Manfaat Bermain untuk Perkembangan Bahasa Anak

Kurang bermain bisa menyebabkan perkembangan bahasa anak terhambat karena sambil bermain sebenarnya anak-anak juga belajar.

image

TEMPO.CO, Jakarta - Biarkan anak bermain fisik bersama teman-teman sebaya, tak hanya duduk menatap gawai selama berjam-jam. Terapis wicara Bangkit Pratama mengatakan kurang bermain bisa menyebabkan perkembangan bahasa anak terhambat karena sambil bermain sebenarnya anak-anak juga belajar.

"Jika anak-anak kurang bermain dan berinteraksi dapat menyebabkan perkembangan bahasanya terhambat karena dengan permainan anak akan lebih enjoy menikmati proses belajar berbicara," kata Bangkit dalam diskusi memperingati Hari Kesadaran Autisme Sedunia, Minggu, 2 Maret 2023.

Bangkit mengatakan permainan adalah landasan untuk perkembangan bahasa anak. Sudah sewajarnya para orang tua aktif dalam mengajak anak berinteraksi. Jenis permainan yang dapat digunakan juga bermacam-macam, seperti permainan simbol (tebak-tebakan bentuk benda yang ada di sekitar), bermain pura-pura (seperti dokter-dokteran), dan permainan dasar (umum seperti cilukba).

"Usia 3 tahun ke bawah jika duduk satu jam itu tidak bagus dan tidak fokus. Ajak mereka lari sambil bersuara," saran Bangkit.

Main sambil duduk
Meski demikian, bukan berarti bermain sambil duduk tidak bagus. Ada permainan yang bisa dilakukan sambil duduk namun tidak sampai satu jam dan tetap harus diawasi orang tua. Contohnya jika memberikan mainan model binatang pun orang tua juga harus berperan mengajak berbicara seperti menirukan suara atau pura-pura memberi makan.

Menurutnya, jenis permainan lain seperti bermain berkelompok yang lebih aktif bisa lebih melatih kemampuan interaksi anak karena kemampuan motorik dan bicara itu sebanding. Orang tua yang memberikan tanggung jawab anaknya kepada para pengasuh itu biasanya lupa akan hal ini, kata Bangkit. Oleh karena itu, ia menyarankan orang tua memperhatikan perkembangan anak dengan minimal melihat buku merah muda (buku kesehatan ibu dan anak) yang dibagikan di Posyandu.

Pilihan Editor: 5 Aktivitas Sederhana untuk Perkembangan Kognitif Anak

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “http://tempo.co/”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.