Komite Seleksi Oscar Indonesia akan Kembali Kirim Film Lokal untuk Bersaing di Academy Awards 2024

Komite Seleksi Oscar Indonesia akan kembali mengirimkan film karya dalam negeri untuk bersaing di ajang Academy Awards 2024 mendatang

Komite Seleksi Oscar Indonesia akan Kembali Kirim Film Lokal untuk Bersaing di Academy Awards 2024
image

INDOZONE.ID - Komite Seleksi Oscar Indonesia akan kembali mengirimkan film karya dalam negeri untuk bersaing di ajang Academy Awards 2024 mendatang.

Ketua Umum Pengurus Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI) Deddy Mizwar menyampaikan harapan atas dukungan serta peran aktif seluruh pihak yang terkait dengan industri film demi menyukseskan kesertaan Indonesia di Piala Oscar yang akan datang.

Misi kita tidak hanya untuk memboyong Oscar, melainkan juga meletakkan film Indonesia di dalam peta film dunia,” kata Deddy dalam rapat Komite Seleksi Oscar Indonesia, Senin (31/7/2023).

Baca Juga: Michelle Yeoh Beri Penghormatan ke Coco Lee Pasca Kematiannya: Orang China Pertama yang Nyanyi di Oscar

Deddy Mizwar mengatakan pemerintah harus ikut ambil peran untuk mendukung pembiayaan promosi film di Piala Oscar.

Nantinya, tim juri dari Komite Seleksi Oscar Indonesia akan menyeleksi dan menetapkan satu film Indonesia yang akan menjadi utusan resmi untuk berkompetisi dalam kategori International Feature Film Award dalam ajang Oscar ke-96 pada Maret 2024.

Komite Seleksi Oscar Indonesia sendiri terdiri atas sembilan orang dari berbagai latar belakang profesi perfilman yang dipilih berdasarkan kemampuan individu masing-masing.

Baca Juga: Napak Tilas di Kota Dunkirk, Lokasi Film Pemenang Oscar Penuh Sejarah dan Memorial

Mereka adalah Slamet Rahardjo, Garin Nugroho, Ilham Bintang, Alim Studio, Cesa David Luckmansyah, Ratna Riantiarno, Nur Hidayat, Sha Ine Febriyanti dan Deddy Mizwar sendiri sebagai Ketua Komite.

Sementara itu, Sekjen PPFI Zairin Zain menyampaikan sesuai persyaratan yang ditentukan oleh Oscar, film yang berhak mengikuti seleksi, yakni film yang telah tayang secara komersil dalam periode 1 Desember 2022 hingga 31 Oktober 2023.

Syarat lainnya adalah film harus telah dipertunjukkan secara publik di bioskop komersil sekurang-kurangnya 7 hari berturut-turut,” kata Zairin Zain selaku Ketua Panitia Seleksi Oscar.

Baca Juga: Hari Ini 25 Tahun Lalu, Film Titanic James Cameron Borong 11 Piala Oscar

Pendaftaran film akan dimulai pada 3-31 Agustus 2023 dan komite akan melakukan seleksi pada September 2023.