Laba PT MD Pictures Tbk Melonjak 418 Persen, Siap Merilis Banyak Film Berkualitas di Tahun 2023

Dalam RUPST-LB, PT MD Pictures Tbk (FILM) mencatat kinerja positif pada 2022 dengan laba neto melonjak 418 persen menjadi Rp156,1 miliar.

Laba PT MD Pictures Tbk Melonjak 418 Persen, Siap Merilis Banyak Film Berkualitas di Tahun 2023
image

JAKARTADAILY.ID - PT MD Pictures Tbk (IDX: FILM) menghelat Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) di Gedung MD Place, diikuti oleh paparan publik (public expose). Agenda yang disetujui dalam RUPST adalah laporan tahunan dan pengesahan laporan keuangan Perseroan untuk tahun buku 2022, serta penetapan penggunaan laba bersih Perseroan untuk tahun buku 2022.

Perseroan mencatatkan kinerja positif pada 2022 dimana laba neto Perseroan naik secara signifikan sebesar 418,0 persen menjadi Rp156,1 miliar. Peningkatan ini didorong oleh melonjaknya penjualan di tahun 2022 dari Rp255 miliar menjadi Rp436,9 miliar. Penjualan dari pos layar lebar memiliki kontribusi terbesar sebanyak 77,3 persen atau setara Rp305,3 miliar.

Hal ini didorong karena pada tahun 2022, MD Pictures menayangkan film “KKN di Desa Penari” yang membawa masyarakat Indonesia berbondong-bondong kembali ke bioskop hingga MD Pictures memecahkan rekor sebagai rumah produksi yang merilis film Indonesia terlaris sepanjang masa dengan lebih dari 10 juta penonton.

Baca juga: RUPSLB Bank MAS, Laporkan Peningkatan Laba Menjadi Rp304 Miliar dan Ganti Komisaris Utama
 
Selain film tersebut, selama tahun 2022, MD Pictures juga mengeluarkan film bioskop lainnya seperti ‘Kukira Kau Rumah’, ‘Garis Waktu’, ‘Ivanna’ dan ‘Mendarat Darurat’. Di tahun yang sama, MD Pictures juga merilis web series berkualitas yang sukses menempati posisi teratas di berbagai negara melalui platform WeTV dan iflix, diantaranya ‘My Lecturer My Husband Season 2’, ‘Antares Season 2’, ‘Kupu Malam’ serta OTT movie eksklusif yang tayang di platform Amazon Prime yang berjudul ‘Ayo Putus’.

"MD Pictures on-track dengan strategi membuat film-film bioskop yang berkualitas tinggi dan diminati penonton, dimana setiap kuartal akan ada satu sampai dua film layar lebar yang akan menjadi ‘jagoan’. Sedangkan dari segi digital kami memiliki relasi yang sangat baik dengan berbagai OTT platform," ujar Direktur Utama FILM Manoj Punjabi, Sabtu, 10 Juni 2023.

Sedangkan RUPSLB menyetujui perubahan susunan pengurus serta perubahan anggaran dasar, sehingga susunan Dewan Komisaris dan Direksi FILM setelah RUPSLB adalah sebagai berikut:

Dewan Komisaris:
- Komisaris Utama: Shania Manoj Punjabi
- Komisaris Independen: Sanjeva Advani
Dewan Direksi:
- Direktur Utama: Manoj Dhamoo Punjabi
- Direktur: Priyadarshi Anand
- Direktur: Sajan Lachmandas Mulani

Baca juga: RUPSLB DOID: Setuju Bagi Dividen Rp106 Miliar, Tunjuk Direktur Baru dan Berencana Terbitkan Surat Utang

Setelah RUPS, FILM menyelenggarakan paparan publik yang menjabarkan kinerja Perseroan selama triwulan pertama 2023 (Q1-2023). Penjualan digital di Q1-2023 meroket sebesar 440,5 persen menjadi Rp32,7 miliar dari Rp6 miliar di Q1-2022 dan memberikan kontribusi sebesar 60,8 persen dalam pos penjualan. Laba neto di Q1 2023 sebesar Rp1,6 miliar dan penghasilan komprehensif yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp2,9 miliar.

Manoj menambahkan, pada tahun 2023, FILM akan merilis banyak seri digital berkualitas tinggi yang saat ini sedang diproduksi di beberapa platform. MD Pictures yakin dan optimis film-film tersebut akan sukses.

Sebelumnya pada 19 April 2023 lalu, MD Pictures telah merilis film terbarunya berjudul Sewu Dino yang hingga saat ini mampu meraih lebih dari 4,8 juta penonton. Dengan dirilisnya Sewu Dino, FILM kembali menduduki posisi teratas box office tahun 2023 dan masih terus bertambah.
***

Berita terkini lainnya dari tim redaksi kami dapat diakses lebih cepat melalui Google News