Liburan Singkat 2D1N di Manado dan Bunaken, Ini Itinerary dan Estimasi Budget-nya

Bunaken jadi salah satu destinasi wisata bahari favorit di Indonesia. Pengin berkunjung ke sana? Simak itinerary dan estimasi budget-nya di sini, Superfriends.

Liburan Singkat 2D1N di Manado dan Bunaken, Ini Itinerary dan Estimasi Budget-nya

Bunaken jadi salah satu destinasi wisata bahari favorit di Indonesia. Pulau yang berada di Manado, Sulawesi Utara ini dijadikan taman laut bersama pulau-pulau kain di sekitarnya, seperti Pulau Manado Tua (Manarauw), Pulau Siladen, Pulau Mantehage, dan Pulau Naen. Setidaknya terdapat 12 titik selam yang tersebar di area tersebut.

 

Walaupun jaraknya jauh dari Jakarta, lo nggak perlu menghabiskan waktu berhari-hari buat liburan ke Bunaken, Cuy. Cukup dua hari satu malam aja dijamin udah puas diving sekalian traveling ke Manado. Tertarik liburan singkat ke Manado dan Bunaken? Simak itinerary dan estimasi budget-nya berikut ini, Superfriends.

 

Hari Pertama

Bunaken
Bunaken. Image: Tripadvisor

1. Perjalanan Jakarta - Manado

Ada beberapa maskapai yang melayani penerbangan dari Bandaran Soekarno Hatta Jakarta menuju Bandara Sam Ratulangi Manado dengan tarif mulai dari Rp1,2 juta. Perjalanan tersebut memakan waktu kurang lebih tiga jam. Pilih keberangkatan pada dini hari biar lo bisa sampai Manado pada pagi hari.

 

Selain pesan tiket pesawat, jangan lupa buat sewa mobil buat jemput lo di bandara dan mengantar ke Pelabuhan Kalimas. Sewa mobil juga bikin lo lebih mudah berpindah tempat dibanding naik transportasi umum walaupun mungkin biasanya lebih mahal. Perjalanan dari bandara menuju Pelabuhan Kalimas memakan waktu kurang lebih dua jam.

 

2. Menyeberang ke Bunaken

Sesampainya di Pelabuhan Kalimas, lo bisa sewa speed boat atau long board buat menyeberang ke Bunaken. Dengan tarif sewa mulai dari Rp1,5 juta, lo bisa pakai kapal tersebut seharian di Bunaken, termasuk untuk pulang pergi dari Pelabuhan Kaliman menuju Bunaken.

 

Selain sewa kapal sendiri, lo juga bisa naik kapal umum dengan tiket mulai dari Rp25 ribu aja, Superfriends. Namun, jadwal kapal tersebut nggak menentu dan ada kemungkinan penuh juga. Kalau lo dateng rombongan, sewa kapal sendiri mungkin bisa jadi pilihan yang tepat biar jadwal traveling lo nggak terganggu.

 

3. Seharian Diving di Bunaken

Setelah perjalanan selama 30 menit naik kapal dari Pelabuhan Kalimas, sampailah lo di Bunaken. Untuk masuk ke pulau tersebut, lo cukup membayar tiket masuk Rp5.000 aja. Dengan harga semurah itu, lo bisa menikmati pemandangan bawah laut yang mempesona dan dipenuhi aneka biota yang unik. Nggak heran kalau Bunaken jadi salah satu taman laut dengan tingkat biodiversitas kelautan tertinggi di dunia.

 

Di Bunaken, ada sekitar 12 titik penyelaman dengan kedalaman bervariasi. Beberapa titik yang jadi favorit penyelam berada di sisi Tenggara dan barat laut pulau tersebut. Di sana, terdapat underwater great wall atau hanging walls, dinding karang raksasa berbentuk vertikal dan melengkung ke atas. Unik banget, kan!

 

Untuk scuba diving atau snorkeling di Bunaken, lo nggak perlu pusing soal peralatannya, Superfriends. Soalnya, ada persewaan peralatan yang siap melayani lo. Harga sewa alat snorkeling sekitar Rp100 ribu, sedangkan sewa alat scuba diving sekitar Rp350 ribu.

 

Setelah puas diving di Bunaken, jangan buru-buru balik dulu, Bro. Lo bisa istirahat di pantai sambil menikmati pemandangan sore di pulau tersebut.

 

4. Istirahat di Hotel

Menjelang malam, saatnya pulang dan istiraat di hotel yang udah lo pesan. Ada banyak hotel recommended di Manado yang bisa lo pilih sebagai tempat bermalam, mulai dari bintang satu sampai bintang lima. Pilihan hoten tersebut bisa lo sesuaikan sama selera dan kebutuhan lo.

 

Hari Kedua

Grand Merciful Building
Grand Merciful Building. Image: Google Maps/Gunawan Sucahyono

1. Belanja Oleh-oleh di Grand Merciful Building

Setelah sarapan di hotel dan check-out, saatnya berburu oleh-oleh khas Manado. Salah satu toko oleh-oleh yang cukup populer di ibu kota Sulawesi Utara tersebut yaitu Grand Merciful Building. Ada berbagai buah tangan yang bisa lo beli untuk kenang-kenangan, seperti kaos, gantungan kunci, dan pernak-pernik lainnya. Ada juga klappertart, kue khas Manado yang menggugah selera.

 

2. Mampir ke Rumah Alam Manado Adventure Park

Kalau lo udah check-out dan butuh tempat buat menunggu jadwal pesawat, lo bisa mampir dulu ke Rumah Alam Manado Adventure Park, Superfriends. Tempat ini merupakan destinasi wisata alam yang dilengkapi dengan berbagai aktivitas seru, seperti main ATV, flying fox, hingga kolam renang. Tiketnya terjangkau kok, cuma Rp25 ribu untuk weekday dan Rp30 ribu untuk weekend. Namun, tiket tersebut nggak termasuk permainan wahana.

 

3. Kembali Pulang

Nggak terasa udah dua hari satu malam lo menikmati liburan singkat di Bunaken dan Manado. Saatnya buat kembali ke realita. Biar nggak terlalu terburu-buru, sebaiknya lo pesan tiket pesawat dengan jadwal keberangkatan pada sore hari. Jadi, lo bisa sampai ke Jakarta pada malam hari.

 

Estimasi Budget Jakarta – Manado

Bunaken
Bunaken. Image: Wikipedia

- Tiket pesawat PP: Rp2,4 juta (estimasi harga termurah)

- Sewa mobil dua hari: Rp700 ribu (estimasi harga termurah)

- Tiket masuk Bunaken: Rp5.000 per orang

- Sewa kapal: Rp1,5 juta (bisa patungan 10 orang)

- Sewa peralatan snorkeling: Rp100 ribu

- Tiket masuk Rumah Alam Manado Adventure Park: Rp25 ribu

Total: Rp4,73 juta

 

Estimasi budget tersebut belum termasuk biaya makan dan hotel. Perhitungannya juga bisa lebih murah atau lebih mahal karena tergantung sana preferensi dan kebutuhan lo selama perjalanan. Tertarik liburan singkat ke Manado dan Bunaken, Superfriends? (arpd)