Meneropong Tren Film Indonesia 2024, Horor Masih Mendominasi?

Setiap negara memiliki referensinya masing-masing. Namun untuk Indonesia, akan ada genre yang beragam dan bervariasi hadir di industri film tahun ini.

Meneropong Tren Film Indonesia 2024, Horor Masih Mendominasi?
image
Beragam genre film dihadirkan sepanjang 2023. Apakah ada tren baru pada 2024 ini?
 
Pada tahun kemarin, genre film horor berhasil mendominasi seluruh bioskop di Indonesia. Hampir semua film horor menduduki urutan sepuluh film Indonesia terlaris 2023, tidak termasuk Air Mata di Ujung Sajadah, 172 Days, dan Petualangan Sherina 2 yang menduduki posisi ketiga, keempat, dan kelima.
 
 
Meski begitu, Angga Dwimas Sasongko selaku sutradara dan Pendiri Visinema Pictures mengatakan bahwa Indonesia akan memiliki genre yang beragam dan bervariasi. Jadi, tidak hanya satu genre saja yang akan hadir di 2024 ini.
 
"Saya akan merasa bahwa kita akan punya genre yang diversify," tutur Angga Dwimas Sasongko kepada Medcom.id, Senin, 8 Januari 2024.
 
Ia pun mengambil contoh dari rumah produksinya, Visinema Pictures, yang telah merilis sebuah film aksi laga bertajuk 13 Bom di Jakarta. Kemudian, akan keluar sebuah film dengan genre lainnya pada 14 Februari mendatang, yakni Ali Topan. Begitu pun dengan bulan-bulan berikutnya yang semakin beragam. 
 
"Kayak Visinema kita lagi keluar dengan 13 Bom di Jakarta, Lalu kita kan punya Ali Topan di 14 Februari, kita punya horor di mulai Maret. Saya lagi syuting sebuah film romance Heartbreak Motel," tambah Angga Dwimas Sasongko. 
 
Menurutnya, genre yang akan tren dan hadir dalam dunia perfilman Indonesia akan lebih beragam. Meskipun tidak menutup kemungkinan bahwa genre horor akan masih menjadi salah satu yang terkuat pada 2024 ini.
 
"Saya pikir ke depan tren akan lebih beragam walaupun horor ini akan menjadi genre yang kuat di Indonesia. Buat saya nggak ada yang salah," ucap Angga Dwimas Sasongko. 
 
Ia menjelaskan bahwa setiap negara memiliki referensinya masing-masing. Namun untuk Indonesia, akan ada genre yang beragam dan bervariasi hadir di industri film tahun ini.
 
"Setiap negara punya referensi masing-masing, tetapi saya melihat ke depan, genre dan film-film yang beragam akan menjadi sesuatu yang hadir di perfilman Indonesia," jelas Angga Dwimas Sasongko. 
 
Sejak awal 2024, film-film Indonesia dari berbagai genre pun mulai bermunculan, termasuk horor seperti Trinil: Kembalikan Tubuhku karya sutradara Hanung Bramantyo, Sehidup Semati karya sutradara Upi Avianto, hingga Munkar karya Anggy Umbara yang juga baru merilis film horor pada akhir tahun kemarin, yakni Siksa Neraka. 
 
Namun masih ada genre lain yang juga menghiasi awal tahun ini. Mulai dari Suami yang Lain karya sutradara John de Rantau yang mengusung genre drama, Ancika: Dia yang Bersamaku 1995 karya sutradara Benni Setiawan dengan romansa, hingga 24 Jam Bersama Gaspar karya sutradara Yosep Anggi Noen dengan genre laga.
 
Tentunya dengan hadirnya beragam genre sejak awal tahun bisa membuat Sobat Medcom tidak perlu khawatir dengan tontonan di bioskop dan platform digital untuk film Indonesia sepanjang 2024. Para sineas lokal akan terus menampilkan hal yang unik dan beragam untuk memanjakan para penonton.
 
 
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id