GTA: San Andreas Masih Banyak Dimainkan hingga Sekarang

6. Triad

Mengingat 8 Geng Terkuat di GTA: San AndreasTriad (dok. Rockstar Games/GTA: San Andreas)

Triad adalah geng kriminal di San Fierro yang sangat kuat dan berbahaya bagi para anggota geng lainnya. Triad adalah geng yang anggotanya merupakan imigran berdarah China. Triad memiliki bisnis kriminal yang cukup besar sehingga punya pengaruh yang signifikan di GTA: San Andreas sehingga Triad menjadi antagonis yang cukup menyebalkan bagi para pemain.

7. Da Nang Boys

Mengingat 8 Geng Terkuat di GTA: San AndreasDa Nang Boys (dok. Rockstar Games/GTA: San Andreas)

Ini adalah salah satu geng terkuat di San Fierro yang selalu berseteru dengan Triad. Para anggota Da Nang Boys merupakan imigran keturunan Vietnam. Mereka terlibat persaingan besar dan peperangan dengan geng Triad. Selain melakukan pengedaran narkoba, bisnis geng ini adalah memperdagangkan manusia. Da Nang Boys menjadi salah satu geng yang harus dilawan oleh CJ sebagai karakter utama GTA: San Andreas.

8. Russian Mafia

Mengingat 8 Geng Terkuat di GTA: San AndreasRussian Mafia (dok. Rockstar Games/GTA: San Andreas)

Russian Mafia merupakan salah satu geng yang berkuasa di Las Venturas. Mereka melakukan aksi kriminal seperti pemerasan, perdagangan senjata, narkoba, dan aktivitas melawan hukum lainnya. Meski Russian Mafia merupakan antagonis minor, peran mereka cukup berkesan dalam game ini. CJ harus berinteraksi dalam beberapa misi dengan geng ini, baik itu sebagai musuh maupun sekutu.

Sebenarnya, ada beberapa geng lainnya di dalam game GTA: San Andreas. Namun, kedelapan geng di atas merupakan geng terkuat berdasarkan peran mereka yang cukup penting dalam alur cerita game ini. Secara keseluruhan, dua geng utama yang paling diingat oleh para pemain adalah Grove Street Families dan Ballas.

Baca Juga: 7 Alasan Mengapa GTA IV Kalah Populer dari GTA V dan San Andreas

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.